//verifikasi //verifikasi Thalif Wali berasan dari mana? - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Thalif Wali berasan dari mana?

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
            Dunia terus mengalami perkembangan. Seiring perkembangan zaman, banyak dari masyarakat sekarang cenderung lebih menyukai sesuatu yang lebih modern dibandingkan tradisional. Hal tersebut serupa di Indonesia. Banyak dari masyarakat Indonesia mundingkan tradisional. Hal tersebut serupa di Indonesia. Banyak dari masyarakat Indonesia mungkin telah melupakan sejarah tentang Indonesia atau bahkan sejarah tentang daerahnya sendiri. Padahal sejarah bisa menjadi aset kebudayaan yang tak ternilai karena ada nilai-nilai yang dapat kita petik dari suatu peristiwa sejarah. Bahkan Soekarno mengatakan bahwa kita jangan sekali-kali melupakan sejarah.
            Begitu pula dengan cerita rakyat di daerah Banyuasin yang beragam. Kita sebagai masyarakat Banyuasin harus turut ikut serta dalam melestarikan cerita rakyat di Kabupaten Banyuasin.
B.   Rumusan Masalah   
1.        Siapakah yang disebut dengan Thalif Wali ?
2.        Mengapa ada nama Jalan Thalif Wali
C.   Tujuan Penelitian
1.        Untuk mengetahui makna dari beriman kepada hari akhir.
2.        Untuk mengetahui periode pada hari akhir.
D.   Manfaat Penelitian
1.        Bagi guru, diharapkan agar dapat menjadikan karya tulis ini sebagai bahan materi yang akan diajarkan di kelas mengenai sosok Thalif Wali.
2.        Bagi pelajar, diharapkan dapat  mempelajari karya tulis ini sebaik-baiknya sehingga dapat menambah wawasan.



























BAB II
HASIL DAN PEMBAHASAN

A.     Mengenal Thalif Wali
              Thalif Wali menurut cerita asal usul Pangkalan Balai adalah seorang tangan kanan dari Tuan Bangsali dan pandai ilmu agama Islam. Dan karena hal tersebut Thalif Wali menjadi pemimpin sebuah desa yang sekarang bernama Pangkalan Balai. Dan nama asli dari Thalif Wali adalah Munai sehingga ia dikenal oleh orang-orang desa sebagai Muning Munai. Namun sedangkan menurut versi lain yaitu pada cerita asal usul Bom Berlian, Thalif Wali dikenal sebagai seorang saudagar kaya disebuah daerah yang sekarang bernama Bom Berlian. Dan ia juga memiliki anak perempuan yang berparas cantik bernama Munai.


B.   Asal usul Jalan Thalif Wali
   Jalan Thalif Wali adalah nama jalan yang berada di Kalangan Lama yaitu di Simpang Kedondong. Jalan tersebut disebut demikian karena ada yang berpendapat bahwa daerah yang dilewati jalan tersebut adalah tempat tinggal Thalif Wali dulu. Sedangkan ada yang berpendapat bahwa Jalan Thalif Wali merupakan bentuk penghormatan masyarakat setempat atas kepemimpinan Thalif Wali.








BAB III
SIMPULAN


A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah dan pembahasan yang telah dilakukan, penulis dapat menarik kesimpulan berupa :
1.      Thalif Wali menurut cerita asal usul Pangkalan Balai adalah seorang tangan kanan dari Tuan Bangsali dan pandai ilmu agama Islam dan pemimpin sebuah desa yang bernama Pangkalan Balai
2.      Menurut versi lain yaitu pada cerita asal usul Bom Berlian, Thalif Wali dikenal sebagai seorang saudagar kaya disebuah daerah yang sekarang bernama Bom Berlian.
3.      Ada yang berpendapat bahwa daerah yang dilewati Jalan Thalif Wali adalah tempat tinggal Thalif Wali dulu.
4.      Dan ada yang berpendapat bahwa Jalan Thalif Wali merupakan bentuk penghormatan masyarakat setempat atas kepemimpinan Thalif Wali.

B. Saran
Setelah melakukan penelitian dan menganalisis hasilnya, penulis dapat memberikan saran yaitu :
1.      Diperlukan adanya penambahan narasumber untuk memperbanyak informasi sehingga hasil yang diteliti akurat jika memadai.
2.      Dapat mengambil nilai yang ada dari sosok Thalif Wali.
3.      Terus melestarikan cerita rakyat di daerah Banyuasin.








LAMPIRAN

Biodata Narasumber :
Nama  : Zunnuraini
TTL : Pangkalan Balai, 30 Desember 1950
Pendidikan : SD

Nama : Rahma Niar
TTL : Pangkalan Balai, 11 Oktober 1980
Pendidikan  : SMA


















Post a Comment for "Thalif Wali berasan dari mana?"