//verifikasi //verifikasi Pentingnya Memahami Dan Menerapkan Bahasa Arab - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Memahami Dan Menerapkan Bahasa Arab

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Madrasah                     : SMK MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA
Mata Pelajaran             : Bahasa Arab
Kelas/Semester                        : XI / Ganjil
Materi Pokok               : مهارة الكتابة
Tema                           : الأسرة
AlokasiWaktu              :  1 X 45 Menit


A.     Kompetensi Dasar dan Indikator
3.1. Memahami cara menulis kalimat terkait topik keluarga (الأسرة) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
Indikator:
3.1.1. Mengidentifikasi kalimat sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar untuk mengungkapkan informasi terkait tema الأسرة


4.1. Menyusun teks  tulis sederhana untuk  meminta perhatian, mengecek pemahaman, meminta izin, memuji, dan cara meresponnya terkait topik keluarga   (الأسرة) .
Indikator :
4.1.2.  Merumuskan  kalimat sederhana  sesuai konteks dengan tepat dan lancar untuk mengungkapkan informasi terkait tema  الأسرة
4.1.2. Menyusun  kalimat sederhana  sesuai konteks dengan tepat dan lancar untuk mengungkapkan informasi terkait tema  الأسرة


B.     Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.    Mengidentifikasi kalimat sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar untuk mengungkapkan informasi terkait tema الأسرة
2.    Merumuskan kalimat sederhana  sesuai konteks dengan tepat dan lancar untuk mengungkapkan informasi terkait tema  الأسرة
3.    Menyusun kalimat sederhana  sesuai konteks dengan tepat dan lancar untuk mengungkapkan informasi terkait tema  الأسرة

C.     Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
Materi Fakta           : Teks Wacana الأسرة


D.     MetodePembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
a.   Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik
b.   Metode            : demonstrasi dan penugasan

E.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media  : Papan tulis, kertas karton, dan spidol

Alat      : Buku paket hal 8,9 dan hal 14

Bahan :Materi  belajar hal 14

SumberBelajar:
Buku : اللغة العربية
o    Karangan Zakiyah Arifa, M.Pd dan Nadia Afiati, S.S
Pelajaran Bahasa Arab SMA dan sederajat , Malang 2012

F.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pendahuluan
1.     Memberikan salam dan berdoa sebagai implementasi nilai relegius, Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2.     Mengondisikan kelas dan pembiasaan sebagai implementasi nilai disiplin.
3.     Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.     Apersepsi, memotivasi, dan penyampaian tujuan pembelajaran
5 menit
Kegiatan Inti
A.   Mengamati
1.    Peserta didik mengamati dan mencermati teks
B.    Menanya
1.      Siswa mampu menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang diberikan
C.    Mencoba
1.        Peserta didik mencontohkan, menjelaskan dan mengidentifikasi kata, frase dan kalimat
2.        Peserta didik menuliskan dan berlatih melafalkan kata, frase dan kalimat
D.  Menalar
1.      Secara individu peserta didik mengkaji teks yang ditampilkan
E.    Mengkomunikasikan
1.        Peserta didik mendemonstrasikan/ mempresentasikan hasil kerjanya secara tulisan di depan kelas
30 menit
Kegiatan Penutup
1.     Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.     Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
3.     Peserta didik dan Pendidik merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit






G.                 Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi/ Aspek Yang Dinilai
Teknik Penilaian
Bentuk/jenis
Instrumen
a. Sikap :
-        Observasi ( proses ),
-        Antar teman sebaya,
-        Diri sendiri
-        Jurnal ( setelah akhir pertmuan KD )

b.Pengetahuan

-        Mensuplai jawaban : melengkapi, jawaban singkat/uraian



-        Penugasan menjadi portofolio



c.          Keterampilan: Produk tertulis

 

1.     Mensyukuri nikmat Allah berupa kemampuan berbicara dengan baik dan lancar
2.     Mensyukuri kemampuan mengungkapkan gagasan dan ide dengan pembicaraan yang baik sehingga bisa dimengerti orang lain
3.     Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman
4.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman

Non tes







Tes



Tes

Observasi







Pengamatan



Essay



Uraian
Pedoman observasi:






-اكتب المعلومات لأسرتك

-اكتب التقرير عن أسرتك


- كون جملة مفيدة كما في المثال
1.        Mengidentifikasi kalimat sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar untuk mengungkapkan informasi terkait tema الأسرة
2.        Menulis kalimat sederhana  sesuai konteks dengan tepat dan lancar untuk mengungkapkan informasi terkait tema  الأسرة
3.        Menyusun kalimat sederhana  sesuai konteks dengan tepat dan lancar untuk mengungkapkan informasi terkait tema  الأسرة


