//verifikasi //verifikasi RPP K13 Kegiatanku SD Kelas 1 - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP K13 Kegiatanku SD Kelas 1

MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 3                        :  Kegiatanku
Sub Tema 1                 :  Kegiatan Pagi Hari (Selamat Pagi Kawan)
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
 3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa  Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1  Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera,   wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBdP
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil  pengamatan di lingkungan sekitar
C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
       Mengidentifikasi ciri-ciri suasana pagi hari
       Membedakan suasana pagi dan malam hari
       Menjelaskan terjadinya pagi dan malam berdasarkan hasil pengamatan
SBdP
       Mengidentifikasi gambar suasana pagi dan malam
       Mewarnai gambar suasana pagi
       Mewarnai gambar suasana malam
D.    TUJUAN
Tujuan pembelajaran:
  1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi suasana pagi hari dengan tepat.
  2. Dengan mengamati gambar siswa dapat membedakan suasana pagi dan malam hari dengan tepat.
  3. Dengan percobaan, siswa dapat menjelaskan terjadinya pagi dan malam dengan percaya diri.
  4. Dengan mengamati hasil percobaan, siswa dapat mewarnai gambar suasana pagi dengan tepat.
  5. Dengan mengamati hasil percobaan, siswa dapat mewarnai gambar suasana malami dengan tepat.
E.     MATERI
  1. Mengamati Suasana Pagi melalui Teks dan Gambar
  2. Mengenal Pagi melalui Percobaan
F.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.         Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.         Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.         Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.         Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.         Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.         Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.    Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kabar siswa dan mengajak berdoa bersama.
2.    Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa mereka akan mempelajari suasana pagi hari.
3.    Siswa diajak ke luar kelas dan diminta mengamati suasana pagi di sekitar sekolah.
4.    Siswa mengikuti guru membacakan teks yang tertera di buku siswa.
5.    Siswa berlatih membaca teks berulang-ulang.
6.    Siswa berbagi pengalaman tentang keadaan pagi hari di lingkungan sekolah dan rumahnya masingmasing.
7.    Siswa mengamati gambar dan membedakan malam hari, menjelang fajar, dan pagi hari.
8.    Siswa mengamati buku siswa pada halaman selanjutnya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan di dalamnya.
9.    Selanjutnya siswa menjawab pertanyaan guru tentang dari mana bumi menerima cahaya sehingga menjadi terang.
10. Guru menyampaikan bahwa matahari menyinari bumi serta memberikan cahaya dan panas bagi bumi.
11. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang proses terbit dan terbenamnya matahari serta penjelasan bahwa bumi selalu berputar.
12. Siswa mengamati gambar percobaan di buku siswa.
13. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai hal-hal berikut:
·         Di mana gambar matahari?
·         Di mana posisi Lani?
·         Di mana posisi Justine?
14. Guru menjelaskan bagian bumi yang menghadap matahari mengalami siang, dan bagian bumi yang membelakangi matahari mengalami malam.
15. Siswa mengamati gambar pada buku siswa. Jika memungkinkan, siswa diharapkan dapat melakukan percobaan ini. Jika tidak ada globe, bisa menggunakan bola plastik.
16. Siswa mewarnai gambar percobaan yang ada pada buku siswa.
17. Guru menutup pelajaran dengan mengingatkan siswa bahwa pagi hari merupakan karunia Tuhan yang patut disyukuri.
18. Pelajaran diakhiri dengan berdoa bersama dan bersalaman secara bergiliran.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.         Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.         Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.         Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.         Guru memberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet.
5.         Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
6.         Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.      Software Pengajaran  kelas 1 SD/MI dari JGC.
5.      Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Kegiatan Pagi Hari.
6.       Buku siswa.
7.       Lingkungan.
8.      Gambar.
9.      Globe/Bola.
10.   Senter.
I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
Penilaian Kinerja.
Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
Pilihan ganda.
Isian singkat.
Esai atau uraian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005









MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 3                        :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema 1                 :  Kegiatan Pagi Hari (Selamat Pagi Kawan)
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
SBdP
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih
PPKn
 3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2   Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
C.  INDIKATOR
Bahasa Indonesia
     Mengidentifikasi teks lagu “Bangun Tidur”
     Mengidentifikasi kegiatan pagi hari yang memerlukan ucapan terima kasih
     Mengamati teks bergambar kegiatan pagi hari
     Mengucapkan kembali teks lagu “Bangun Tidur” yang dibaca guru
     Melakukan kegiatan menyampaikan teks terima kasih
     Menceritakan kegiatan pagi hari secara runtut berdasarkan gambar sekolah


SBdP
     Menjelaskan tentang isi lagu
     Membuat gambar tentang kebiasaan pagi hari di rumah
     Menyanyikan lagu dengan percaya diri
PPKn
     Menyebutkan berbagai aturan pada pagi hari dalam keluarga
     Mempraktikkan kegiatan pagi hari sesuai dengan aturan di keluarga
D.    TUJUAN
Bernyanyi dan Bercerita tentang Kebiasaan pada Pagi Hari
Tujuan Pembelajaran:
  1. Dengan diskusi, siswa dapat menyebutkan kegiatan pagi hari di rumahnya masing-masing dengan percaya diri.
  2. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan berbagai kegiatan pagi hari di rumah dengan tepat.
  3. Dengan mendengarkan petunjuk guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Bangun Tidur” dengan lancar.
  4. Dengan kegiatan praktik, siswa dapat menyampaikan teks terima kasih dengan santun.
  5. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menceritakan isi lagu dengan tepat.
  6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengurutkan gambar berseri dengan bekerjasama.
  7. Dengan mengurutkan gambar, siswa dapat bercerita berdasarkan kartu gambar.
  8. Dengan kegiatan bercerita, siswa dapat menggambar tentang kebiasaan pagi hari dengan percaya diri.
E.     MATERI
  1. Bernyanyi dan Bercerita tentang Kebiasaan pada Pagi Hari
  2. Mengurutkan Gambar Berseri dan Menggambar tentang Kegiatan Pagi di Rumah
F.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.   Guru membuka pelajaran dengan mengajak siswa bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk melihat matahari pagi.
2.   Guru mengingatkan kembali fungsi matahari yang merupakan sumber panas dan cahaya. Matahari membuat bumi terang dan hangat, karena ada cahaya matahari, maka kita bisa melihat. Matahari adalah ciptaan Tuhan yang harus kita syukuri.
3.   Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan bangun pagi, seperti berikut ini:
·         Adakah yang susah saat dibangunkan?
·         Adakah yang mudah saat dibangunkan?
·         Adakah yang ketika dibangunkan marah-marah?
4.   Sampaikan ucapan terima kasih jika kita dibangunkan oleh orangtua, karena mereka membantu kita agar tidak terlambat untuk memulai kegiatan.
5.   Siswa mengamati gambar dan berdiskusi tentang ekspresi bangun tidur.
6.   Siswa memeragakan ekspresinya ketika bangun tidur dan mempraktikkan, mengucapkan, terima kasih ketika dibangunkan di pagi hari.
7.   Siswa mengikuti guru membaca teks lagu “ Bangun Tidur”.
8.   Siswa megikuti guru menyanyikan lagu “Bangun Tidur”.
9.   Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi lagu.
10. Guru membimbing siswa dengan diskusi bersama tentang kebiasaan-kebiasaan yang baik setelah bangun tidur.
11. Setelah itu siswa maju ke depan kelas untuk menceritakan kegiatan yang dilakukannya di rumah sejak bangun tidur hingga berangkat ke sekolah dan siswa lain dapat bertanya kepada siswa yang maju tersebut (dapat menggunakan bahasa daerah).
12. Guru meminta siswa mengamati gambar pada buku siswa.
13. Guru meminta siswa mengurutkan gambar dengan memberikan nomor pada kotak yang tersedia di bawah gambar tersebut sesuai dengan kebiasaan masing-masing.
14. Guru mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan karena setiap bangun tidur masih diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan.
15. Kemudian guru menyampaikan bahwa setiap anak memiliki kegiatan pagi hari yang berbeda.
16.Guru menyiapkan kartu-kartu gambar kegiatan pagi hari sejak bangun tidur sampai berangkat ke sekolah (Jika tidak memungkinkan, guru dapat melakukan kegiatan dengan menggunakan buku siswa).
17. Guru membagi kelas menjadi lima kelompok.
18. Masing-masing kelompok diberikan satu set gambar yang menunjukkan kegiatan pada pagi hari.
19. Lalu, masing-masing kelompok mengurutkan gambar-gambar tersebut.
20. Selesai kegiatan, masing-masing perwakilan kelompok menceritakan sesuai urutan gambar yang sudah dibuatnya.
21. Siswa memperhatikan apakah semua kelompok mempunyai kegiatan pagi hari yang sama atau berbeda (jika ada perbedaan guru bisa mengembangkan kembali dengan pertanyaan-pertanyaan).
22. Setelah itu, guru meminta siswa membuat gambar bertema kebiasaan pagi hari di rumah.
23. Guru menyimpulkan pelajaran hari ini dan mengapresiasi hasil karya siswa serta mengingatkan mereka bahwa dengan sering berlatih, mereka semakin bisa mengekspresikan diri lewat gambar.
24. Kegiatan ini ditutup dengan siswa mengerjakan worksheet pada buku latihan.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.      Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.      Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Sekolahnya Mannusia, Munif Khotif.
4.      Software Pengajaran Kelas 1 SD/MI dari JGC 
5.      Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Kegiatan Pagi Hari.
6.      Buku siswa.
7.      Lingkungan
8.      Gambar.
I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
              Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
·         Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
              Penilaian Kinerja.
              Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
              Pilihan ganda.
              Isian singkat.
              Esai atau uraian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005























MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 3                        :  Kegiatanku
Sub Tema 1                 :  Kegiatan Pagi Hari (Selamat Pagi Kawan )
Pembelajaran ke          :  3
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR
Matematika
4.9 Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menampilkan data   menggunakan grafik konkret dan piktograf tanpa menggunakan urutan tabel pada sumbu horizontal
     Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
 4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
C.    INDIKATOR
Matematika
      Menghitung jumlah teman
    Membuat grafik gambar
Bahasa Indonesia
        Menceritakan kembali isi teks cerita
        Mewawancarai teman
D.    TUJUAN
      Tujuan pembelajaran:
  1. Dengan kegiatan membaca dan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan isi teks dengan percaya diri.
  2. Dengan menjelaskan isi teks siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai isi teks dengan benar.
  3. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mewawancarai teman dengan santun.
  4. Dengan mewawancarai teman, siswa dapat membuat piktograf dengan benar.
  5. Dengan membuat piktograf, siswa dapat menghitung jumlah teman pada tabel hasil wawancara dengan cermat.
E.     MATERI
1.      Sarapan Pagi
2.      Mewawancarai Teman tentang Kebiasaan Sarapan Pagi
F.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah



G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.   Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kabar siswa dan doa.
2.   Guru mengulas apa yang telah dipelajari kemarin.
3.   Guru mengajak siswa untuk mengamati langit di pagi hari dan mendiskusikannya di kelas.
4.   Guru menjelaskan bahwa udara pagi hari terasa segar, matahari terasa hangat, dan langit cerah. Matahari, langit, dan udara adalah karunia Tuhan. Tuhan menciptakan matahari sehingga pohon bisa tumbuh di bumi. Semua makanan yang kita makan berasal dari bumi. Kita harus selalu bersyukur atas karunia Tuhan yang tak ternilai ini.
5.   Guru bertanya, siapa yang sudah sarapan pagi ini?
6.   Siswa berbagi pengalaman tentang:
·         Menu sarapan pagi mereka.
·         Apa yang mereka rasakan bila tidak sarapan.
·         Mengapa mereka harus sarapan.
7.   Guru menjelaskan bahwa makanan dapat membuat tubuh sehat dan kuat. Dalam makanan, ada zatzat yang baik untuk tubuh. Nasi memberi tenaga untuk manusia; tempe, tahu, dan susu baik untuk pertumbuhan tubuh; buah dan sayur baik untuk melawan penyakit, dan sebagainya.
8.   Siswa membaca teks bacaan dari buku siswa dengan bimbingan guru.
9.   Siswa menceritakan isi teks.
10. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai isi bacaan dan menuliskannya di buku siswa.
11. Guru mengingatkan siswa untuk selalu mensyukuri karunia Tuhan yang telah menciptakan aneka bahan makanan.
12. Guru Menjelaskan bahwa makanan tersebut digunakan untuk membuat sarapan pagi, makan siang, dan makan malam.
13. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang kebiasaan sarapan pagi.
14. Siswa berbagi pengalaman tentang kebiasaan sarapan pagi.
15. Guru menjelaskan bahwa sarapan pagi baik untuk kesehatan.
16. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa setiap daerah memiliki menu sarapan yang khas.
17. Siswa menyebutkan beberapa menu sarapan yang mereka ketahui.
18. Siswa membentuk kelompok terdiri dari 5 orang lalu melakukan wawancara secara bergantian tentang kebiasaan sarapan pagi.
19. Siswa menanyakan temannya apakah selalu sarapan pagi, kadang-kadang, atau tidak pernah sarapan pagi.
20. Setelah itu siswa memberi tanda pada tabel untuk setiap jawaban.
21. Siswa menghitung jumlah anak pada tabel hasil wawancara.
22. Siswa membuat grafik gambar (piktograf) berdasarkan data hasil wawancara.
23. Siswa menyampaikan hasil kerja kelompok di depan kelas.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.      Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.      Siswa diberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan woeksheet.
5.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
6.      Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
    15
    menit




H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Sekolahnya Mannusia, Munif Khotif.
4.      Software Pengajaran Kelas 1 SD/MI dari JGC
5.      Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Kegiatan Pagi Hari.
6.      Buku siswa.
7.      Lingkungan.
8.      Gambar.
I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
     Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
        Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
        Penilaian Kinerja.
        Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
        Pilihan ganda.
        Isian singkat.
        Esai atau uraian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005




MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 3            :  Kegiatanku
Sub Tema 1                 :  Kegiatan Pagi Hari (Selamat Pagi Kawan)
Pembelajaran ke          :  4
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.3   Membandingkan dengan memperkirakan lama suatu aktivitas berlangsung menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat).
PJOK
3.1     Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1    Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
C.  INDIKATOR
Matematika
       Mengidentifikasi kegiatan yang waktunya lebih lama
       Mengidentifikasi kegiatan yang waktunya lebih singkat.
PJOK
    Mengamati gerak dasar jalan biasa
    Mengamati gerak dasar jalan lambat
    Mengamati gerak dasar jalan cepat
    Mengamati gerak dasar lari
    Mempraktikkan gerak dasar jalan biasa.
    Mempraktikan gerak dasar jalan lambat.
    Mempraktikkan gerak dasar jalan cepat.
    Mempraktikkan gerak dasar lari.
D.    TUJUAN
Mempraktikkan Jalan Cepat pada Pagi Hari
Tujuan pembelajaran:
  1. Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat membedakan jalan biasa, jalan lambat, jalan cepat, dan berlari dengan percaya diri.
  2. Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan jalan biasa, jalan lambat, jalan cepat, dan berlari dengan percaya diri.
  3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat membandingkan kegiatan yang waktunya lebih lama dan lebih singkat.
E.     MATERI
1.      Mempraktikkan Jalan Cepat pada Pagi Hari
2.      Menentukan Waktu Lebih Lama dan Lebih Singkat
F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Strategi            : Cooperative Learning
3.      Teknik             : Example Non Example
4.      Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.        Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.        Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.        Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.        Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.        Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.        Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.    Guru membuka pelajaran dengan memberikan pelajaran pada siswa. Bagaimana mereka melakukan perjalanan dari rumah ke sekolah.
2.    Siswa bercerita tentang bagaimana mereka datang ke sekolah (diantar, berangkat sendiri, bersama teman, berjalan kaki biasa, berjalan cepat, berlari, naik sepeda, dan lain-lain).
3.    Siswa menceritakan jarak antara rumah mereka dengan sekolah.
4.    Siswa membaca nyaring teks pada buku siswa dengan mengikuti guru.
5.    Siswa mengamati dan menjawab pertanyaan sesuai isi cerita.
6.    Siswa berdiskusi mengenai perbedaan antara berjalan dan berlari.
7.    Siswa memperhatikan contoh dan penjelasan guru tentang gerak jalan biasa, jalan lambat, jalan cepat, dan berlari.
8.    Siswa berpasangan dan secara bergilir mempraktikkan gerakan yang dicontohkan guru.
9.    Guru menilai kemampuan gerak siswa satu per satu.
10.  Guru mengapresiasi siswa atas kesungguhan mereka mengikuti kegiatan
11.  Siswa melakukan refleksi kegiatan dengan arahan guru.
12. Guru juga mengingatkan siswa untuk bersyukur, saling membantu serta menghargai satu sama lain.
13. Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang bermacam cara mereka berangkat ke sekolah.
14.  Siswa membandingkan mana yang lebih cepat dan yang lebih lambat jika berangkat sekolah dengan berjalan kaki atau berkendaraan.
15. Kemudian, siswa secara bergantian memberikan contoh perbandingan lama antara dua kegiatan.
16. Siswa mengerjakan latihan yang tertera di buku siswa tentang lebih lama dan lebih cepat.
17. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan gambar-gambar tersebut.
18. Guru memberikan pekerjaan untuk mengerjakan worksheet.
