//verifikasi //verifikasi MENYULAP” LIMBAH SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN KERAJINAN ( Disusun Sebagai Laporan Dalam Mengkaji Pemanfaatan Limbah Yang Dapat Digunakan Sebagai Bahan Baku Dalam Pembuatan Berbagai Produk Kerajinan Hiasan ) - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENYULAP” LIMBAH SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN KERAJINAN ( Disusun Sebagai Laporan Dalam Mengkaji Pemanfaatan Limbah Yang Dapat Digunakan Sebagai Bahan Baku Dalam Pembuatan Berbagai Produk Kerajinan Hiasan )

MENYULAP” LIMBAH SEBAGAI BAHAN BAKU
PEMBUATAN KERAJINAN

( Disusun Sebagai Laporan Dalam Mengkaji Pemanfaatan Limbah Yang Dapat Digunakan Sebagai Bahan Baku Dalam Pembuatan Berbagai Produk Kerajinan Hiasan )

Limbah disulap menjadi kerajinan



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Di mana masyarakat bermukim, di sanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water).Limbah padat lebih dikenal sebagai sampah, yang seringkali tidak dikehendaki kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis.Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia Senyawa organik dan senyawa anorganik.Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia, sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah.Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah.
Limbah merupakan salahsatu hasil dari suatu kegiatan atau proses.
Limbah,   berdasarkan   wujudnya   dapatdibagi menjadi limbah padat, cair,dan gas. Salah satu dari kegiatan industri atau rumahtangga  dapat  menghasilkan  lebih  dariLimbah berasal dari kegiatan rumah tangga danindustri, termasuk industri pertanian, perkebunan, dan kehutanan satu macam limbah padat.
Contohnya, dari kegiatan di pabrik garmen yang memproduksi pakaian, dihasilkan limbah berupa sisa potongankain dengan berbagai ukuran, sisa benang, dan sisa selongsong benangyang terbuat dari karton atau plastik.Kegiatan rumah tangga jugamenghasilkan limbah seperti limbah botol plastik, limbah kertas, barang-barang yang belum tentu punya terpakai, termasuk limbah kain atau baju yang sudah tidak dapat dipakai lagi.
Kegiatan  yang  menghasilkan  limbah  dapat  dibedakan  menjadi
kegiatan di rumah tangga dan di industri. Kegiatan sehari-hari di
rumah tangga menghasilkan jenis-jenis limbah, diantaranya kemasan
makanan, kemasan bahan pembersih, alat rumah tangga yang sudah
rusak, dan pakaian bekas. Kegiatan di industri menghasilkan limbah yang  khas  tergantung  dari  industrinya.Limbah yang dihasilkan industri biasanyaberjumlah  banyak  dengan  bentuk,  danukuran yang serupa. Limbah padat yangdihasilkan rumah tangga lebih beragam
baik  dari  jenis,  bentuk  dan  ukurannya.Limbah industri maupun limbah rumahtangga  yangmemiliki  banyak potensi  untuk  dibuat
kerajinan hiasan. 
Untuk itu, guna meminimalisirir dampak dari banyaknya limbah yang ada di lingkungan sekitar, maka dari itu penulis mengajak akan perlunya pemanfaatan limbah yang dapat mengurangi pencemaran terhadap lingkungan dengan cara menjadikan limbah-limbah yang ada di lingkungan sekitar untuk “disulap” menjadi barang yang lebih bermanfaat dan lebih bernialai ekonomis. Diharapkan nantinya akan terbentuk kesadaran untuk menjaga lingkungan yang bermula dari adanya proses pemanfaatan limbah yang ada lingkungan sekitar.
            `
B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari karya tulis ini, yaitu :
1.      Apa saja produk kerajian hiasan berbahan baku limbah?
2.      Apa saja bahan baku limbah yang dapat dijadikan produk kerajinan?
3.      Apa saja keuntungan dari pemanfaatan limbah sebagai bahan baku dalam pembuatan suatu kerajinan?
4.      Apa saja contoh dari pemanfaatan limbah sebagai bahan baku dalam pembuatan suatu kerajinan?





