//verifikasi //verifikasi BERSAMA SATU TUJUAN, WUJUDKAN IMPIAN MEREKA! - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BERSAMA SATU TUJUAN, WUJUDKAN IMPIAN MEREKA!


pemuda indonesia


A.    Generasi Muda Saat Ini
Kemajuan suatu bangsa, tentunya tidaklah terlepas dari kata pemuda. Karena dari generasi muda, bangsa ini akan menjadi bangsa yang benar – benar berdaulat. Pemuda adalah generasi penerus bangsa, dimana sosok pemuda diharapkandapat melanjutkan perjuangan dari generasi sebelumnya. Suatu bangsa pastinyamemiliki harapan yang besar agar pada masa yang akan datang para pemuda dapatmenjadikan bangsa Indonesia ini bangsa yang lebih maju.
Ibarat pohon yang tumbang, generasi muda saat ini mengalami banyak kerusakan. Tak hanya dipandang dari segi psikis dan moral, bahkan karakter pun telah ikut menjadi permasalahan bagi generasi muda saat ini.
Lalu, dimanakah letak jiwa patriotisme dikalangan para pemuda Indonesia jika hal ini akan terus terjadi ? Ya, inilah alasannya mengapa penulis mengungkap tentang apa saja tujuan yang dimiliki oleh generasi muda agar dapat merubah bangsa ini menjadi bangsa yang maju, serta mengungkap apa saja impian para pejuang dahulu terhadap para generasi muda sekarang ini dan bagaimana cara mewujudkan impian para pejuang dahulu dengan menyatukan tujuan secara bersama – sama.

B.     Tujuan Bangsa Bagi Generasi Muda Saat Ini : Sebuah “Ketetapan” Yang Terombang - Ambing

Problematika Pemuda Indonesia

Mengenai subtema ini, tentunya pasti terlintas dibenak Anda, apakah yang dimaksud dengan sebuah “Ketetapan” yang terombang – ambing dalam tujuan bangsa terhadap generasi muda saat ini? Dalam kalimat tersebut saya mempunyai maksud bahwa arti dari “Ketetapan” itu sendiri mempunyai makna  sebuah ketentuan dan kepastian, dimana ketentuan dan kepastian itu sendiri sedang terguncang ataupun terombang – ambing.
Lalu, apa kaitannya dengan tujuan bangsa?  Kaitannya yaitu melalui tujuan bangsa maka hal inilah yang menjadi ketetapan bagi generasi muda untuk menjalankan ketetapan itu sendiriyang berupa tujuan bangsa agar mampu untuk diwujudkan. Disisi lain timbul pertanyaan, bagaimana caranya ingin mewujudkan tujuan bangsa, jika para generasi muda saja memiliki pendirian yang tidak memungkinkan untuk merubah bangsa ini.

C.    Segenap “IMPIAN MEREKA” Yang Harus Diwujudkan


Dalam hal ini, impian mempunyai arti segenap harapan yang diinginkan oleh para pejuang yang memerdekakan negara ini. Impian tidak hanya dimiliki oleh sosok pemuda saja, akan tetapi para pejuang terdahulu yang berusaha mati – matian memerdekaan negara ini pun juga memiliki berbagai untaian harapan yang harus diwujudkan.
Dahulu pejuang mengorbankan dirinya untuk berjuang mendapatkan impian mereka. Impian untuk mendapatkan kemerdekaan negara kita dari penjajahan kolonial. Untuk mendapatkan mimpi itu mereka sanggup untuk mengerahkan segala tenaga, jiwa dan raga (Aldion : 2015).Impian para pejuang, menuntut generasi muda untuk mewujudkannya, mereka menginginkan negeri ini agar dapat maju dan mampu membuat rakyatnya menjadi sejahtera berkat dari pemudanya.
“Jangan melihat ke masa depan dengan mata buta! masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca belanga dari pada masa yang akan datang”(Pidato HUT Proklamasi 1966, Soekarno). Dari kalimat tersebut, saya dan Anda tentunya pasti terpikir bahwa kemajuan bangsa ini tidak akan pernah terlepas dari semangat perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang terdahulu.

D.    Mungkinkah “IMPIAN MEREKA” Dapat Terwujud ? : Problematika Yang Belum Dapat Dijawab
“Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar – kobar dengan tekad merdeka, - Merdeka atau mati!” Ucapan dari Bung Karno ini, menjelaskan bahwa kemerdekaan akan dapat dimiliki oleh suatu bangsa jika semangat dari jiwa yang dimiliki oleh bangsa itu benar – benar tinggi dan mempunyai tekad yang dapat membangun suatu kemerdekaan dibangsa tersebut.
Disamping itu, inilah yang menjadi problematika tersendirinya bagi para pemuda yang ada di Indonesia, Hal ini tercermin bahwa para pemuda saat ini lebih cenderung rendah semangat patriotismenya. Terbukti melalui perilaku – perilaku para pemuda saat ini, contohnya saja pada saat ini banyak pemuda yang melakukan tawuran, terlibat dalam dunia narkoba, kriminalitas dan hal – hal yang lainnya. Melalui hal ini, tentunya dibenak Anda pasti terpikir bahwa generasi muda saat ini bukanlah mewujudkan impian para pejuang kemerdekaan terdahulu, melainkan para generasi muda saat ini malah merontokkan impian – impian para ”Pahlawan” yang ada di bangsa ini.
Inilah yang menjadi tanda tanya bagi bangsa ini, bagaimana bisa mewujudkan impian para pahlawan jika generasi mudanya saja memiliki semangat patriotisme pun sangatlah minim? Saya dan Anda sangatlah tidak menginginkan bangsa ini menjadi bangsa yang terjatuh karena ulah pemudanya
E.     Untuk Para Pemuda : “Bersama Satu Tujuan, Mari Wujudkan Impian Mereka!”

Semangat Pemuda Indonesia


Oleh karena itu, sebagai generasi muda, menyatukan tujuan untuk menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan kokoh dalam pendiriannya sangatlah penting untuk terus dilakukan. Karena dengan menyatukan tujuan, maka bangsa ini akan mempunyai kekuatan dalam meraih suatu tujuan. Pemuda merupakan tolak ukur yang pertama dalam membangun negeri ini menjadi lebih baik lagi, oleh karena itu dalam membangun suatu tujuan hendaklah para pemuda memiliki rasa semangat patriotisme yang tinggi dalam mewujudkan impian yang diinginkan oleh para pejuang kemerdekaan terdahulu.
“Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Itulah untaian kata yang diucapkan oleh Bung Karno yang wajib untuk diperdalam maknanya oleh para pemuda. Oleh karena itu, agar bangsa ini benar – benar dapat menjadi bangsa yang kokoh dalam pendiriannya dan dapat menjadi bangsa yang maju, maka wajiblah bagi seluruh generasi muda di tanah air ini untuk memiliki semangat patriotisme agar dapat mewujudkan seluruh impian yang diinginkan oleh para pejuang terdahulu dibangsa ini.
Mari generasi muda, bertindaklah agar kita mampu mewujudkan seluruh impian mereka! “Wujudkan impian para pejuang terdahulu dan genggamlah dunia dengan penuh kesuksesan!”



Post a Comment for "BERSAMA SATU TUJUAN, WUJUDKAN IMPIAN MEREKA!"