//verifikasi //verifikasi Perlunya Perancangan Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Arab - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perlunya Perancangan Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

LK-3.3
 
Perancangan Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Tujuan Kegiatan:        Melalui kegiatan ini diharapkan peserta mampu merancang instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran bahasa Arab.

Langkah Kegiatan  :

1.       Cermati contoh-contoh pengembangan instrumen penilaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan serta lembar kerja perancangan instrumen penilaian, diskusikan dalam kelompok!
2.       Pilihlah satu subtopik/submateri/subtema untuk dari satu KD, sebaiknya dipilih sesuai dengan subtopik/submateri/subtema yang telah dibahas oleh kelompok Anda sebelumnya
3.       Rancanglah contoh intrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan pada format untuk masing-masing bentuk penilaian.
4.       Presentasikan hasil kerja kelompok Anda
5.       Perbaiki rancangan instrumen penilaian jika ada saran atau usulan perbaikan

1.  Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap
a.       Penilaian Kompetensi Sikap Melalui Observasi

Penilaian Sikap Kegiatan Praktikum/Diskusi

Mata Pelajaran       
:
_______________________________________
Kelas/Semester      
:
_______________________________________
Kompetensi Dasar 
:
_______________________________________
Topik/Subtopik
:
_______________________________________
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
_______________________________________
               
Instrumen:
                                          

                                            
b.       Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri

Mata Pelajaran       
:
_______________________________________
Kelas/Semester      
:
_______________________________________
Kompetensi Dasar 
:
_______________________________________
Topik/Subtopik
:
_______________________________________
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
_______________________________________
               
Instrumen:



c.        Penilaian Antar Peserta Didik

Mata Pelajaran       
:
_______________________________________
Kelas/Semester      
:
_______________________________________
Kompetensi Dasar 
:
_______________________________________
Topik/Subtopik
:
_______________________________________

Instrumen:




d.  Penilaian Sikap melalui  Jurnal

Mata Pelajaran       
:
_______________________________________
Kelas/Semester      
:
_______________________________________
Kompetensi Dasar 
:
_______________________________________
Topik/Subtopik
:
_______________________________________

Instrumen:






2.  Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a.    Tes Tulis

1)      Soal Pilihan Ganda

Mata Pelajaran       
:
_______________________________________
Kelas/Semester      
:
_______________________________________
Kompetensi Dasar 
:
_______________________________________
Topik/Subtopik
:
_______________________________________
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
_______________________________________
               
Instrumen                            


2)      Soal Uraian

Mata Pelajaran       
:
_______________________________________
Kelas/Semester       
:
_______________________________________
Kompetensi Dasar 
:
_______________________________________
Topik/Subtopik
:
_______________________________________
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
_______________________________________

Instrumen                            



b.        Observasi Terhadap Diskusi/Tanya Jawab

Mata Pelajaran       
:
_______________________________________
Kelas/Semester      
:
_______________________________________
Kompetensi Dasar 
:
_______________________________________
Topik/Subtopik
:
_______________________________________
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
_______________________________________




Instrumen                            




c.     Penugasan

Mata Pelajaran       
:
_______________________________________
Kelas/Semester      
:
_______________________________________
Kompetensi Dasar 
:
_______________________________________
Topik/Subtopik
:
_______________________________________
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
_______________________________________




Instrumen                            




3.  Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
a.       Penilaian  Praktik

Mata Pelajaran       
:
Bahasa arab
Kelas/Semester      
:
XII / II
Kompetensi Dasar 
:

3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.

Topik/Subtopik
:
Kegiatan pada waktu senggang / hobi
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
3.1.1 Mendemonstrasikan ungkapkan kesetujuan/ketidak setujuan serta cara       merespon terkait topic kegiatan pada waktu senggang dan hobi al-hiwayah
3.1.2Melaksanakan teks lisan dan tulisan sederhana tentang bagaimana cara mengungkapkan harapan dan do’a serta cara meresponnya terkai topik.
4.1.1Menunjukkan teks lisan dan tulis sederhana tentang topic kegiatan pada waktu senggang
4.1.2menjelaskan ungkapan sederhana terkait topik

Instrumen                            
Siswa membaca teks wacana tentang kegiatan pada waktu sengang / hobi





b.      Penilaian Proyek

Mata Pelajaran       
:
_______________________________________
Kelas/Semester      
:
_______________________________________
Kompetensi Dasar  
:

3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.

