//verifikasi //verifikasi RPP K13 Revisi Keluargaku Kelas 1 SD - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP K13 Revisi Keluargaku Kelas 1 SD

MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 4                        :  Keluargaku
Sub Tema 1                 :  Anggota Keluargaku (Keluarga yang Bahagia)
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.4.            Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4.            Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam  bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBDP
3.2     Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis.
3.4     Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya.
4.7.    Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
4.13. Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar      melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel
C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
·           Mengidentifikasi anggota keluarga berdasarkan teks deskriptif yang dibaca.
·           Menyebutkan anggota keluarga sesuai dengan teks deskriptif yang dibaca.
·           Membaca teks deskriptif tentang anggota keluarga
·           Menceritakan identitas anggota keluarga.
SBDP
·         Bertepuk tangan sesuai irama lagu Satu-Satu Aku Sayang Ibu
·         Menyebutkan alat dan bahan yang digunakan untuk menghias foto keluarga.
·         Menyanyikan lagu Satu-Satu Aku Sayang Ibu.
·         Membingkai foto keluarga dengan kegiatan menempel.
D.  TUJUAN
Tujuan pembelajaran:
1.    Dengan mendengarkan contoh yang diberikan guru, siswa dapat membaca teks deskriptif tentang anggota keluarga dengan lancar.
2.    Dengan mengamati teks, siswa dapat menyebutkan anggota keluarga sesuai teks deskriptif yang dibaca.
3.    Dengan menjawab pertanyaan dari teks deskriptif, siswa dapat mengidentifikasi anggota keluarga dengan benar.
4.    Dengan mengamati contoh, siswa dapat menceritakan identitas minimal dua orang anggota keluarga dengan benar.
5.    Dengan membaca teks lagu, siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai lirik lagu.
6.    Dengan membaca teks, siswa dapat menghafal lirik lagu dengan benar.
7.    Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyanyikan lagu Satu Satu Aku Sayang Ibu dengan lancar.
8.   Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat hiasan foto keluarga dengan benar.
9.   Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat hiasan foto keluarga dengan benar.
MATERI
1.   Bernyanyi dan Mendengarkan Cerita tentang Keluargaku
2.   Berkreasi Menghias Bingkai Foto Keluargaku


E.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.         Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.         Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.         Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.         Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.         Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.         Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.    Guru membuka pelajaran dan mengingatkan siswa mengenai anggota keluarga.
2.    Siswa diminta membaca teks yang ada pada buku tentang Keluarga Udin.
3.    Siswa memperhatikan informasi guru, bahwa kasih sayang antarkeluarga sangatlah indah dan Tuhan selalu sayang kepada hambanya.
4.    Siswa mendengarkan guru membaca dan menyanyikan “Satu Satu Aku Sayang Ibu”.
5.    Siswa diminta menyanyikan lagu “Satu Satu Aku Sayang Ibu” (teks lagu terlampir).
6.    Siswa diminta menjawab pertanyaan, siapakah yang dimaksud dengan ibu, ayah, adik, dan kakak?
7.    Siswa memperhatikan cerita dari buku dengan tema “Sayang Keluarga”.
8.    Siswa diminta menjawab, apakah mereka tahu siapa saja anggota keluarga mereka?
9.    Siswa diminta menyebutkan anggota keluarga dengan cara menjawab pertanyaan yang ada pada buku.



10. Minta beberapa siswa untuk menceritakan mengenai anggota keluarga mereka, yaitu nama dan pekerjaannya/sekolahnya.
11. Sambil bercerita siswa dapat menggunakan foto keluarga yang telah dibawa dari rumah (hari sebelumnya siswa diminta untuk membawa foto keluarga).
12. Ajak siswa untuk menyebutkan banyak anggota keluarga mereka.
13. Minta siswa untuk bertukar cerita dengan teman sebangku mengenai siapa saja anggota keluarga mereka.
14. Selesai bertukar cerita dengan teman, minta siswa untuk menempelkan foto keluarga mereka di buku siswa.
15. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai alat, bahan, dan cara menghias foto keluarga menggunakan media yang telah disediakan guru.
16. Siswa menghias foto keluarga sesuai instruksi guru.
17. Setelah selesai siswa diminta untuk mengerjakan worksheet.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.         Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.         Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.         Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.         Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.         Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.      Software Pengajaran Kelas 1 SDN BETET 3 dari JGC
5.      Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Anggota Keluargaku.
6.      Buku cerita bertema Sayang Keluarga
7.      Foto keluarga (minta pada siswa untuk membawa foto keluarga sehari sebelum  pelaksanaan kegiatan pembelajaran).
8.      Media untuk menghias seperti biji-bijian kering (kacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah, biji jagung, pensil warna, dan sebagainya).
H.    PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
·         Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
·         Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja.
·         Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda.
·         Isian singkat.
·         Esai atau uraian.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005



MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 4                       :  Keluargaku
Sub Tema 1                :  Anggota Keluargaku (Keluarga yang Bahagia)
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.3. Mengenal teks terima kasih tentang kasih sayang dengan bantuan guru atau teman  dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.


PPKn
3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.3. Mengamati dan menceritakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
SBDP
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis.
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi.
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil  pengamatan di lingkungan sekitar
      4.5.Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak
C.  INDIKATOR
Bahasa Indonesia
     Menemukan kalimat yang menjelaskan sikap kasih sayang dalam keluarga.
     Membaca teks terima kasih mengenai kasih sayang dalam keluarga.
     Bermain peran mengenai cara mengucapkan terima kasih atas sikap kasih sayang dalam keluarga.
PPKn
·         Menyebutkan contoh kegiatan saling membantu dalam keluarga
·         Menceritakan kebersamaan dalam keluarga dengan sikap saling membantu antar anggota keluarga melalui kegiatan bermain peran.
SBDP
·         Mengidentifikasi jenis tepuk tangan yang sesuai dengan irama lagu Ruri Abangku.
·         Menyebutkan jenis garis.
·         Menjelaskan cara menggambar lurus dan garis lengkung.
·         Menggambar garis lurus.
·         menggambar garis lengkung.
·         Menyanyikan lagu Ruri Abangku diiringi tepuk tangan sesuai dengan irama lagu.
D.    TUJUAN
Tujuan pembelajaran:
1.   Dengan membaca teks terima kasih tentang sikap kasih sayang, siswa dapat menemukan kalimat yang menjelaskan sikap kasih sayang sesuai teks dengan benar.
2.   Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat membaca teks terima kasih dengan lancar.
3.   Dengan mengamati contoh, siswa dapat bermain peran tentang sikap kasih sayang dalam keluarga dengan baik.
4.   Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan minimal dua kegiatan saling membantu dalam keluarga dengan benar.
5.   Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat menceritakan sikap saling bantu dalam keluarga melalui kegiatan bermain peran dengan baik.
6.   Dengan mengamati contoh yang disampaikan guru, siswa dapat bertepuk tangan sesuai dengan irama lagu Ruri Abangku.
7.   Dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat membedakan garis lengkung dan garis lurus dengan benar.
8.   Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan cara menggambar garis lurus dan garis lengkung dengan benar.
9.   Dengan mengamati contoh, siswa dapat menggambar garis lurus dengan benar.
10. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menggambar garis lengkung dengan benar.
11. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyanyikan lagu dengan baik.
12. Dengan mengamati contoh, siswa dapat memperagakan tepuk birama dengan baik.
MATERI
1.   Bernyanyi untuk Mengenal Kegiatan Anggota Keluarga
      2.   Mengenal Bentuk Garis Datar dan Lengkung melalui Gambar keluarga
E.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.        Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.        Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.        Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.        Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.        Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.        Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.        Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kata panggilan untuk kakak atau orang yang lebih tua.
2.    Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruli Abangku” serta cara bergerak sesuai birama.
3.    Siswa menyanyikan lagu “Ruli Abangku” dan belatih bersama-sama.
4.    Siswa secara berkelompok diberi kesempatan untuk menyanyi lagu yang telah diperkenalkan dengan diiringi tepuk birama.
5.    Siswa dan guru membahas teks sederhana yang terdapat pada buku siswa.
6.    Siswa diminta menceritakan kebiasaan yang dilakukan anggota keluarga mereka di rumah.
7.    Siswa diminta mendiskusikan sikap-sikap yang harus dikembangkan bersama keluarga di rumah, yaitu berterima kasih melalui kegiatan bermain peran yang ada di buku siswa.
8.     Siswa mengamati guru yang sedang memperagakan percakapan dengan salah seorang siswa.
9.    Minta siswa secara berkelompok mencoba memperagakan percakapan.
10. Siswa diminta menuliskan kegiatan membantu keluarga yang pernah dilakukannya.
11. Siswa memperhatikan penjelasan guru bahwa setiap anggota keluarga memiliki kebiasaan dan rutinitas yang berbeda-beda, misalkan ayah pergi bekerja/ membaca buku, ibu menjahit baju/mendampingi Udin yang sedang menggambar, dan kakak berangkat ke sekolah/kakak sedang belajar.
12. Guru menyiapkan satu karton besar bertuliskan anggota keluarga dan kegiatannya.
13. Guru menunjukkan gambar-gambar berbagai pekerjaan atau kegiatan anggota keluarga.
14. Guru menunjukkan gambar keluarga pada seluruh siswa dan bertanya, “Apakah anggota keluarga kalian di rumah melakukan hal yang sama?”
15. Siswa diminta tunjuk tangan jika ingin menjawab dan boleh menjawab jika sudah dipersilakan oleh guru.
16. Tunjuk satu orang siswa, minta siswa memasangkan kartu anggota keluarga dan kegiatannya, kemudian menempelkan kartu di karton yang sudah disediakan.
17. Lakukan sampai seluruh siswa memperoleh kesempatan untuk menjawab dan kartu habis.