19. Guru menjelaskan bahwa waktu harus dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang baik.

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.        Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.        Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.        Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.        Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.        Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Sekolahnya Mannusia, Munif Khotif.
4.      Software Pengajaran Kelas 1 SD/MI dari JGC
5.      Software Pengajaran  Penjaskes SD/MI dari JGC.
6.      Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Kegiatan Pagi Hari.
7.      Buku siswa.
8.      Lingkungan.
9.      Gambar.

I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
       Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
       Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
       Penilaian Kinerja.
       Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
       Pilihan ganda.
       Isian singkat.
       Esai atau uraian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005










MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 3                        :  Kegiatanku
Sub Tema 1                 :  Kegiatan Pagi Hari (Selamat Pagi Kawan )
Pembelajaran ke         :  5
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
 4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
PPKn
3.2   Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
      4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
        Mengamati gambar denah
        Menceritakan perjalanan berdasarkan denah
PJOK
       Mengamati gerakan lokomotor berjalan lurus, belok kanan, belok kiri
       Mempraktikkan berjalan lurus, belok kanan, belok kiri
PPKn
       Menyebutkan aturan atau kebiasaan sebelum berangkat sekolah.
       Mempraktikkan kebiasaan yang baik sebelum berangkat sekolah.
D.    TUJUAN
Tujuan pembelajaran:
  1. Dengan mempelajari dialog pada buku, siswa dapat bermain peran dengan percaya diri.
  2. Dengan bermain peran, siswa dapat menyebutkan kebiasaan-kebiasaan baik sebelum berangkat ke sekolah dengan percaya diri.
  3. Dengan bermain peran, siswa dapat menyebutkan kebiasaan-kebiasaan baik sebelum berangkat ke sekolah.
  4. Dengan memperhatikan penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan berjalan terus, belok ke kanan, dan kiri dengan baik.
  5. Dengan mengamati gerakan guru, siswa dapat membedakan berjalan terus, belok ke kanan dan kiri.
  6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menceritakan perjalanan berdasarkan denah dengan tepat.
E.     MATERI
  1. Bermain Peran tentang Kegiatan pada Pagi Hari
  2. Membaca Denah dan Menceritakan Perjalanan dari Rumah ke Sekolah
F.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.        Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.        Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.        Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.        Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.        Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.        Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.    Siswa menyanyikan lagu “Pergi Belajar”. Secara bersama, berpasangan, berkelompok sesuai kondisi kelas dengan arahan guru.
2.    Siswa menceritakan isi lagu.
3.    Siswa menjawab pertanyaan guru berhubungan dengan isi lagu. (Pertanyaan-pertanyaannya diharapkan yang dapat membuat siswa berpikir kritis, misalnya guru menanyakan apa tujuan pengarang menciptakan lagu tersebut, setujukah kamu dengan isi lagu).
4.    Guru mengingatkan siswa untuk terus melakukan kebiasaan-kebiasaan baik sebelum pergi ke sekolah. Beri pujian kepada siswa yang sudah melakukan dan terus mendorong siswa yang belum melakukannya di rumah.