Topik/Subtopik
:
Kegiatan pada waktu senggang / hobi
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
3.1.1 Mendemonstrasikan ungkapkan kesetujuan/ketidak setujuan serta cara       merespon terkait topic kegiatan pada waktu senggang dan hobi al-hiwayah
3.1.2Melaksanakan teks lisan dan tulisan sederhana tentang bagaimana cara mengungkapkan harapan dan do’a serta cara meresponnya terkai topik.
4.1.1Menunjukkan teks lisan dan tulis sederhana tentang topic kegiatan pada waktu senggang
4.1.2menjelaskan ungkapan sederhana terkait topik

Instrumen                            
No
aspek
Skor 1-5
1
Perencanaan
  1. Persiapan
  2. Rumusan judul

2
Pelaksanaan
  1. Sistematika penulisan
  2. Keakuran sumber data/informasi
  3. Kuantitas sumber data
  4. Analisis data
  5. Penarikan kesimpulan

3
Laporan proyek
  1. Performasi
  2. Prestasi dan penguasaan


Total skor





  1.  Penilaian Produk

Mata Pelajaran       
:
_______________________________________
Kelas/Semester      
:
_______________________________________
Kompetensi Dasar 
:

3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.

Topik/Subtopik
:
_______________________________________
Indikator Pencapaian Kompetensi
:

3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.


Instrumen:

                                                               


d.      Penilaian Portofolio
Mata Pelajaran       
:
_______________________________________
Kelas/Semester      
:
_______________________________________
Kompetensi Dasar 
:
_______________________________________
Topik/Subtopik
:
_______________________________________

Instrumen
                                                                   























R- 3.3
 
Rubrik Perancangan Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Rubrik penilaian ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan instrumen penilaian kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Pada penilaian kompeteni sikap peserta ditugaskan dalam kelompoknya membuat instrumen observasi, penilaian sikap melalui penilaian diri, penilaian antarpeserta didik dan penilaian sikap melalui jurnal. Pada penilaian pengetahuan peserta ditugaskan membuat intrumen tes tertulis (Pilihan Ganda dan Uraian), observasi diskusi, tanya jawab dan percakapan dan penugasan, sedangkan pada penilaian kompetensi keterampilan peserta ditugaskan membuat instrumen penilaian praktik, proyek dan produk dan portofolio.
Langkah-langkah penilaian
  1. Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK 3.3!
2.       Berikan nilai pada hasil kerja peserta pelatihan sesuai dengan penilaian Anda terhadap produk tersebut menggunakan kriteria penilaian nilai sebagai berikut
Penilaian Kompetensi Sikap
PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik
( AB)
90 <AB≤ 100
1.     Terdapat identitas instrumen :  KD, topik, sub topik dengan lengkap
2.     Terdapat indikator yang dirumuskan dengan benar
3.     Terdapat empat bentuk instrumen penilaian kompetensi sikap
4.     Seluruh instrumen penilaian dibuat sesuai kriteria pengembangannya
Baik  (B)
80 <B≤ 90
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
70 <C ≤ 80
Ada 2  aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤70
Ada 1  aspek sesuai dengan kriteria, 3 aspek kurang sesuai
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik
( AB)
90 < AB ≤ 100
1.    Terdapat identitas instrumen : KD, topik, sub topik dengan lengkap
2.    Terdapat indikator yang dirumuskan dengan benar
3.    Terdapat tiga bentuk instrumen penilaian kompetensi pengetahuan
4.    Seluruh instrumen penilaian dibuat sesuai kriteria pengembangannya
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
70 < C  ≤ 80
Ada 2  aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
Ada 1  aspek sesuai dengan kriteria, 3 aspek kurang sesuai
Penilaian Kompetensi Keterampilan
PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik
( AB)
 90 < AB ≤ 100
1.       Terdapat identitas instrumen : KD, topik, sub topik dengan lengkap
2.       Terdapat indikator yang dirumuskan dengan benar
3.       Terdapat empat bentuk instrumen penilaian kompetensi keterampilan
4.       Seluruh instrumen penilaian dibuat sesuai kriteria pengembangannya
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1aspek kurang sesuai
Cukup (C)
70 < C  ≤ 80
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
Ada 1 aspek sesuai dengan kriteria, 3 aspek kurang sesuai


Post a Comment for "Perlunya Perancangan Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Arab"