C.    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan karya tulis ini, yaitu :
1.      Untuk mengetahui apa saja produk kerajian hiasan berbahan baku limbah.
2.      Untuk mengetahui apa saja bahan baku limbah yang dapat dijadikan produk kerajinan.
3.      Untuk mengetahui apa saja keuntungan dari pemanfaatan limbah sebagai bahan baku dalam pembuatan suatu kerajinan.
4.      Untuk mengetahui apa saja contoh dari pemanfaatan limbah sebagai bahan baku dalam pembuatan suatu kerajinan.

D.    Manfaat Penulisan
Adapun manfaat dalam penulisan karya tulis ilmiah ini, yaitu :
1.      Bagi masyarakat, diharapkan agar dapat memanfaatkan limbah guna mengurangi pencemaran yang ada di lingkungan sekitar melalui bantuan karya tulis ini.
2.      Bagi siswa, diharapkan agar dapat menerapkan karya tulis ini dalam kehidupan sehari-hari untuk serta dapat mengembangkan karya tulis ini menjadi inovasi-inovasi yang lebih menarik.
3.      Bagi guru, diharapkan agar dapat menjadikan karya tulis ini sebagai bahan masukan dalam proses belajar mengajar agar tercipta pembelajaran yang bermanfaat dengan memanfaatkan limbah untuk dapat diolah sebagai produk hiasan kerajinan.









BAB II
Metodelogi Penulisan


A.    Jenis Penulisan
Jenis penulisan yang digunakan oleh penulis pada karya tulis ini adalah deskriptif analisis, yakni dengan mendeskripsikan dan mengkaji mengenai produk kerajian hiasan berbahan baku limbah, bahan baku limbah yang dapat dijadikan produk kerajinan, keuntungan dari pemanfaatan limbah sebagai bahan baku dalam pembuatan suatu kerajinan, serta contoh dari pemanfaatan limbah sebagai bahan baku dalam pembuatan suatu kerajinan.

B.     Waktu dan Tempat Penulisan
Penulisan dilakukan pada bulan Juli 2016 dan bertempat di SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III.

C.    Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan penulis dalam karya tulis ini adalahdengan menggunakan metode studi pustaka, yaitu dengan mengumpulkan data-data melalui buku-buku dan internet. Studi pustaka dilakukan untuk menambah data agar lebih lengkap. Data-data diperolah melalui media cetak, seperti buku-buku dan media elektronik seperti melalui internet.

D.    Metode Analisis Data
Pada metode analisis data, penulis menggunakan analisis kualitatif, yaitu memperoleh data-data dengan mengumpulkan informasi dari berbagai  sumber, seperti buku-buku dan media massa yaitu internet.


BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN


A.    Apa Saja Produk Kerajian Hiasan Berbahan Baku Limbah?
Kerajinan menampilkan keindahan yang dihasilkan oleh keterampilan tangan dari proses pembuatannya. Salah satu produk kerajinan yang daoat dikembangkan adalah produk hiasan.Produk hiasan dapat dijumpai diberbagai tempat.Berdasarkan penempatannya, produk hiasan dapat ditemui di dalam rumah (interior) dan di luar rumah (eksterior).Hiasan yang digunakan di dalam rumah, sering disebut sebagai elemen estetis interior.
Produk hiasan adalah produk yang memiliki fungsi hias.Beberapa produk hiasan lainnya di samping memiliki fungsi hias, juga memiliki fungsi pakai.Contohnya, kerajinan kincir angin.Selain memiliki fungsi hias, juga memiliki fungsi pakai yaitu mengetahui kecepatan angin. Contoh lain, bingkai foto. Memiliki fungsi hias, tetapi juga memiliki fungsi pakai, yaitu untuk memajang foto.
Setiap produk yang dipakai pada dasarnya memiliki nilai estetika, hanya saja nilainya berbeda dengan produk yang memang mengutamakan nilai estetika. Contoh, gelas kaca yang biasa digunakan untuk acara khusus akan memiliki nilai estetika lebih tinggi dari gelas kaca yang digunakan untuk minum sehari-hari.
Produk dapat disebut sebagai hiasan apabila memiliki niali estetik (keindahan).Keindahan dapat dihasilkan dari pengolahan material untuk menghasilkan bentuk, warna, dan tekstur yang indah.Limbah dapat memiliki nilai estetik, tentunya harus melalui pengolahan yang kreatif terlebih dahulu.Beberapa bahan limbah yang dapat dijadikan produk hiasan, yaitu kaleng, plastic, kaca, kulit telur, batok kelapa, kulit kerang, dan kertas.
Produk hiasan harus memiliki nilai estetisyang tinggi.Nilai estetis dapat dihasilkan dengan kemampuan mengolah materialsesuai dengan karakteryang dimiliki olehmaterial tersebut.Karakter material danpeluang   pengolahannya   berbeda-bedabergantung pada jenis, sifat dasarbahan,bentuk,   dan   ukurannya.Pengolahan bahan  baku  produk  hiasan  juga  perlu memperhatikan    warna    dan    tekstur dari  limbah  yang  akan  digunakan  agar diperoleh kualitas produk yang baik.
Kekayaan alam dan budaya Indonesia merupakan modal munculnya keberagaman produk kerajinan Indonesia.Kerajinan Indonesia yang unik dan memiliki ciri khas daerah setempat menjadi acuan yang dapat menjadi penyemangat dalam mengolah kerajinan dari bahan limbah organik ini.Sejak dahulu rakyat Indonesia telah menggunakan produk kerajinan sebagai alat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, dan ritual.Kini kerajinan berfungsi juga sebagai hiasan baik interior maupun ekterior.Berdasarkan pengetahuan terhadap limbah dan juga pengamatan kebutuhan masyarakat maka kerajinan dari bahan dasar limbah dapat dibuat dengan berbagai bentuk dan fungsinya.