18. Siswa menyimpulkan bahwa anggota keluarga memiliki kebiasaan dan kegiatan yang berbeda-beda. Pentingnya saling memahami, membantu dan memupuk sikap kasih sayang antarkeluarga agar terjalin keru
19. Kegiatan dilanjutkan dengan mengajak siswa berlatih mewarnai gambar keluarga.
20. Guru memulai dengan mengatakan bahwa Tuhan Maha Indah dengan menciptakan bermacam-macam warna.
21. Guru membahas berbagai jenis warna yang sudah diketahui siswa dan menambahkan warna-warna sekunder.
22. Guru juga membahas dan menjelaskan penggunaan garis lengkung dan garis datar pada sebuah gambar.
23. Minta siswa untuk menebalkan gambar keluarga pada buku siswa dengan memperhatikan penggunaan warna dan bentuk garis lalu menceritakannya di depan kelas.
24. Siswa memperhatikan penjelasan guru bahwa memiliki keluarga merupakan anugerah yang harus disyukuri sebagai bentuk rasa terima kasih kita pada Tuhan YME yang telah menciptakan keluarga untuk kita.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.        Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.        Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.        Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.        Guru memberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet.
5.        Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
6.        Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Kegiatan Bersama Orang tua:
·           Orang tua membimbing siswa untuk mencampur warna menggunakan pewarna alami, seperti kunyit dan daun pandan.
    15
    menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.      Software Pengajaran Kelas 1 SDN BETET 3 dari JGC :
5.      Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Anggota Keluargaku.
6.      Kartu bergambar dan bertuliskan anggota keluarga dan kegiatan sehari-hari.
7.      Buku cerita anak tentang keluarga.
8.      Karton besar ukuran 100 cm x 100 cm.

H.    PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
·         Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
·         Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja.
·         Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda.
·         Isian singkat.
·         Esai atau uraian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005

MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 4                       :  Keluargaku
Sub Tema 1                :  Anggota Keluargaku (Keluarga yang Bahagia)
Pembelajaran ke         :  3
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk  membantu penyajian


