//verifikasi //verifikasi Rencana Pembelajaran Dalam Mapel Bahasa Arab - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rencana Pembelajaran Dalam Mapel Bahasa Arab

A.     Kompetensi Dasar dan Indikator

3.2    Memahami cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik  kehidupan sehari-hari (al hayat al yaumiyyah) dengan memperhatikan aspek unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya. 

4.2. Menyusun teks tulisan sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, dan perasaan serta sikap dalam meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik  kehidupan sehari-hari (al hayat al yaumiyyah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.

Indikator :
3.2.1.


3.2.2


3.4.3


3.4.4
Mencontohkan kalimat

Menggunakan kalimat
أن و الفعل الفاعل والمفعول به


4.4 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
التسهيلات العامة والاجتماعية؛ التسهيلات لعبادة الله؛ معالم السياحة الثقافية والطبيعية
  dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks
Indikator :
4.2.1.




4.2.2


4.2.3




4.2.4


4.2.5



4.2.6
Menirukan  ungkapan informasi terkait topik
Secara tulisan sesuai kebahasaan dan budaya



Mencoba  ungkapkan informasi terkait topik
Secara tulisan sesuai kebahasaan dan budaya.

Menampilkan  ungkapan informasi terkait topik
Secara tulisan sesuai kebahasaan dan budaya.



Menirukan  ungkapkan informasi terkait topik
Secara lisan sesuai kebahasaan dan budaya

Mencoba  ungkapkan informasi terkait topik
Secara lisan sesuai kebahasaan dan budaya.

Menampilkan  ungkapan informasi terkait topik
Secara lisan sesuai kebahasaan dan budaya.





C. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses 5 M, peserta didik dapat :
Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
التسهيلات العامة والاجتماعية؛ التسهيلات لعبادة الله؛ معالم السياحة الثقافية والطبيعية
yang sesuai dengan konteks penggunaannya secara lisan dan tulisan.
Menunjukan perilaku santun, antusias, kreatif, ekspresif, interaktif, kerjasama, dan imajinatif dalam menghargai budaya dan bahasa.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

D. Materi Pembelajaran
Materi Fakta                        :  contoh kalimat
                                    أن و الفعل الفاعل والمفعول به
Materi Konsep                    : Penggunaan kalimat berbentuk
                               أن و الفعل الفاعل والمفعول به
Materi Prinsip                      : Kaidah أن و الفعل الفاعل والمفعول به
Materi Prosedur                   : Membuat kalimat berbentuk
                                    أن و الفعل الفاعل والمفعول به
E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
•           Qawaid dan tarjamah
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media              : Papan Tulis, Kertas karton dan spidol
2.         Alat/Bahan       :Buku paket hal...

3.         SumberBelajar : Kitab Al Qish-shah, Buku, Majalah Alo Indonesia, Kamus Arab –Indonesia, Kamus Indonesia – Arab

G.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.       Pertemuan Kesatu:
a.       Pendahuluan / Kegiatan Awal (5 menit)
komunikasi
·         Memimpin doa
·         Mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka.
·         Berkeliling mengecek kesiapan perlengkapan belajar siswa


Apersepsi
Memberikan gambaran pada siswa pentingnya belajar ) أن + جملة فعلية ( prasyarat materi pelajaran selanjutnya, pelajaran lain dan keseharian mereka.
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø  Mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis, siswa diajak memperhatikan bentuk kalimat yang terdiri dari    ان  + جملة فعلية (.
b.      Kegiatan Inti (30 menit)
·         Mengamati
Guru membagi peserta menjadi 8 kelompok, lalu dibagikan tabel contoh An + Jumlah FI’liyah  dan Jumlah Fi’liyah tanpa An.
·         Menanya
Siswa berdiskusi untuk menentukan arti dari  An + Jumlah FI’liyah  dan Jumlah Fi’liyah tanpa An.
·         Mencoba
Siswa mencoba mencari 5 An + Jumlah FI’liyah  dan Jumlah Fi’liyah tanpa An di buku paket
Siswa mencoba untuk menambahkan An pada 5 Jumlah Fi’liyah
·         Menalar
Guru memberikan 6 kalimat sederhana yang di dalamnya An + Jumlah FI’liyah  dan Jumlah Fi’liyah tanpa An.
Siswa menentukan maknanya.
·         Mengkomunikasikan
Di setiap kelompok, Siswa saling memberikan satu kalimat sederhana yang mengandung satu An + Jumlah FI’liyah  dan Jumlah Fi’liyah tanpa An. secara tertulis dan mengucapkannya.
Di setiap kelompok Siswa saling memberikan kalimat sederhana yang mengandung An + Jumlah FI’liyah  dan Jumlah Fi’liyah tanpa An. secara tertulis dan mengucapkannya.