B.     Apa Saja Bahan Baku Limbah Yang Dapat Dijadikan Produk Kerajinan?
Bahan baku adalah bahan yang digunakan dalam membuat produk di mana bahan tersebut secara menyeluruh tampak pada produk jadinya (atau merupakan bagian terbesar dari bentuk barang). Sedangkan biaya bahan baku adalah seluruh biaya untuk memperoleh sampai dengan bahan siap untuk digunakan yang meliputi harga bahan, ongkos angkut, penyimpanan dan lain–lain.
1.      Material dan Bentuk Limbah
Limbah adalah sisa suatu usaha/kegiatan.Berdasarkan wujudnya, limbah dapat dibedakan menjadi limbah padat, cair, dan gas.Suatu kegiatan industri/rumah tangga dapat menghasilkan lebih dari 1 macam limbah.Contohnya pabrik garmen yang memproduksi pakaian, limbahnya dapat berupa sisa potongan kain, sisa benang, sisa selongsongan benang.
Kegiatan yang menghasilkan limbah padat dapat dibedakan menjadi kegiatan di rumah tangga dan di industri.Kegiatan sehari-hari di rumah tangga dapat menghasilkan berbagai jenis limbah, sedangkan limbah yang dihasilkan industri cenderung berjumlah banyak dengan bentuk, dan ukuran yang serupa.Limbah industri maupun rumah tangga memiliki potensi untuk dibuat kerajinan hias.Produk hiasan harus memiliki nilai estetis yang dapat dihasilkan dengan kemampuan mengolah material sesuai dengan karakter material tersebut.
2.      Bahan Utama dan Bahan Pendukung
Sebuah produk hiasan pada umumnya terdiri atas bahan utama dan pendukung.Bahan utama adalah yang mempunyai nilai estetik, sedangkan bahan pendukung yang berfungsi untuk kontruksi.Contohnya, perhiasan kalung dari limbah plastik, plastik sebagai bahan utama, dan benang/kawat yang menjadi bahan pendukung.Bingkai foto dari kulit kerang, menggunakan bahan pendukung kayu untuk kontruksinya. Bahan baku limbah yang terbuat dari material solid seperti logam, kaca, plastik, atau kayu, dapat digunakan untuk penghias sekaligus kontruksinya.
3.      Bahan Baku Limbah di Lingkungan Sekitar
Limbah padat memiliki potensi menjadi bahan baku untuk wirausaha produk kerajinan. Setiap daerah memiliki potensi sumber bahan baku limbah yang berbeda-beda. Contohnya, beberapa daerah pantai memliki limbah kerang laut, daerah penghasil minyak kelapa memiliki limbah tempurung kelapa.Tapi, ada limbah yang terdapat hampir di seluruh tempat di Indonesia, seperti kulit jagung, daun kering, plastik, tulang, dan kulit hewan.Setiap kegiatan dapat menghasilkan limbah. Perhatikan lingkungan sekitar untuk mengetahui potensi bahan baku apa yang dimiliki. Limbah tersebut bisa jadi saat ini menjadi sampah dan belum dimanfaatkan.