PJOK
3.6 Mengetahui konsep penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak rimtik.
Matematika
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya.
C.  INDIKATOR
Bahasa Indonesia
    Menjawab pertanyaan tentang kegiatan keluarga sesuai teks yang dibaca.• Bercerita tentang kesukaan anggota keluarga.
PJOK
·         Mengidentifikasi gerak lokomotor dan non lokomotor yang ada pada gerakan senam.
·         Mempraktikkan gerakan lokomotor dan non lokomotor pada gerakan senam.
Matematika
  • Membilang dari 11 sampai dengan 20 menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
  • Menyelesaikan soal penjumlahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
D.    TUJUAN
Tujuan pembelajaran:
1.   Dengan mendengarkan cerita yang dibacakan guru, siswa dapat menyebutkan pesan sesuai isi teks.
2.   Dengan mendengarkan cerita yang dibacakan guru, siswa dapat menceritakan kembali sesuai teks.
3.   Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi gerakan lokomotor dan non lokomotor pada gerakan senam dengan benar.
4.   Dengan mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan gerak lokomotor dan non lokomotor pada gerakan senam dengan benar.
5. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menentukan banyak bilangan 11 sampai dengan 20 dengan benar.
6.   Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dengan benar.
MATERI
1.   Melakukan Senam Irama dan Bercerita
2.   Berlatih Penjumlahan bersama Keluarga
E.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.        Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.        Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.        Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.        Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.        Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.        Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.    Siswa menyimak informasi bahwa setiap anggota keluarga mempunyai kesukaan bermain olahraga yang berbeda.
2.    Siswa diminta menjawab apakah ada yang tahu olahraga kesukaan anggota keluarganya (misal ayah, ibu, kakak, dan adik).
3.    Siswa diminta menjawab apakah mereka pernah melakukan kegiatan olahraga bersama keluarga?
4.    Siswa diberi pertanyaan, di manakah mereka biasa melakukan kegiatan berolahraga?
5.    Setelah tanya jawab, guru mengajak siswa ke lapangan untuk melakukan kegiatan senam irama dengan diiringi lagu senam irama.
6.    Selesai berolahraga, guru mengajak siswa untuk melakukan pendinginan lalu kembali ke kelas.
7.    Siswa diminta membuka buku siswa.
8.    Siswa memperhatikan guru membaca teks di buku siswa.
9.    Selesai membaca, siswa diminta menyebutkan pesanyang berkaitan dengan teks tersebut.
10. Siswa diminta untuk menceritakan kembali apa yang telah dibacakan guru dengan menggunakan bahasa mereka sendiri.
11. Siswa diminta menceritakan kesukaan dari masing-masing anggota keluarga.
12. Siswa diminta menyatakan bilangan yang sesuai dengan banyak kelompok benda.
13. Siswa diberi soal-soal penjumlahan yang berkaitan dengan banyak anggota keluarga.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.        Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.        Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.        Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.        Guru memberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet.
5.        Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
6.        Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Kegiatan bersama orang tua:
·           Orang tua membantu siswa berlatih penjumlahan matematika menggunakan cerita.
    15
    menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.      Software Pengajaran Kelas 1 SDN BETET 3 dari JGC
5.      Software Pengajaran  Penjaskes SDN BETET 3 dari JGC.
6.      Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Anggota Keluargaku.
7.      Kaset/CD senam irama, Radio/alat pemutar kaset/CD, Boneka jari atau wayang kecil untuk alat peraga mendongeng, Gambar sebuah keluarga yang berkumpul bersama dalam sebuah rumah


H.    PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
·         Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
·         Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja.
·         Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda.
·         Isian singkat.
·         Esai atau uraian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005







MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 4                       :  Keluargaku
Sub Tema 1                :  Anggota Keluargaku (Keluarga yang Bahagia)
Pembelajaran ke         :  4
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
4.5 Membuat teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5. Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan  guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman


PPKn
3.2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Matematika
3.2     Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.3     Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya.
C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
·         Menyebutkan kedudukan anggota keluarga sesuai teks diagram yang dibaca
·         Membuat teks diagram/label tentang anggota keluarga
PPKn
·         Mengidentifikasi peraturan yang ada di rumah.
·         Mensimulasikan kegiatan yang termasuk mentaati peraturan di rumah melalui kegiatan bermain peran.
Matematika
·         Menunjukkan banyak bilangan 11 sampai 20
·         Menyelesaikan soal cerita penjumlahan dengan hasil maksimal 20
D.    TUJUAN
Tujuan pembelajaran:
1.   Dengan mengamati teks diagram, siswa dapat menyebutkan kedudukan anggota keluarga dengan benar.
2.   Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat sisilah keluarga dengan benar.
3.   Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat menyebutkan tiga contoh peraturan yang ada di rumah dengan benar.
4.   Dengan mengamati teks, siswa dapat mensimulasikan satu kegiatan mentaati peraturan rumah melalui kegiatan bermain peran dengan benar.
5.   Dengan menggunakan benda-benda di sekitar, siswa dapat menentukan banyaknya bilangan 11 sampai dengan 20 dengan benar.
6.   Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat menyelesaikan soal cerita penjumlahan dengan benar.
E.     MATERI
1.   Berkreasi Membuat Silsilah Keluarga
2.   Berhitung sambil Membantu Ibu
F.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.        Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.        Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.        Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.        Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.        Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.        Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.    Siswa memperhatikan sebuah gambar silsilah keluarga dan menjelaskan maksud dari isi gambar.
2.    Siswa diminta menyusun silsilah keluarga dan menuliskannya pada lembar buku siswa.
3.    Siswa menggambar profil keluarga di kertas kosong lalu digunting dan ditempel di silsilah keluarga.
4.    Siswa menghias dan mewarnai menggunakan media yang disediakan.
5.    Siswa berlatih menentukan kedudukan anggota keluarga dalam silsilah keluarga.
6.    Dengan melihat silsilah keluarga kita dapat mengetahui siapa yang lebih muda dan tua.
7.    Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnya menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda.
8.    Siswa mendengarkan cerita mengenai peraturan yang diterapkan di dalam keluarga.
9.    Siswa diberi pertanyaan apakah mereka memiliki peraturan yang sama seperti yang dilakukan oleh guru di rumah.
10. Siswa diminta membaca teks di buku siswa.
11. Siswa memerankan teks percakapan di buku siswa.
12. Siswa menuliskan contoh peraturan yang ada di sekolah.
13. Siswa memperhatikan informasi bahwa membantu ibu merupakan salah satu peraturan di dalam keluarga.
14. Siswa mengerjakan latihan soal cerita di buku siswa.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.        Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.        Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.        Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.        Siswa diberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet.
5.        Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
6.        Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Kegiatan bersama orang tua:
·           Siswa bekerja sama dengan anggota keluarga lainnya untuk mempersiapkan makan malam di rumah.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.      Software Pengajaran Kelas 1 SDN BETET 3 dari JGC
5.      Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Anggota Keluargaku.
6.      Contoh gambar silsilah keluarga inti.
7.      Foto keluarga (jika memungkinkan).


I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
·         Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
·         Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja.
·         Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda.
·         Isian singkat.
·         Esai atau uraian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005





MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 4                       :  Keluargaku
Sub Tema 1                :  Anggota Keluargaku (Keluarga yang Bahagia)
Pembelajaran ke         :  5
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru
      atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian


Matematika
3.11 Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek).
4.8 Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya.
C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
·         Mengidentifikasi anggota keluarga sesuai teks yang dibaca
·         Menyebutkan anggota keluarga sesuai teks cerita tentang keberadaan keluarga.
·         Membaca teks cerita tentang keluarga.
·         Menulis kosakata anggota keluarga.
·         Menceritakan kesukaan anggota keluarga.
Matematika
·         Membandingkan tinggi badan berdasarkan gambar yang diamatinya.
·         Mengurutkan tinggi badan teman.

D.    TUJUAN
Tujuan pembelajaran:
1.    Dengan mengamati contoh guru membaca teks, siswa dapat membaca dengan lancar.
2.    Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi anggota keluarga sesuai teks yang dibacanya.
3.    Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat menyebutkan minimal dua nama anggota keluarga.
4.    Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menceritakan kesukaan anggota keluarga dengan lancar.
5.    Dengan mengamati contoh, siswa dapat menulis kosakata anggota keluarga dengan rapi.
6.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat membandingkan tinggi benda dengan benar.
7.    Dengan mengamati tinggi badan teman, siswa dapat mengurutkan tinggi badan temannya dengan benar.