c.       Penutup (10 menit)
·         Kesimpulan
Guru memberikan kesempatan pada dua kelompok (dipilih secara acak) untuk memberikan kesimpulan
Guru menyimpulkan dua kesimpulan tadi  
·         Refleksi
Guru meminta 3 siswa untuk menyampaikan kesan – kesannya terhadap An + Jumlah FI’liyah  dan Jumlah Fi’liyah tanpa An.
·         Tindak lanjut






2.       Pertemuan Kedua:
a.       Pendahuluan / Kegiatan Awal (5 menit)
ü  Memimpin doa
ü  Mengabsen siswa dan menanyakan kabar keluarga mereka.
ü  Berkeliling mengecek kesiapan perlengkapan belajar siswa
Apersepsi
Mengingatkan pada siswa pentingnya belajar An + Jumlah FI’liyah  dan Jumlah Fi’liyah tanpa An. sebagai prasyarat materi pelajaran selanjutnya, pelajaran lain dan keseharian mereka.
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis, siswa diajak memperhatikan perbedaan makna dari kalimat yang berupa An + Jumlah FI’liyah  dan Jumlah Fi’liyah tanpa An.
b.      Kegiatan Inti (65 menit)
§  Mengamati
Guru membagi peserta menjadi 8 kelompok, lalu membagikan tabel An + Jumlah FI’liyah  dan Jumlah Fi’liyah tanpa An.
·      Menanya
Siswa berdiskusi untuk menentukan An + Jumlah FI’liyah  dan Jumlah Fi’liyah tanpa An.
§  Mencoba
Siswa mencoba mencari 5  Jumlah Fi’liyah tanpa An di dalam satu teks Qiraah.
Siswa mencoba untuk merubah 5 Jumlah Fi’liyah tanpa An tersebut menjadi An + Jumlah FI’liyah
·      Menalar
Guru memberikan 6 Qiraah sederhana yang di dalamnya terdapat An + Jumlah FI’liyah dan Jumlah Fi’liyah tanpa An
Siswa menentukan maknanya  
c.       Mengkomunikasikan
Di setiap kelompok, Siswa saling memberikan satu cerita  sederhana yang mengandung An + Jumlah FI’liyah dan Jumlah Fi’liyah tanpa An secara tertulis dan mengucapkannya.
Di setiap kelompok Siswa saling memberikan cerita sederhana yang mengandung An + Jumlah FI’liyah dan Jumlah Fi’liyah tanpa An  secara tertulis dan mengucapkannya.
d.      Penutup (15 menit), dan seterusnya.
o  Kesimpulan
Guru memberikan kesempatan pada dua kelompok (dipilih secara acak) untuk membacakan cerita sederhana terbaik dari kelompoknya (menurut mereka).
Guru memberikan apresiasi kepada siswa 
o  Refleksi
Guru meminta 3 siswa untuk menyampaikan kesan – kesannya terhadap An + Jumlah FI’liyah dan Jumlah Fi’liyah tanpa An
o  Tindak lanjut
-



H.      Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Penilaian Proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
Religius
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun

b.   Penilaian Hasil
IndikatorPencapaianKompetensi
TeknikPenilaian
BentukPenilaian
Instrumen
Menjelaskan struktur teks percakapan

Tes tertulis

Tes uraian


1.      Bacalah dengan saksama teks teks percakapanberikut! Tentukanlah struktur teks teks percakapantersebut!
Menjelaskankarakteristik struktur teks percakapan
Tes tertulis

Tes uraian


2.      Identifikasikanlah dan jelaskan struktur percakapan!
Melengkapi ………………


3.       

PedomanPenskoran :
Soal no. 1
Aspek
Skor
Siswa mengidentifikasi struktur teks percakapan

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5


Soal no. 2
Aspek
Skor
Siswa mengidentifikasi …………………..teksteks percakapan

·         Jawaban sempurna\
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5









Lampiran Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN  SIKAP
Mata Pelajaran  : Bahasa Arab.
Kelas/Semester: X/1
Tahun Ajaran  : 2013/2014
Waktu Pengamatan: ............................................................................................

Sikap  yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
1.      BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
2.      MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.      MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.      MK (membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Religius
jujur
Tanggung jawab
santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.

















2.

















3.

















4.

















5.

















..


















Jakarta,     Oktober2013
Guru Mata PelajaranBahasa Arab



( ........................................................)

NIP..................................................

Post a Comment for "Rencana Pembelajaran Dalam Mapel Bahasa Arab"