C.    Apa Saja Keuntungan Dari Pemanfaatan Limbah Sebagai Bahan Baku Dalam Pembuatan Suatu Kerajinan?
Keuntungan dari pemanfaatan limbah untuk dapat dijadikan produk hiasan yakni sebagai berikut.
a.       Dapat mendatangkan peluang berupa pekerjaan bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan dengan adanya pemanfaatan limbah, maka peluang yang berupa pekerjaan sambilan akan dapat menjadi nilai tambah tersendirinya bagi masyarakat yang mengelola limbah tersebut.
b.      Menghasilkan uang. Dengan adanya pemanfaatan limbah, maka hal itu akan dapat menghasilkan uang karena terciptanya nilai ekonomis yang lebih tinggi pada produk hiasan yang dibuat.
c.       Menciptakan barang jenis baru. Pemanfaatan limbah dapat menjadikan barang yang pada awalnya tidak memiliki nilai jual menjadi barang yang bernilai ekonomis tinggi.
d.      Terwujudnya lingkungan yang lebih terlestari karena memanfaatkan limbah yang ada di lingkungan sekitar. Dengan adanya pemanfaatan limbah, maka lingkungan sekitar akan dapat lebih terlestari karena memanfaatkan limbah yang ada di lingkungan sekitar yang dapat mengurangi jumlah sampah.
e.       Mewujudkan kreatifitas bagi si pengelola limbah. Pemanfaatan limbah dapat menambah kreatifitas bagi si pengelola limbah, mengingat bahwa dengan nilai kreatifitas pula, si pengelola akan dapat membuat produk hiasan menjadi bernilai ekonomis yang lebih tinggi.

D.    Apa Saja Contoh Dari Pemanfaatan Limbah Sebagai Bahan Baku Dalam Pembuatan Suatu Kerajinan?
Berikut akan diuraikan mengenai proses pembuatan suatu produk hiasan yang berasa dari limbah. Produk ini berupa tempat pensil dari sendok plastik.Produk ini merupakan produk yang memanfaatkan limbah anorganik guna menciptakan suatu barang yang lebih bernilai ekonomis.
Bahan-bahan yang diperlukan dalam proses pembuatannya, yaitu sebagai berikut.
http://1.bp.blogspot.com/-aLpGsQieUls/Vp-fWRUQ6iI/AAAAAAAAAD8/5tEM6GHr9_c/s1600/gelas.jpghttp://2.bp.blogspot.com/-_UvgBABxXl0/Vp-d_9lE2mI/AAAAAAAAACQ/Pm9yMhAaGNk/s1600/sendok.jpg








Text Box: Pewarna(Cat Poster dan Kuas)
Text Box: Sendok Plastik
 




http://2.bp.blogspot.com/-Y9HfAjHFIgc/Vp-el4z9suI/AAAAAAAAAD0/CJ2ZUSb90xQ/s1600/lem%2Buhu.jpg








Text Box: Gelas Plastik Text Box: Lem UHU
 







CARA PEMBUATAN


http://2.bp.blogspot.com/-_UvgBABxXl0/Vp-d_9lE2mI/AAAAAAAAACQ/Pm9yMhAaGNk/s1600/sendok.jpg1.     Siapkan sendok plastik


    







2.      Patahkan batang dengan bagian ujung sendok
http://1.bp.blogspot.com/-YKhhJ0n2uPE/Vp-emCelMGI/AAAAAAAAADM/Lu9qzj3dNCA/s320/patah.jpg





      
http://2.bp.blogspot.com/-JxRh1dapcsw/Vp-enARK77I/AAAAAAAAADo/TQjfG_blJpM/s320/ujung.jpg3.      Cat bagian ujung sendok dengan cat poster


      




