//verifikasi //verifikasi RPP SD KURIKULUM 2013 KEGEMARANKU Terbaru 2016 - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP SD KURIKULUM 2013 KEGEMARANKU Terbaru 2016

MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No. 5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 2                       :  Kegemaranku
Sub Tema 1                :  Gemar Berolahraga (Aku Suka Berolahraga)
Pembelajaran ke         :  1
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2    Mempraktikan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBdP
3.1    Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1   Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil   pengamatan di lingkungan sekitar

C.    INDIKATOR
     Bahasa indonesia
  • Menjelaskan tentang teks petunjuk pemeliharaan kebugaran tubuh
  • Membaca teks petunjuk tentang merawat kebugaran tubuh

SBdP
  • Mengidentifikasi gambar sebagai karya seni ekspresi
  • Menggambar ekspresi berdasarkan hasil pengamatan lembar kerja di dalam buku siswa


D.    TUJUAN
Tujuan Pembelajaran:
  1. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan macam-macam olahraga dengan santun.
  2. Dengan membaca nyaring, siswa mampu menyebutkan nama-nama olahraga dengan percaya diri.
  3. Dengan menyusun huruf, siswa dapat menemukan 2-3 nama-nama jenis olahraga dengan disiplin.
  4. Dengan menyusun huruf siswa mampu menulis nama-nama olahraga dengan percaya diri.
  5. Dengan memasangkan gambar siswa mampu mengidentifikasi alat-alat olahraga dengan benar.
  6. Setelah mampu mengidentifikasi alat olahraga, siswa mampu menggambar salah satu alat olahraga yang disukainya dengan rapi.
  7. Dengan menggunakan gambar, siswa mampu menentukan pola gambar tertentu dengan tepat.
  8. Dengan pengamatan terhadap gambar, siswa mampu melengkapi pola gambar dengan tepat.

E.     MATERI
  1. Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
  2. Mengenal Alat Olahraga

F.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.        Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.        Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.        Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.        Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.        Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.        Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.    Siswa mengamati gambar yang ada pada buku siswa.
2.    Siswa menyebutkan nama-nama olahraga.
3.    Siswa bertanya jawab berkaitan dengan gambar yang diamatinya.
4.    Beri kesempatan kepada siswa untuk saling mengajukan pertanyaan dan menjawab.
5.    Contoh pertanyaan yang mungkin:
     Olahraga apa yang kamu lihat pada gambar?
     Apa yang kamu ketahui tentang olahraga tersebut?
     Berapa banyak anak yang bermain bulutangkis pada gambar?
     Berapa banyak anak yang bermain sepak bola pada gambar?
     Berapa jumlah anak seluruhnya pada gambar?
     Olahraga mana yang merupakan olahraga tim?
     Sikap apa yang harus dilakukan dalam melakukan olahraga tim?
     Olahraga apa yang paling kamu sukai?
     Olahraga apa yang baru kamu ketahui?
6.    Siswa membaca nyaring nama-nama cabang olahraga dengan bimbingan guru.
7.    Siswa menyusun huruf menjadi nama-nama cabang olahraga yang dipelajari.
8.    Siswa berlatih menulis dengan cara menebalkan.
9.    Untuk mengonfirmasi pengetahuan siswa, siswa menyebutkan kembali nama-nama cabang olahraga yang sudah diketahui dan baru diketahui.
10. Setelah menyebutkan nama-nama cabang olahraga, siswa bertanya jawab tentang cabang-cabang olahraga dan alat-alat olahraga yang mereka ketahui dengan arahan guru.
11. Siswa mengamati contoh pertanyaan yang diajukan guru guru sebagai berikut:
     Jika kamu ingin bermain sepak bola, alat apa yang kamu butuhkan?
12. Siswa melakukan kegiatan tanya jawab secara bergantian berdasarkan contoh pertanyaan guru yang divariasikan atau dengan bahasa mereka sendiri.
     Jika kamu ingin bermain bulutangkis, alat apa yang kamu butuhkan?
     Jika kamu ingin bermain kasti, alat apa yang kamu butuhkan?
      dan seterusnya.
13. Siswa menyebutkan kembali alat-alat yang dipergunakan untuk berolahraga.
14. Siswa berlatih mengenal alat olahraga dengan memasangkan gambar alat-alat olahraga yang saling berhubungan dengan menarik garis. Misalnya, gambar bola dengan gambar lapangan bola dan gambar pelampung dengan kolam renang.
15. Kemudian, siswa memilih pasangan gambar yang paling disukai untuk dijadikan tema dalam menggambar.
16. Siswa menggambar dan mewarnai sesuai tema yang dipilih.
17.  Siswa menuliskan tema yang dipilihnya di sudut kiri gambar.
18. Siswa diminta untuk mengerjakan worksheet.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.        Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.        Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.        Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.        Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.        Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Software Pengajaran  kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.      Software Pengajaran  Penjaskes SD/MI dari JGC.
5.      Gambar dari Google.com
6.      Video dari youtobe.com.
7.      Pensil/pensil warna/krayon/spidol
I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja.
·         Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda.
·         Isian singkat.
·         Esai atau uraian.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005





MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 2                        :  Kegemaranku
Sub Tema 2                 :  Gemar Berolahraga (Aku Suka Berolahraga )
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.2     Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan   di sekolah.
4.2   Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Matematika
3.3     Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit
4.4     Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
Bahasa Indonesia
3.2   Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan     dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2    Mempraktikan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
ndiPJOK
3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

C.    INDIKATOR
PPKn
·         Mengidentifikasi perbuatan tertib di rumah
·         Membedakan perbuatan tertib dan yang tidak tertib
Matematika
  • Mengidentifikasi pola bilangan menggunakan gambar sederhana
  • Membuat pola bilangan dengan menggunakan gambar
Bahasa Indonesia
  • Membaca teks petunjuk pemeliharaan kesehatan tubuh
  • Menyebutkan cara memelihara kesehatan tubuh
  • Mempraktikkan teks arahan merawat kesehatan tubuh
PJOK
·         Mengamati gerak dasar non-lokomotor
·         Memperagakan gerak dasar non lokomotor


D.    TUJUAN
Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan kegiatan diskusi siswa mampu menceritakan pentingnya sikap tertib dengan benar.
2.      Dengan menunjukan gambar siswa mampu membedakan mana sikap tertib dan yang tidak tertib dengan tepat.
3.      Dengan kegiatan diskusi di kelas, siswa dapat menunjukkan sikap tertib dengan santun.
4.      Dengan mengamati gambar macam-macam alat olahraga, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis peralatan olahraga dengan percaya diri.
5.      Dengan mengamati guru melakukan gerakan senam, siswa dapat melakukan senam dengan tertib.
6.      Dengan mengamati gambar siswa dapat mengidentfikasi pola gambar dengan tepat.
7.      Dengan berlatih memprediksi pola bilangan melalui gambar, siswa dapat menciptakan pola sendiri dengan teliti.

