//verifikasi //verifikasi Jawaban B.indonesia Semester 2 Kelas 12 no 5 dan 6 - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jawaban B.indonesia Semester 2 Kelas 12 no 5 dan 6


 5. Berdasarkan isi teks opini/editorial di atas, terdapat beberapa argumentasi penulis. Tentukanlah apakah setuju atau tidak pada pendapat tersebut dengan membubuhkan tanda centang (√) pada kolom (S) jika setuju dan pada kolom (TS) jika tidak setuju.
No.
Argumentasi
S
TS
1.
Keindahan sejumlah tempat terancam oleh eksploitasi alam yang salah dan serakah.
-
2.
Dengan ribuan “surga yang tersembunyi” itu, pemerintah seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang ke negeri ini.
-
3.
Problem utama dari tidak berkembangnya pariwisata di Indonesia adalah ceteknya kesadaran akan potensi yang kita miliki.
-
4.
Selain membangun infrastruktur-seperti akses ke tempat itu-dan sarana semisal transportasi dan penginapan, pemerintah harus lebih serius memikirkan program-program untuk membungkus potensi ini agar lebih menarik.
-
5.
Selama ini pemerintah hanya menjual Bali dan Bali, atau-kalau mau dikatakan agak berpandangan luas sedikit-bergesernya pun paling-paling hanya ke Yogyakarta dan Danau Toba. Padahal tempat-tempat itu tidak perlu “dijual” lagi dan sebaiknya dibiarkan jalan sendiri.
-

(6) Kemukakanlah pendapat kalian tentang beberapa pernyataan berikut ini.


(a) Dengan pariwisata, daerah bisa mendapatkan penghasilan sekaligus memelihara alam selingkungannya. Apa yang dimaksud dengan pernyataan tersebut?


Jawaban : Yang dimaksud dari pernyataan diatas adalah daerah yang dijadikan objek wisata dapat meningkatkan daerahnya sebagai tempat pariwisata yang banyak dikunjungi turis dari dalam maupun luar negeri maka daerah tersebut dapat mendapatkan penghasilan lebih dari hal tersebut. Apalagi bila mendapatkan banyak pengunjung, maka akan lebih besar penghasilan yang didapatkan.


(b) Setujukah kalian dengan pernyataan: Resor tumbuh menjamur, tetapi kontribusi mereka kepada ekonomi daerah amat minimal.


Jawaban : Saya setuju karena Resor akan memberikan konstribusi besar bilamana adanya bayak turis yang datang didaerah tersebut. Resort sendiri adalah sebuah tempat menginap dimana mempunyai fasilitas khusus untuk kegiatan bersantai dan berolah raga seperti tennis, golf, spa, tracking, dan jogging, bagian concierge
berpengalaman dan mengetahui betul lingkungan resor, bila ada tamu yang mau hitch-hiking berkeliling sambil menikmati keindahan alam sekitar resort in
i. Maka turis yang datang ke daerah wisata akan memilih untuk menginap di resort di bandingkan di penginapan yang disediakan warga.
Saya tidak setuju karena bilamana resor disuatu daerah bisa sampai menjamur  maka pendapatan suatu daerah tentu besar karena pihak dari resort itu sendiri tentu akan membayarkan pajak kepada pemerintah daerah setempat yang tentu dapat meningkatkan ekonomi daerah bila pajak yang di bayarkan digunakan sebagaimana mestinya.


 (c) Mungkin ini merupakan bentuk “protes” mereka kepada pemerintah daerah yang tidak serius membangun prasarana wisata di sana. Apa yang dimaksudkan pengarang dengan kata “protes” pada pernyataan ini?


Jawaban : Protes di sini adalah pernyataan tidak setuju terhadap kebijakan pemerintah yang tidak membangun prasarana wisata. Padahal jika dibangunkan sarana dan prasarana wisata maka dapat meningkatkan penghasilan daerah sekaligus menjaga SDA yang ada.

Post a Comment for "Jawaban B.indonesia Semester 2 Kelas 12 no 5 dan 6"