E.     MATERI
1.   Bercerita tentang Anggota Keluarga
     2.    Membandingkan Tinggi Badan Keluarga
F.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.         Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.         Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.         Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.         Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.         Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.         Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.    Siswa diminta mempersiapkan foto keluarga yang telah dibuat pada pembelajaran 1.
2.    Siswa menceritakan nama dan pekerjaan setiap anggota keluarga.
3.    Siswa dapat juga menceritakan kesukaan setiap anggota keluarga.
4.    Siswa diperkenalkan dengan kosakata yang berkaitan dengan keluarga seperti ayah, ibu, kakak, dan adik menggunakan kartu kosakata.
5.    Siswa diajak bermain “Siapa Nama-nya?”
6.    Ketika guru menunjukkan misalnya kar tu ayah, maka siswa yang ditunjuk di minta membaca kata yang tertera dan menyebutkan nama ayahnya.
7.    Lakukan bergantian menggunakan kartu kata yang lainnya sampai seluruh siswa mendapatkan giliran.
8.    Siswa diminta mewarnai gambar di halaman buku siswa.
9.    Siswa berlatih menuliskan kosakata ayah, ibu, kakak, dan adik pada buku siswa.
10. Siswa diminta mengamati gambar keluarga Udin, dan diminta membandingkan tinggi badan anggota keluarganya.
11. Minta dua orang siswa maju ke depan kelas dan teman lainnya diminta untuk membandingkan tinggi badan kedua teman yang berdiri di depan kelas.
12. Siswa dibimbing dalam penggunaan kalimat matematika dalam membandingkan tinggi badan, misalnya Dayu lebih tinggi dari Lani dan Lani lebih pendek dari Dayu.
13. Lakukan simulasi berikutnya dengan membandingkan tiga sampai empat orang.
14. Minta siswa secara berkelompok berlatih membandingkan tinggi dan pendek suatu benda menggunakan benda-benda yang telah disiapkan oleh guru.
15. Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok (sesuaikan dengan jumlah siswa yang berada di dalam kelas).
16. Siswa bekerja sama dengan teman kelompoknya untuk membandingkan tinggi benda.
17. Siswa berlatih membandingkan tinggi anggota keluarga berdasarkan gambar yang ada pada buku siswa.
18. Siswa menuliskan anggota keluarga yang paling tinggi dan paling pendek.
19. Siswa mengerjakan worksheet yang telah diperinntahkan oleh guru.

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.         Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.         Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.         Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.         Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.         Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Kegiatan Bersama Orang Tua:
·           Mengunjungi rumah tetangga bersama orang tua untuk melihat anggota keluarga yang terdapat di rumah tersebut.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.      Software Pengajaran Kelas 1 SDN BETET 3 dari JGC :Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Anggota Keluargaku.
5.      Benda-benda dengan tinggi bervariasi, misalnya botol, celengan berbentuk tabung, toples, dan vas bunga.
I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
·         Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
·         Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja.
·         Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda.
·         Isian singkat.
·         Esai atau uraian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005


MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 4                       :  Keluargaku
Sub Tema 1                 :  Anggota Keluargaku (Keluarga yang Bahagia)
Pembelajaran ke          :  6
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana.
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenaran.


PJOK
3.1  Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti  konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
PPKn
3.2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2   Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
C.    INDIKATOR
Matematika
·         Menyebutkan pasangan bilangan yang menunjukkan bilangan tertentu
·         Menyelesaikan soal dengan cara mengurai sebuah bilangan sebagai hasil penjumlahan
PJOK
·         Mengidentifikasi gerakan lokomotor yang ada pada permainan lomba memasangkan angka.
·         Mempraktikkan lokomotor dalam permainan memasangkan angka.
PPKn
·         Menyebutkan dua contoh peraturan dalam sebuah permainan.
·         Menyampaikan pendapat tentang peraturan dalam permainan yang diikutinya
·         Menunjukkan sikap patuh terhadap peraturan saat mengikuti permainan.