5.    Guru meminta siswa mencari teman untuk melakukan bermain peran sederhana (terdiri atas pemeran ayah, ibu, dan anak).
6.    Siswa berdiskusi dengan kelompoknya lalu berlatih bermain peran bertema saat menjelang berangkat sekolah.
7.    Kemudian, masing-masing kelompok diminta tampil di depan kelas secara bergilir.
8.    Kelompok lain diminta memperhatikan dan memberikan apresiasi terhadap penampilan temannya.
9.    Setelah semua kelompok maju, guru melakukan refleksi bersama-sama siswa.
10. Selanjutnya guru mengajak siswa ke lapangan sekolah dan berbaris dengan tertib.
11. Guru menjelaskan konsep berjalan terus, belok kanan, belok kiri, dan melewati.
12. Siswa mempraktikkan di sekolah.
13. Misalnya berjalan dari kelas menuju kantin, dari kelas menuju pintu gerbang sekolah, dari kelas menuju ruang kepala sekolah. Guru memberikan tugas agar siswa berlatih menceritakan perjalanan dari kelas menuju lapangan, dan sebagainya kepada teman.
14. Siswa mengamati gambar denah perjalanan Beni dari rumah ke sekolah pada buku siswa.
15. Guru bertanya kepada siswa:
     Apa yang kamu lihat pada gambar denah?
     Bangunan apa saja yang dilewati oleh Beni ketika menuju sekolah?
     Berapa jumlah bangunan yang dilewati Beni?
16. Guru memberikan contoh menceritakan perjalanan Beni.
17. Guru meminta siswa untuk menceritakan rute perjalanan tercepat Beni dari rumah ke sekolah kepada teman sebangkunya atau siswa lain dalam kelas.
18. Kemudian guru meminta siswa menceritakan bagaimana perjalanannya dari rumah menuju sekolah.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.        Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.        Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.        Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.        Guru memberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet.
5.        Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
6.        Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Sekolahnya Mannusia, Munif Khotif.
4.      Software Pengajaran Kelas 1 SD/MI dari JGC
5.      Software Pengajaran  Penjaskes SD/MI dari JGC.
6.      Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Kegiatan Pagi Hari.
7.      Buku siswa.
8.      Gambar.
9.      Denah.
10.  Lingkungan.

I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
       Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
       Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
       Penilaian Kinerja.
       Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
       Pilihan ganda.
       Isian singkat.
       Esai atau uraian.




Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005











MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 3                        :  Kegiatanku
Sub Tema 1                 :  Kegiatan Pagi Hari (Selamat Pagi Kawan)
Pembelajaran ke          :  6
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya
SBdP
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
C.    INDIKATOR
Matematika
     Menghitung jumlah benda dalam gambar
     Melakukan operasi pengurangan
     Menuliskan operasi pengurangan yang mungkin dengan hasil yang sudah di tentukan
SBdP
       Mengamati lagu “Tek Kotek” yang dikenalkan guru
       Menyanyikan lagu “Tek Kotek”
PJOK
    Mengamati gerakan lokomotor (lari) melalui permianan
    Melakukan gerakan lokomotor (lari) melalui permainan
PPKn
       Mengidentifikasi aturan permainan Hitam dan Hijau
       Melaksanakan aturan permainan Hitam dan Hijau
D.  TUJUAN
    Tujuan pembelajaran:
1.    Dengan menirukan guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Tek Kotek” dengan tepat percaya diri.
2.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat menghitung jumlah benda dengan tepat.
3.    Dengan memperhatikan contoh pada buku, siswa dapat menghitung hasil pengurangan dengan benar.
4.    Dengan melakukan permainan Hitam dan Hijau, siswa dapat melakukan kegiatan berlari dengan disiplin.
5.    Dengan permainan, siswa dapat mengenal dan melaksanakan peraturan dengan disiplin.
E.     MATERI
  1. Berhitung Sambil Mengamati Gambar Suasana Pagi Hari
  2. Kegiatan Fisik sambil Bermain
F.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.        Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.        Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.        Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.        Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.        Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.        Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.    Guru menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka pagi ini.
2.    Guru mengajak siswa selalu bersyukur setiap kali masih diberi usia dan kesehatan sehingga masih bisa hadir di sekolah.
3.    Guru meminta siswa mengamati gambar pada buku siswa.
4.    Siswa mengidentifikasi apa saja yang ada pada gambar, menghitung jumlahnya, dan menuliskannya pada soal latihan.
5.    Siswa mengerjakan soal berhitung pada halaman buku siswa.
6.    Siswa menyanyikan lagu ”Tek Kotek Kotek” bersama guru dan mendiskusikan isi lagu bersama guru.
       (Lagu bisa juga digunakan sebagai puisi).
7.    Dengan menggunakan benda-benda yang ada pada gambar, guru menerangkan konsep pengurangan dengan menggunakan kata “ambil” atau “pisahkan” atau “coret” (misalnya anak ayam yang ada pada gambar dicoret).
8.    Siswa mengerjakan latihan membuat contoh operasi pengurangan dengan hasil yang sudah ditentukan.
9.    Guru mengajak siswa ke lapangan sekolah untuk melakukan aktifitas fisik.
10. Siswa berlatih berlari mengelilingi lapangan.
11. Siswa dibagi menjadi dua kelompok: Hitam dan Hijau.
12. Siswa melakukan permainan “Hitam lawan Hijau”.
13. Kelompok yang disebut merupakan kelompok yang dikejar dan sebaliknya. Misalnya guru mengatakan “hi.... tam”, maka kelompok hitam berlari dan dikejar oleh kelompok Hijau. Permainan dapat diganti dengan yang lain sesuai dengan daerah setempat.
14. Masing-masing siswa harus menangkap satu lawan.
15. Durasi permainan ditentukan oleh guru.
16. Kegiatan ini ditutup dengan seiswa mengerjakan worksheet.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.        Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.        Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.        Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.        Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.        Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Remedial:
        Berlatih menyelesaikan soal-soal operasi pengurangan dapat dibantu dengan menggunakan media konkret.
Alternatif Kegiatan:
        Guru mengajak siswa menonton cuplikan film tentang peristiwa pergantian hari.
    15
    menit

H.  SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Sekolahnya Mannusia, Munif Khotif.
4.      Software Pengajaran Kelas 1 SD/MI dari JGC
5.      Software Pengajaran  Penjaskes SD/MI dari JGC.
6.      Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Kegiatan Pagi Hari.
7.      Teks cerita suasana pagi/buku cerita
8.      Benda-benda sekitar
I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
       Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
       Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
       Penilaian Kinerja.
       Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
       Pilihan ganda.
       Isian singkat.
       Esai atau uraian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005




Post a Comment for "RPP K13 Kegiatanku SD Kelas 1"