//verifikasi //verifikasi Gejala Penyakit Tuberculosis - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Penyakit Tuberculosis



Tuberculosis dapat menyerang binatang baik mamalia maupun unggas. Dengan demikian, manusia juga dapat dengan mudah diserang bakteri ini. Tidak banyak kasus TBC yang menyerang hewan seperti pada kasus yang mneyerang manusia, terutama pada orang-orang yang tinggal di daerah yang bersanitasi buruk.
Apabila penderita tidak dapat tertolong lagi, pada tubuhnya akan ditemukan hal-hal sebagai berikut.
1.       Pada sapi akan ditemukan benjolan dalam paru-paru, pleura, hati, limfa dan kadang-kadang juga pada kulit dan tulang. Di Indonesia TBC pada sapi banyak menyerang sapi perah.
2.       Pada ternak babi juga dapat ditemukan benjolan-benjolan pada kelenjar limfe terutama di daerah leher, hati, paru, dn limpa.
3.       Pada unggas benjolan-benjolaan ini ditemukan dalam hati, paru-paru, limpa, usus, tulang persendian, dan ginjal.
4.       Kuda yang terinfeksi TBC akan menunjukkan gejala kulit dan rambutnya kusust serta penurunan berat badan.
5.       TBC pada anjing justru karena tertular dari manusia. Anjing jantan lebih mudah diserang TBC daripada anjing betina. Oleh karena itu, penyakit ini bersifat antropozoonosis karena dapat menular dari hewan ke manusia begitu pula sebaliknya.
Sapi yang terserang TBC tidak menunjukkan gejala yang jelas pada waktu penyakit tersebut belum parah. Penyakit tersebut akan terlihat ketika keadaan hewan yang bersangkutan sudah mulai parah. Tanda-tanda tersebut antara lain berkurang nafsu makan dan pembengkakan kelenjar limfe, terutama pada permukaan tubuh sehingga benjolan tersebut mudah teraba. Gejala ini hampir umum ditemukan pada hewan atau manusia yang terinfeksi bakteri TBC.
Apabila sudah parah, pendertia TBC akan menunjukan gejala penurunan kondisi tubuh sehingga tubuh menjadi lemah, tidak memiliki nafsu makan, susah bernafas, dan muncul demam yang kadang kala naik tetapi kadang-kadang turun dengan sendirinya, selain itu, gejala lain yang muncul yaitu berupa penggerasan kelenjar susu. Adapun gejala lain yang muncul pada unggas yaitu berupa penonjolan tulang dada, pial yang berearna pucat, serta pembengkakan sendi yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan diare.
Tuberculossi yang menyerang manusia umumnya menyerang paru-paru. Gejala-gejala yang tmbul terutama berupa batuk serta dahak yang disertai darah. Sebelum menunjukkan gejala tersebut, biasanya didahului dengan gejala-gejala seperti hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan secara drastis, mudah lemah, dan merasa kedinginan

Post a Comment for "Gejala Penyakit Tuberculosis "