//verifikasi //verifikasi Jawaban Latihan Uji Kompetensi Sejarah Kelas 12 Semester 1 - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jawaban Latihan Uji Kompetensi Sejarah Kelas 12 Semester 1



      1.      Tuliskan contoh konflik di Indonesia yang berkait dengan vested interest, yang terjadi antara tahun 1948-1965. Jelaskan!
Pemberontakan APRA
ditandai dengan adanya friksi dalam tubuh Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS) antara tentara pendukung federalis (KNIL/KL) dengan pendukung unitaris (TNI).
Peristiwa Andi Aziz
Pemberontakan dibawah pimpinan Andi Aziz  ini terjadi di Makassar diawali dengan adanya kekacauan di Sulawesi Selatan pada bulan April 1950. Kekacauan tersebut terjadi karena adanya demonstrasi dari kelompok masyarakat yang anti-federal, mereka mendesak NIT segera menggabungkan diri dengan RI.
Peristiwa RMS
Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) yang dipimpin oleh Mr. Dr. Christian Robert Steven Soumokil (mantan jaksa agung NIT) merupakan sebuah gerakan sparatisme yang bertujuan bukan hanya ingin memisahkan diri dari NIT melainkan untuk membentuk Negara sendiri terpisah dari RIS.
      2.      Jelaskan perbedaan latar belakang terjadinya pemberontakan DI/TII di Jawa Barat dengan DI/TII Aceh!
DI/TII sempat menguasai Jawa Barat setelah Divisi Siliwangi hijrah ke Jawa Tengah akibat Perjanjian Renville. Namun, Kartosuwirjo bersama empat ribu tentaranya tetap bertahan. Beliau bahkan mengobarkan perang suci melawan Belanda. Pada tanggal 25 Januari 1949 terjadi kontak senjata antara DI/TII dengan TNI.
Gerakan DI/TII di Aceh dipimpin oleh oleh Daud Beureuh. Latar belakang gerakan ini terjadi saat Indonesia kembali ke negara kesatuan pada tahun 1950. Beureuh tidak puas dengan status Aceh yang hanya menjadi satu keresidenan di bawah Provinsi Sumatra Utara. Hal ini dianggap mengurangi kekuasaannya.
      3.      Jelaskan, mengapa sebagian pasukan KNIL tidak mau bergabung ke dalam APRIS sesuai dengan keputusan yang diambil dalam perundingan KMB!
Karena dahulunya KNIL dan TNI mempunyai hubungan yang kurang baik. Jadi KNIL tidak mau bekerja sama dengan TNI dalam organisasi APRIS, namun mereka menginginkan kalau KNIL tetap menjadi aparat negara bagian.
      4.      Tuliskan pendapat kamu mengenai persamaan atau perbedaan antara latar belakang terjadinya aneka pemberontakan pada periode 1948-1965, dengan beberapa konflik pusat-daerah pada masa sekarang!
Menurut saya, pemberontakan yang dulu dan sekarang itu didasari dengan penyebab yang hampir sama yaitu rasa ketidakpuasan terhadap kebijakan ataupun  kinerja dari pemerintah itu sendiri. Namun, mereka yang dulu menyuarakan ketidak setujuannya itu dengan langsung melaksanakan serangan bahkan memprovokasikan semua orang untuk ikut andil dalam serangan tersebut tanpa membicarakan secara baik-baik dengan pemerintah. Sedangkan di era sekarang masyarakat menyuarakan ketidak setujuannya itu dengan berdemokrasi, karena pada dasarnya Indonesia adalah negara demokrasi, semua masyarakat berhak menyuarakan suaranya.
      5.      Tuliskan 5 hikmah yang bisa diambil dari pergolakan yang pernah terjadi di Indonesia pada periode 1948-1965!
·         Menyuarakan ketidaksetujuan dengan cara damai yaitu berdemokrasi bukan malah langsung menyerang.
·         Dalam berjuang kita harus memiliki tekad dan kemauan yang kuat agar sesuatu yang kita perjuangkan itu dapat terpenuhi.
·         Tidak gegabah dalam mengambil keputusan agar tidak terjebak.

Post a Comment for "Jawaban Latihan Uji Kompetensi Sejarah Kelas 12 Semester 1"