//verifikasi //verifikasi Bagaimana Penerapan Saintifik Pada Bahasa Arab? - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Penerapan Saintifik Pada Bahasa Arab?

LK- 3.2a

 
Perancangan Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran
Pada Pembelajaran Bahasa Arab

Tujuan Kegiatan:              Melalui diskusi kelompok peserta mampu merancang penerapan pendekatan                                   saintifik dan model pembelajaran pada pembelajaran bahasa Arab.

Langkah Kegiatan:
  1. Pelajari contoh penerapan pendekatan saintifik dan model pembelajaran pada pembelajaran bahasa Arab yang ada pada modul pelatihan!
  2. Siapkan dokumen kurikulum dan hasil kegiatan analisis kurikulum (LK No 1.4 yang sudah dikerjakan pada kegiatan 1.4)!
  3. Isilah Lembar Kerja perancangan penerapan pendekatan saintifik dan model pembelajaran yang tersedia melalui diskusi kelompok!
  4. Setelah selesai, presentasikan hasil diskusi kelompok Anda!
  5. Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain!

1.         Format Perancangan Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Bahasa Arab
Kompetensi Dasar
:

3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.

Indikator Pencapaian Kompetensi
:
3.1.1 Mendemonstrasikan ungkapkan kesetujuan/ketidak setujuan serta cara       merespon terkait topic kegiatan pada waktu senggang dan hobi al-hiwayah
3.1.2Melaksanakan teks lisan dan tulisan sederhana tentang bagaimana cara mengungkapkan harapan dan do’a serta cara meresponnya terkai topik.
4.1.1Menunjukkan teks lisan dan tulis sederhana tentang topic kegiatan pada waktu senggang
4.1.2menjelaskan ungkapan sederhana terkait topik
Topik /Tema
:
Kegiatan pada waktu senggang HOBI ( al hiwayah)
Sub Topik/Tema
:
Kegiatan pada waktu senggang / hobi

Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati

peserta  didik  diajak  untuk  melihat,  menyimak,  mendengar,  dan
membaca  informasi terkait topic kegiatan pada waktu senggang hobi ( al – hiwayah ) dan wisata ( ar-rihlah) Dengan demikian, peserta didik tidak hanya mengamati secara auditif, namun juga secara visual.
Menanya

Peserta didik melakukan Tanya jawab tentang kegiatn pada waktu senggang hobi ( al – hiwayah ) dan wisata ( ar-rihlah)
Mengumpulkan informasi


Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber,kemudian guru memberikan latihan tentang  kegiatn pada waktu senggang hobi ( al – hiwayah ) dan wisata ( ar-rihlah)
Mengasosiasikan


Setelah berlatih dengan teks tulis  (membaca) dan berbicara, peserta didik dapat diajak untuk mulai  belajar  kosakata  dan  tatabahasa  Arab  dalam  lingkup  tema  kegiatan  pada  waktu senggang. 
Pada  pembelajaran  kosakata  dan  tatabahasa  peserta  didik  diberi  latihan-latihan yang  membuat  mereka  belajar  mandiri  dan  berdiskusi  dengan  teman-temannya.  Sehingga
pada akhirnya peserta didik dapat menyimpulkan sendiri
Mengomunikasikan



Peserta didik menceritakan kegiatn pada waktu senggang hobi ( al – hiwayah ) dan wisata ( ar-rihlah)




2.         Format Perancangan Penerapan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Bahasa Arab

Kompetensi Dasar
:

3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.

Indikator Pencapaian Kompetensi
:
3.1.1 Mendemonstrasikan ungkapkan kesetujuan/ketidak setujuan serta cara       merespon terkait topic kegiatan pada waktu senggang dan hobi al-hiwayah
3.1.2Melaksanakan teks lisan dan tulisan sederhana tentang bagaimana cara mengungkapkan harapan dan do’a serta cara meresponnya terkai topik.
4.1.1Menunjukkan teks lisan dan tulis sederhana tentang topic kegiatan pada waktu senggang
4.1.2menjelaskan ungkapan sederhana terkait topik
Topik /Tema
:
Kegiatan pada waktu senggang HOBI ( al hiwayah)
Sub Topik/Tema
:
Kegiatan pada waktu senggang / hobi

Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Stimulation( pemberian ransangan)
  • Pendidik memberikan teks bacaan yang mengandung unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya terkait topic kegiatan pada waktu senggang /hobi ( al - hiwayah ) kepada peserta didik dalam kelompoknya
  • Peseerta didik membaca teks bacaan tentang topic kegiatan pada waktu senggang /hobi ( al - hiwayah ) sesuai instruksi dari pendidik.
Problem Statement
( identifikasi masalah )
  • Setiap peserta didik mencoba menjawab pertanyaan tentang unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks dengan topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah).
  • Peserta  didik  di  dalam  kelompoknya mencoba  merumuskan  hipotesis  (jawaban  sementara atas pertanyaan masalah) tentang unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks dengan topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah).
Data Collection
( mengumpulkan data hipotesis )
·         Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui diskusikelompok.
·         Peserta didik memilih kalimat – kalimat yang tepat dalam teks berdasarkan kaidah tata bahasa yang ditemukan dari teks bacaan