D.    TUJUAN
      Tujuan pembelajaran:
1.   Dengan mengikuti permainan, siswa dapat menentukan pasangan bilangan dengan jumlah tertentu dengan benar.
2.   Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat menyelesaikan soal dengan benar.
3.   Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi gerakan lokomotor yang ada pada permainan dengan benar.
4.   Dengan mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan gerak lari sebagai gerak lokomotor pada permainan memasangkan angka dengan benar.
5.   Dengan mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan gerak melompat sebagai gerak lokomotor pada permainan memasangkan angka dengan benar.
6.   Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan kembali peraturan dalam permainan dengan benar.
7.   Dengan mengikuti permainan, siswa dapat menyampaikan pendapat mengenai peraturan dalam permainan yang diikiutinya dengan percaya diri.
8.   Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan perilaku patuh pada peraturan yang sudah ditetapkan pada permainan yang diikutinya dengan baik.
E.     MATERI
1.      Bermain Mencari Pasangan Angka
2.      Berdiskusi Mengenai Patuh dan Tertib agar Dapat Meraih Cita-Cita
F.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.        Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.        Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.        Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.        Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.        Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.        Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.




    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.    Siswa dikelompokkan ke dalam dua kelompok besar dengan nama “Sahabat” dan “Karib”.
2.    Setiap kelompok dibagi lagi menjadi beberapa kelompok kecil, dimana setiap kelompok paling banyak berisi 10 orang.
3.    Setiap siswa dalam kelompok kecil diberi nomor dada 1 sampai 10.
4.    Kelompok “Sahabat” diminta berdiri di sebelah kiri dan kelompok “Karib” berdiri di sebelah kanan.
5.    Buat jarak antar kelompok sepanjang 4 meter (sesuaikan dengan lapangan yang akan digunakan) dan guru berdiri di antara kedua kelompok.
6.    Guru mengangkat sebuah kartu bilangan (misalnya 14).
7.    Setiap anggota kelompok “Sahabat” dan “Karib” berlari untuk saling mencari dengan menjumlahkan nomor dadanya hingga berjumlah 14. (Misalnya siswa bernomor 7 dapat berpasangan dengan nomor 7).
8.    Siswa yang sudah menemukan pasangannya, dapat menemui guru untuk mendapatkan poin (poin dapat berupa bintang yang ditempel atau stempel bintang).
9.    Setelah mendapatkan poin, siswa dapat kembali ke tempat semula dengan cara melompat.
10. Jika siswa tidak berlari saat mencari pasangan dan tidak melompat saat kembali ke tempat semula, maka tidak mendapat poin.
11. Lakukan permainan secara berulang dengan menunjukkan kartu bilangan yang berbeda.
12. Poin dihitung pada akhir permainan dan siswa yang mendapatkan poin tertinggi mendapatkan apresiasi dari seluruh siswa lainnya.
13. Siswa diminta saling memberi pertanyaan tentang pasangan angka.
14. Siswa diminta mengerjakan latihan soal di buku siswa.
15. Siswa diminta menjawab, bagaimana perasaan siswa saat harus mengikuti sebuah peraturan?
16. Siswa berlatih menyampaikan pendapat tentang peraturan dalam permainan tersebut.
17. Sampaikan pada siswa mengenai pentingnya mematuhi sebuah peraturan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.
18. Siswa diminta untuk mengerjakan worksheet pada buku latihan.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.        Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.        Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.        Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.        Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.        Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Kegiatan bersama orang tua:
·           Orang tua membantu siswa berlatih menemukan bilangan sebagai jumlah dari dua buah bilangan.
Remedial:
1.    Semua siswa peserta remedial dikumpulkan berdasarkan materi yang akan diremedialkan.
2.    Untuk remedial soal cerita penjumlahan dan pengurangan, siswa diberi soal latihan dan diberi penjelasan terlebih dahulu.
3.    Untuk remedial latihan menulis, siswa dibantu berlatih menulis menggunakan buku bergaris enam dan mengulang cara penulisan alfabet.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.      Software Pengajaran Kelas 1 SDN BETET 3 dari JGC
5.      Software Pengajaran  Penjaskes SDN BETET 3 dari JGC.
6.      Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Anggota Keluargaku.
7.      Kartu angka 1–10 sebanyak empat set.
8.      Buku pegangan siswa.




I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja.
·         Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda.
·         Isian singkat.
·         Esai atau uraian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005



Post a Comment for "RPP K13 Revisi Keluargaku Kelas 1 SD"