4.      Tempelkan ujung sendok pada sisi gelas plastik menggunakan lem
http://1.bp.blogspot.com/-3eWo315VZW0/Vp-f5V9SD3I/AAAAAAAAAEQ/gtFmC20PUhE/s320/uwawww.jpghttp://2.bp.blogspot.com/-P1iAlNhMdr4/Vp-f5HReUVI/AAAAAAAAAEI/2iFq7eQJ1MU/s320/uwaww.jpghttp://3.bp.blogspot.com/-JWhUUwOgGN4/Vp-f4tVFkBI/AAAAAAAAAEE/PKKSfUgDJmY/s320/uwaw.jpg








http://3.bp.blogspot.com/-3IdlxiJ2liU/Vp-gDfI7I8I/AAAAAAAAAEc/TMJ9cIolCz0/s320/jadi.jpg5.      Pengerjaan pun selesai






HASIL PRODUKSI
http://2.bp.blogspot.com/-AndxuHfOy28/Vp-gJ-zW9RI/AAAAAAAAAEk/0HIyZjIcdPc/s320/kelar.jpghttp://4.bp.blogspot.com/-p5s7SbSSv9E/Vp-gKoaY-tI/AAAAAAAAAEs/YIFz2baLZKA/s320/busett.jpg




                                                





















BAB IV
SIMPULAN DAN SARAN


A.    Simpulan
Adapun beberapa simpulan dalam karya tulis ini, yakni sebagai berikut.
1.      Produk hiasan dapat dijumpai diberbagai tempat. Berdasarkan penempatannya, produk hiasan dapat ditemui di dalam rumah (interior) dan di luar rumah (eksterior).
2.      Bahan baku limbah untuk kerajinan terdiri dari material dan bentuk limbah, bahan utama dan bahan pendukung, serta bahan baku limbah di lingkungan sekitar.
3.      Keuntungan dari pemanfaatan limbah yang dapat diolah menjadi produk hiasan yaitu dapat mendatangkan peluang berupa pekerjaan bagi masyarakat, menghasilkan uang, menciptakan barang jenis baru, terwujudnya lingkungan yang lebih terlestari karena memanfaatkan limbah yang ada di lingkungan sekitar, mewujudkan kreatifitas bagi si pengelola limbah.
4.      Contoh pemanfaatan limbah untuk diolah menjadi produk kerajinan yaitu terdapat pada proses pembuatan tempat pensil yang terbuat dari sendok plastik.

B.     Saran
1.      Bagi pemerintah diharapkan agar dapat memberikan suatu pengarahan kepada masyarakat luas untuk menyadari betapa pentingnya menjaga kondisi lingkungan agar tetap terlestari melalui pemanfaatan limbah yang ada di lingkungan sekitar.
2.      Bagi masyarakat diharapkan agar dapat menumbuhkan kesadaran dalam jiwa betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan melalui pemanfaatan limbah untuk dapat dikelola menjadi produk hiasan yang lebih bernilai jual tinggi.
3.      Bagi pelajar diharapkan dapat memberikan contoh kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar demi menjaga kondisi lingkungan agar tidak semakin memburuk dengan memanfaatkan limbah yang ada di lingkungan sekitar untuk dapat disulap menjadi barang yang lebih bernilai.





















DAFTAR PUSTAKA


Anonim.2016.Kerajinan Dari Limbah dalamhttp://pkwuelsa.blogspot.co.id/ (diakses : Juli 2016).

Anonim.2016.Bahan Baku Limbah Untuk Kerajinan dalam http://www.kompi.xyz/2016/01/bahan-baku-limbah-untuk-kerajinan.html (diakses : Juli 2016).


Anonim.2016.Bahan Baku Limbah Untuk Kerajinan dalam http://www.kompi.xyz/2016/01/bahan-baku-limbah-untuk-kerajinan.html (diakses : Juli 2016).

Anonim.2016.Pengertian Limbah dalamhttps://id.wikipedia.org/wiki/Limbah (diakses : Juli 2016).

Anonim.2016.Pengertian Bahan Baku Dalam Pembuatan Suatu Produk dalamhttps://id.wikipedia.org/wiki/BahanBaku  (diakses : Juli 2016).

Suci, Paresti, dkk.2015.Prakarya Dan Kewirausahaan.Jakarta.Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.



Copas boleh, asalkan mencantumkan sumbernya....!

Post a Comment for "MENYULAP” LIMBAH SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN KERAJINAN ( Disusun Sebagai Laporan Dalam Mengkaji Pemanfaatan Limbah Yang Dapat Digunakan Sebagai Bahan Baku Dalam Pembuatan Berbagai Produk Kerajinan Hiasan )"