Data Processing
( pengelolaan data )
·         Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah data hasil pengamatan misalnyta mengelolah data tentang unsur kebahasaan, struktur pola kalimat, dan unsur  budaya yang terdapat pada teks bacaan
Verification
( pembuktian )
·         Peserta didik mendiskusikandan melakukan pemeriksaan secara cermat hasil pengolahan data untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang telah ditetapkan terekait unsur kebahasaan, struktur pola kalimat, dan unsur budaya yang terdapat pada teks bacaan
·         Peserta didik merekonstruksi kalimat-kalimat sesuai dengan kaidah tata bahasa yang ditemukan dalam teks bacaan
Generalization
( menarik simpulan )
·         Peserta didik merevisi teks karangan yang telah disusun secara berkelompok
·         Peserta didik menarik simpulan tentang teks karangan yang baik
·         Peserta didik melakukan refleksi misalnya mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam proses pembelajaran
·         Peserta didik diminta mengemukakan tanggapan tentang kemampuannya dalam menulis teks karangan sederhana.


3.         Format Perancangan Penerapan Model Problem Based Leraning pada Pembelajaran Bahasa Arab

Kompetensi Dasar
:

3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.

Indikator Pencapaian Kompetensi
:
3.1.1 Mendemonstrasikan ungkapkan kesetujuan/ketidak setujuan serta cara       merespon terkait topic kegiatan pada waktu senggang dan hobi al-hiwayah
3.1.2Melaksanakan teks lisan dan tulisan sederhana tentang bagaimana cara mengungkapkan harapan dan do’a serta cara meresponnya terkai topik.
4.1.1Menunjukkan teks lisan dan tulis sederhana tentang topic kegiatan pada waktu senggang
4.1.2menjelaskan ungkapan sederhana terkait topik
Topik /Tema
:
Kegiatan pada waktu senggang HOBI ( al hiwayah)
Sub Topik/Tema
:
Kegiatan pada waktu senggang / hobi

Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Orientasi Peserta Didik kepada Masalah
· Guru mengucapkan salam dan menyapa para siswa
· Guru mereview materi/kegiatan pembelajaran yang lalu
· Guru menanyakan kegiatan yang dilakukan para siswa pada waktu senggang.
· Guru menghubungkan kegiatan mereka dengan hobi/kegemaran yang akan dibahas pada pertemuan hari ini.
· Guru menempel beberapa gambar tentang hobi yang telah diketahui siswa (seperti bermain bola, menggambar/melukis,
· Guru memberikan sebuah situasi kepada siswa, misalnya hari libur. Kemudian guru menanyakan kepada siswa hobi apa yang akan mereka lakukan saat itu.
· Guru menjelaskan bahwasanya perbedaan pendapat adalah hal yang wajar. Oleh karenanya, pada sesi ini mereka akan berlatih bermusyawarah/berdiskusi untuk menentukan jenis kegiatan yang akan dipilih bersama-sama.
· Guru menginformasikan tujuan dan agenda pembelajaran
Mengorganisasikan Peserta Didik
· Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok sesuai dengan jenis kegiatan yang mereka pilih di awal sesi pelajaran.
Contohnya:
- siswa yang memilih كرة القدم bergabung dengan kelompok A
- siswa yang memilih الرسم bergabung dengan kelompok B
- siswa yang memilih شهادة التلفاز bergabung dengan kelompok C
- dst.
· Siswa duduk berdasarkan kelompok yang telah dibentuk
· Siswa menyimak dialog yang dibacakan oleh guru (buku dalam keadaan tertutup)
· Siswa mencatat kata-kata yang baru didengarnya (pada bacaan kedua)
· Siswa membuka buku dan mendiskusikan kosakata yang baru mereka catat.
· Guru membimbing siswa ketika berdiskusi.
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok
· Dengan arahan guru, siswa berlatih bertanya variasi kalimat harapan dan persetujuan/ketidaksetujuan kepada teman sebangkunya.
· Siswa bertanya ke siswa yang berada di kelompok lain tentang kegiatan yang akan mereka lakukan.
· Guru meminta beberapa perwakilan siswa kelompok A, B dan C untuk mempraktekkan dialog yang telah mereka buat.
· Guru memfasilitasi dan membimbing siswa ketika melakukan dialog.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
· Dengan bimbingan guru, masing-masing kelompok menuliskan dialog yang telah dipraktekkan di dalam karton.
· Siswa menempel hasil tulisannya di dinding
· Guru dan siswa mendiskusikan bentuk المصدر الصريح yang terdapat dalam dialog.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
· Dengan bimbingan guru, siswa mengerjakan latihan yang ada di dalam buku (yang diberikan guru).
· Guru bersama siswa menganalisis dan mengevaluasi seluruh aktifitas yang telah dilakukan.
· Guru memberikan penguatan terkait dengan ungkapan harapan dan persetujuan/ketidaksetujuan.


4.         Format Perancangan Penerapan Model Project Based Leraning pada Pembelajaran Bahasa Arab

Kompetensi Dasar
:

3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.