E.     MATERI
  1. Mendiskusikan Pentingnya Sikap Tertib
  2. Membaca Nama Alat Olahraga dan Melengkapi Pola

F.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah






G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.        Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.        Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.        Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.        Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.        Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.        Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.    Guru menyampaikan bahwa siswa akan melakukan diskusi tentang sikap tertib di rumah.
2.    Guru mengingatkan selama diskusi siswa boleh mengemukakan pendapat, mendengarkan ketika teman berbicara, tidak memotong pembicaraan, berbicara dengan suara yang terdengar, tidak berbisik dan berteriak.
3.    Kemudian siswa mulai berdiskusi tentang manfaat sikap tertib di rumah. Jika mungkin seorang siswa memimpin diskusi dengan bantuan guru.
4.    Pertanyaan yang mungkin muncul antara lain : Apa saja contoh sikap tertib di rumah? Arahkan diskusi tentang aturan usai berolahraga atau bermain di luar rumah. Minta siswa menceritakan kebiasannya usai berolahraga atau bermain di luar rumah.
5.    Guru mengamati sikap siswa selama bertanya jawab, apakah mengikuti dengan tertib, diam saja, mendominasi pembicaraan, dan lain-lain.
6.    Setelah bertanya jawab siswa mendengarkan guru membacakan teks.
7.    Usai mendengarkan guru membacakan teks, siswa membaca nyaring teks dengan bimbingan guru.
8.    Siswa menceritakan kembali isi teks dengan bahasanya sendiri.
9.    Siswa melakukan diskusi tentang pentingnya bersikaptertib di sekolah dengan arahan guru. Apa saja contoh sikap tertib di sekolah? Bagaimana rasanya jika datang kesekolah tepat waktu? Bagaimana jika terlambat? (guru bisa mengarahkan berdasarkan permasalahan yang ada).
10. Upayakan semua siswa belajar mengemukakan pendapatnya dalam diskusi untuk melatih berpendapat dan memunculkan rasa percaya diri. Amati keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat.
11. Selesai berdiskusi siswa mengidentifikasi sikap tertib melalui gambar yang tertera di buku siswa.
12. Usai mengidentifikasi perilaku tertib, siswa membaca nyaring teks petunjuk merawat tubuh.
13. Usai berlatih membaca, siswa menyebutkan kembali informasi yang didapat dari teks.
14. Kemudian siswa berlatih menerapkan gerakan-gerakan senam yang dapat menyehatkan tubuh melalui kegiatan olahraga. Kegiatan dapat dilakukan di halaman sekolah.
15. Usai berolahraga siswa mengamati pola bilangan bergambar yang tertera di buku siswa.
16. Siswa berbagi pendapat tentang hasil pengamatannya.
17. Siswa belajar melengkapi pola bilangan melalui gambar.
18. Guru mengulas pola bilangan dengan membuat contoh di papan tulis dengan melibatkan siswa untuk mengisi tempat-tempat kosong.
19. Kemudian siswa berlatih membuat pola bilangan melalui pola bilangan melalui gambar berdasarkan keinginannya sendiri.
20. Kegiatan ditutup dengan mengucapakan syukur atas kesehatan yang diberi.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.        Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.        Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.        Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.        Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan worksheet.
5.        Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
6.        Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
    15
    menit
H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Software Pengajaran  kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.      Software Pengajaran  Penjaskes SD/MI dari JGC.
5.      Gambar dari Google.com
6.      Video dari youtobe.com.
7.      Kartu kata alat olahraga.
8.      Kartu gambar alat olahraga.

I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilaian Proses
·         Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
·         Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja.
·         Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
·      Pilihan ganda.
·      Isian singkat.
·      Esai atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005


MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 2                        :  Kegemaranku
Sub Tema 2                 :  Gemar Berolahraga (Aku Suka Berolahraga)
Pembelajaran ke          :  3
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
3.1    Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar  rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.10 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf
PPKn
3.2   Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan     sekolah
     4.2    Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
  • Mengamati teks deskriptif tentang anggota tubuh
  • Mempraktikkan teks deskriptif tentang anggota tubuh
Matematika
·    Menghitung benda hingga 20
·    Menyebutkan bilangan sampai 1 sampai dengan 20
·    Mengidentifikasi banyak benda berdasarkan gambar
PPKn
·         Mengidentifikasi aturan sederhana di sekolah
·         Menunjukkan sikap tertib saat mengikuti kegiatan permainan




D.    TUJUAN
Tujuan Pembelajaran:
  1. Dengan menyimak, siswa mampu menyebutkan bagian-bagian tubuh yang terdapat dalam teks melalui permainan kuda bisik dengan percaya diri.
  2. Dengan bertanya jawab siswa dapat menjelaskan cara bermain bulu tangkis dengan percaya diri.
  3.  Dengan membaca nyaring, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan santun.
  4.  Dengan bertanya jawab siswa dapat mengidentifikasi aturan sederhana permainan sepak bola dengan santun.
  5. Dengan bermain “kuda bisik” siswa dapat menunjukkan sikap tertib dengan disiplin.
  6. Dengan mengamati gambar, siswa mampu membilang 1-20.
  7. Dengan kerja kelompok siswa mampu mengidentifikasi jumlah siswa berdasarkan olahraga kesukaan dengan tepat.