Pedoman observasi:Lembar pertanyaan


       Penilaian Pembelajaran
1. Jenis/teknik penilaian        : Tes dan Non Tes
2. Bentuk instrumen              : uraian dan Pengamatan
3. Instrumen                          : Terlampir

a. Penilaian Sikap
Indikator perkembangan karakter santun dan peduli :
1.    BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan sikap santun dan peduli
2.    MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada sikap santun dan peduli tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.    MB (mulai berkembang) jika menunjukkan sikap yang santun dan peduli yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.    MK (membudaya) jika menunjukkan adanya sikap yang santun dan peduli secara terus-menerus dan ajeg/konsisten

Bubuhkan tanda ceklis pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Santun
Peduli
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.
H. Syamsul Hadi








2.
Murniati








3
Diana








4
M. Yani








5
Ali Shadiq








6
Mar Arif








7
Arifaturrahman








8
Zainul Iskandar





















b. Penilaian Performansi
No.
Aspek Yang Dinilai
Skor
1
Kerapihan Penulisan
1 – 4
a. Penulisannya sudah sesuai dan tepat
4
b. Penulisannya cukup sesuai dan cukup tepat
3
c. Penulisannya kurang sesuai dan kurang tepat
2
d. Penulisannya tidak sesuai dan tidak tepat
1
2
Ketepatan Jawaban dan Penulisan
1 – 4
a. Jawaban dan penulisannya sudah sesuai dan tepat
4
b. Jawaban dan penulisannya cukup sesuai dan cukup tepat
3
c. Jawaban dan penulisannya kurang sesuai dan kurang tepat
2
d. Jawaban dan penulisannya tidak sesuai dan tidak tepat
1
d. Penyampaian ungkapan tidak lancar dan tidak jelas
1

SKOR MAKSIMAL
8

4. Pedoman penskoran :
Nilai Akhir = Jumlah Nilai Perolehan X 100  = ................. X 100 = ..........
                            Jumlah Skor Maksimal                       8

Mengetahui                                                    Jakarta,  14 Juli 2014
Kepala SMK Muhammadiyah 1                   Guru Mapel Bahasa Arab


Sarju Susanto, S.Pd.,MM.                            Tamim Hamzah S.PdI
NIP ......................                                           NIP .....................








Lampiran instrumen dan kunci jawaban:

-اكتب المعلومات لأسرتك  في الجدول الآتي!

الوضع في الأسرة
أب
أم
أخ
أخت
عم
جد
جدة
الاسم
علي
سنتا
بودي
واتي
مامان
طه
أمينة
المهنة
موظف
مدرسة
طالب
طالبة
مدرس
مفرغ
مفرغة
الصفة
مجتهد
مجتهدة
مطيع
مطيعة
مجدَ
محسن
محسنة
الهواية
الرياضة
قراءة
كرة القدم
مراسلة
قراءة
تلاوة
الطبخ
Jawaban disesuaikan dengan isian siswa secara pengamatan depan kelas



-اكتب التقرير عن أسرتك مستعينا بالجدول السابق وبالمثال الآتي!

المثال: أبي اسمه عبدالله. هو أب مجتهد. يعمل أبي في السوق وهو يحب العمل
          أمي اسمها عائشة هي ربة البيت. تعمل أمي في البيت. وهي تحب الطبخ.
Jawaban disesuaikan dengan nama orang tua siswa masing-masing serta hobinya.



- كون جملة مفيدة كما في المثال!

الرقم
الكلمة
الجملة
مثال
أسرة
هذه صورة أسرتي. أسرتي سعيدة
1
جد
هذه صورة جدي. جدي سعيد
2
مدرس
هذه صورة مدرسي. مدرسي سعيد
3
طالب
هذه صورة طالبي. طالبي سعيد
4
أخت
هذه صورة أختي. أختي سعيدة
5
عمة
هذه صورة عمتي. عمتي سعيدة







TUGAS

PEMBUATAN RPP MATA PELAJARAN  BAHASA ARAB
KURIKULUM 2013
TINGKAT SMK

UNTUK UJIAN PEER TEACHING
PADA PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG) TAHAP 4
SAWANGAN GOLF – DEPOK






DIBUAT OLEH:


NAMA                           : TAMIM HAMZAH, S.Pd.I
NO. PESERTA              : 14016016711590

SMK MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA

TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Post a Comment for "Pentingnya Memahami Dan Menerapkan Bahasa Arab"