Indikator Pencapaian Kompetensi
:
3.1.1 Mendemonstrasikan ungkapkan kesetujuan/ketidak setujuan serta cara       merespon terkait topic kegiatan pada waktu senggang dan hobi al-hiwayah
3.1.2Melaksanakan teks lisan dan tulisan sederhana tentang bagaimana cara mengungkapkan harapan dan do’a serta cara meresponnya terkai topik.
4.1.1Menunjukkan teks lisan dan tulis sederhana tentang topic kegiatan pada waktu senggang
4.1.2menjelaskan ungkapan sederhana terkait topik
Topik /Tema
:
Kegiatan pada waktu senggang HOBI ( al hiwayah)
Sub Topik/Tema
:
Kegiatan pada waktu senggang / hobi

Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Penentuan Pertanyaan Mendasar
·         Peserta didik membaca teks tulis tentang kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah;
·          Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk memahami isi teks tulis dengan bantuan kamus.
·         Peserta didik mengidentifikasi jenis-jenis hobi yang terdapat dalam teks tulis tentang kegiatan kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah)

Mendesain Perencanaan Proyek
  • Mengamati dan mencatat semua aktivitas anggota keluarga selama satu hari mulai dari bangun tidur pagi sampai malam
  •  Melengkapi hasil pengamatan dengan bukti outentik seperti foto
  • Membuat poster yang berisi aktivitas sehari-hari hasil pengamatan di atas kertas karton lengkap dengan bukti autentik (foto) sebagai laporan;
  • Menulis karangan sederhana tentang kegiatan pada waktu senggang/hobi;
Menyusun Jadwal
Guru bersama peserta didik secara bersama-sama membuat jadwal kegiatan dalam menyelesaikan proyek
  • Menentukan waktu untuk mengidentifikasi dan mengumpulkan kata yang berkaitan dengan kegiatan pada waktu senggang/hobi
  • Merencanakan kegiatan pengumpulan data tentang kegiatan pada waktu senggang/hobi
  • Menentukan waktu penyusunan laporan hasil pengamatan
Memonitor Peserta Didik dan Kemajuan Proyek
Peserta didik membuat poster yang berisi kegiatan pada waktu senggang/hobi yang merupakan hasil pengamatan, di atas kertas karton lengkap dengan bukti autentik (foto) sebagai laporan contoh :
Guru melakukan monitor terhadap aktivitas peserta didik selama menyelesaikan proyek dengan memfasilitasi peserta didik pada waktu mengasosiasikan kata yang berkaitan dengan kegiatan pada waktu senggang/hobi dan pada waktu membuat poster sebagai laporan hasil pengamatan;

Menguji Hasil
  • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pengamatan dan poster yang telah mereka buat;
  • Peserta didik mengemukakan berbagai kendala yang dialami ketika mengamati dan mencatat segala kegiatan pada waktu senggang/hobi dalam keluarga;
  • Guru menilai kemajuan masing-masing peserta didik, memberi umpan balik tentang tingkat pemahaman yang sudah dicapai peserta didik.
Mengevaluasi Pengalaman
  • Peserta didik memamerkan kumpulan foto di kelas tentang kegiatan pada waktu senggang/hobi yang dilakukan anggota keluarga
  • Peserta didik saling berkunjung ke kelompok lain
  • Peserta didik menilai karya kelompok lain
  • Penguatan dari guru







R-3.2a
 
Rubrik Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran
Pada Pembelajaran Bahasa Arab

Rubrik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan peserta pelatihan dalam merancang contoh penerapan pendekatan saintifik dan model pembelajaran pada pembelajaran bahasa Arab.

Langkah-langkah penilaian hasil analisis
  1. Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -3.2a
  2. Berikan nilai pada rancangan sesuai dengan penilaian Anda terhadap hasil rancangan peserta

PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik  ( AB)
90 <AB ≤ 100
1.       Identitas: topik, sub topik, KD dan indikator pencapaian kompetensi dan alokasi waktu lengkap dan benar
2.       Kegiatan mengamati,menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengomunikasikan sesuai dengan topik/sub topik, KD, indikator dan alokasi waktu
3.       Kegiatan mengamati,menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengomunikasikan lengkap, sistematis dan logis atau benar secara konsep
Baik (B)
80 < B ≤ 90
 Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
70 < C ≤ 80
 Ada 1 aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤70
 Ketiga aspek kurang sesuai

Penilaian LK- 3.2a 1-4
PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
90 < AB ≤ 100
1.    Identitas: topik, sub topik, KD dan tujuan pembelajaran dan alokasi waktu lengkap dan benar
2.    Kegiatan pada tahapan model pembelajaran sesuai dengan topik/sub topik, KD, tujuan dan alokasi waktu
3.    Kegiatan pada tahapan model pembelajaran lengkap, sistematis dan logis (sesuai dengan sintak atau tahapan pembelajaran)
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
70 < C  ≤ 80
Ada 1 aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
Ketiga aspek kurang sesuai




Post a Comment for "Bagaimana Penerapan Saintifik Pada Bahasa Arab?"