//verifikasi //verifikasi Tips-Tips dan Barang yang Wajib dibawa saat Mendaki Gunung - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips-Tips dan Barang yang Wajib dibawa saat Mendaki Gunung



Assalamualaikum Readers...
SALAM LESTARI
Hai-hai masih inget dong dengan artikel mimin tentang Pesona Gunung Dempo kemarin. Nah sekarang ini mimin akan melanjutkan artikel kemaren. Kali ini mimin akan memberikan tips-tips untuk melakukan pendakian mengenai apa aja sih yang harus di bawa dan dipersiapkan ketika ingin melakukan pendakian ke gunung?. Masih dengan narasumber yang sama Muhammad Jati Kusuma. Artikel ini sebenarnya mimin tulis di kelas sewaktu jam kosong, yaa karna bingung mau ngapain jadi mimin memutuskan untuk membuat artikel aja daripada ngegosip dan bengong kan hehe... Nah sekarang kita akan membahas tips-tips melakukan pendakian.
Tips-tips dan hal-hal yang harus dipersiapkan ketika melakukan pendakian:
1.       Ponco

Ponco itu adalah jas hujan. Ponco ini biasanya digunakan ketika di perjalanan menuju puncak tiba-tiba hujan, kalian bisa menggunakan ponco supaya badan ngga basah dan supaya ngga sakit juga. Ya buat jaga-jaga aja sih kan kita ngga tau kapan hujan kapan ngga hujan.
2.       Kaos kaki, Sarung Tangan, Kupluk, dan Buff

Yang satu ini juga tak kalah pentingnya. Jika kalian tidak membawa kaos kaki, sarung tangan, kupluk, dan buff mungkin kalian bisa mati kedinginan di perjalanan. Hal-hal seperti ini sangat membantu untuk menghangatkan badan ketika malam hari.
3.       Cemilan dan Minuman

       Percayalah yang ini sangat penting karena sepanjang jalan anda pasti sangat membutuhkannya. Jika kalian sedang istirahat pasti kalian mencari makanan atau minuman, untuk mempersingkat waktu dan tidak ngeribetin susah-susah mau masak lebih baik makan cemilan aja.
4.       Obat-obatan

Nah untuk bagian ke empat ini sangat perlu di bawa dan jangan sampai tidak dibawa. yaps... obat-obatan sangat perlu di bawa wajib hukumnya, karena siapa tau kalian atau anggota team kalian ada yang sakit.
5.       Fisik dan mental yang kuat


Kalau mau mendaki, fisik kalian harus kuat fresh dan kuat agar memperkecil kemungkinan sakit. Jangan lupa mental yang kuat jangan mudah menyerah ataupun menangis. Jangan lupa juga untuk jaga kondisi fisik. Sebaiknya jangan tidur terlalu malam sebelum hari pendakian supaya setelah bangun badan fresh dan siap melakukan perjalanan jauh
6.       Jaga Perkataan

Karena kalian pastinya mendaki bukan daerah kalian, maka jagalah perkataan kalian jangan sembarangan bicara apalagi bicara kotor nanti kalian bisa kemasukan setan lhooo hihhhh serem ah.... selain itu kalian dianjurkan untuk sering membaca surah surah al-qur'an agar varokah :D. Jangan lupa sholat juga ya diperjalanan karena kita harus selalu mengingat Allah dimana pun kita berada.
7.       Celana Pendek

Nah mungkin kalian bertanya-tanya, kok pakek celana pendek sih kan digunung dingin? ini dia penjelasannya. Memakai celana pendek menurut pengalaman mencegah keram dan memudahkan pergerakan agar lebih fleksibel cieelah. Buat cewek-cewek berhijab boleh menggunakan legging atau yang takut item bolehlah makek legging. Dianjurkan memakai celana pendek tapi sesuai kehendak kalian sih mau pendek atau panjang senyaman kalian aja
8.       Sun Block

       Buat kalian yang mau mendaki tapi takut hitam, sun block adalah solusi yang tetap. Usahakan tetap memakai sun block disela-sela istirahat agar meminimalisir kemungkinan kulit kalian hitam.
9.       Jaket yang Tebal

 Jaket yang harus kalian bawa itu haruslah jaket yang tebal, jangan yang bahan rajutan yahh percuma ngga bakal berpengaruh juga pasti kalian masih merasa kedinginan. Makanya harus bawa yang tebal supaya dapat menghangatkan tubuh kalian

Yaps sekian dulu ya tips-tips mendakinya semoga bermanfaat ya. 
SALAM LESTARI
Wassalamualaikum.......









Post a Comment for "Tips-Tips dan Barang yang Wajib dibawa saat Mendaki Gunung"