E.     MATERI
1.      Olahraga Menyimak Cerita sambil Bermain
2.      Membilang sambil Mengenal Olahraga Kegemaran Teman

F.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.        Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.        Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.        Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.        Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.        Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.        Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.    Siswa menyimak guru membacakan teks pendek tentang bagian tubuh yang digunakan saat berolahraga.
2.    Siswa bertanya jawab seputar teks yang baru dibacakan.
3.    Guru menjelaskan cara bermain bulutangkis secara sederhana.
4.    Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan guru lalu menjawab pertanyaan.
5.    Kemudian siswa menyebutkan kalimat tentang bagianbagian tubuh yang terdapat dalam teks.
6.    Siswa mendengarkan aturan permainan “Kuda Bisik”.
7.    Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.
     Siswa berbaris berbanjar ke belakang dalam kelompok masing-masing.
     Satu perwakilan siswa dari kelompok masingmasing berkumpul dan mendengarkan kalimat yang dibacakan guru. Misalnya, “bulutangkis menggerakkan tubuh”.
•      Setelah mendengar aba-aba dari guru, setiapperwakilan siswa membisikkan kata-kata yang  didengarnya dari guru kepada teman di barisan paling depan.
     Kemudian siswa di barisan paling depan membisikkan kalimat tersebut kepada teman di belakangnya dan seterusnya sampai kepada siswa yang berada di barisan paling belakang.
     Setelah selesai guru meminta siswa di bagian paling belakang menyampaikan kalimat yang didengarnya kepada guru.
     Guru mencatat dan mengecek kebenaran jawaban dan meneliti kesalahan penyampaian dengan meminta siswa mengulang apa yang telah dibisikkan pada teman.
8.    Guru memberikan apresiasi hasil kerja dan ketertiban masing-masing kelompok.


9.    Permainan diulang dengan guru membisikkan kalimatkalimat lain yang berhubungan dengan teks.
10. Perwakilan kelompok harus dipilih secara bergilir.
11. Setelah waktu permainan habis siswa diminta menyampaikan perasaan dan pendapatnya mengenai kegiatan tersebut.
12. Siswa melakukkan praktik permainan bulutangkis.
13. Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan guru.
14. Siswa bertanya jawab tentang isi teks.
15. Siswa mengidentifikasi aturan sederhana permainan bola melalui diskusi, misalnya satu tim sepak bola terdiri dari 11 pemainan.
16. Usai bermain bola siswa mendengarkan penjelasan guru tentang belajar menghitung bilangan 1-20.
     Guru memilih tiga siswa berdasarkan olahraga kegemarannya.
     Misalnya, siswa pertama gemar sepak bola, siswa kedua gemar bulu tangkis, dan siswa ketiga gemar pencak silat.
     Siswa lainnya diminta untuk bergabung dengan salah satu dari ketiga siswa tersebut.
     Siswa diminta menghitung jumlah anggota pada kelompoknya dengan bersuara.
     Guru menuliskannya di papan tulis, misalnya sepak bola = 11 siswa, bulu tangkis = 13 siswa, dan pencak silat = 16 siswa.
17. Permainan dapat diulang dengan kriteria yang berbeda, misalnya alat olahraga yang paling disukai atau warna baju sepak bola yang paling disukai, danseterusnya.
18. Hal yang perlu diperhatikan adalah pembagian kelompok maksimal sebanyak tiga kelompok.
19. Lakukan permainan ini berulang kali sehingga siswa punya banyak pengalaman dalam menghitung bilangan lebih dari 10.
20. Untuk membantu siswa menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan, sebaiknya guru menuliskan lambang bilangan dari setiap jumlah anggota kelompok.
21. Kegiatan ini diakhiri dengan meminta siswa untuk mengerjakan worksheet pada buku latihan
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.        Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.        Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.        Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.        Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.        Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Software Pengajaran  kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.      Gambar dari Google.com
5.      Video dari youtobe.com.
6.      Lembar kerja di buku siswa.
7.      Alat yang bisa dipakai untuk praktik bulutangkis.

I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).


4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja.
·         Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda.
·         Isian singkat.
·         Esai atau uraian.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005








MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No. 5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1
Tema 2                        :  Kegemaranku (Tema 2)
Sub Tema 2                 :   Gemar Berolahraga (Aku Suka Berolahraga )
Pembelajaran ke          :  4
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3  Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman  dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis yang dapat diisi degan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud  dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau  teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis yang dapat diisi degan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
     4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan  di rumah dan di sekolah.
SBdP
3.1 Mengenal cara dan hasil hasil karya seni ekspresi
4.7  Menyajikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu.
C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
  • Mengidentifikasi teks deskriptif tentang anggota tubuh
  • Mempraktikkan teks deskriptif tentang anggota tubuh
  • Mengidentifikasi teks terima kasih
  • Mempraktikkan kegiatan terima kasih sesuai teks
PJOK
·         Mengidentifikasi gerak lari sebagai gerak lokomotor
·         Melakukan gerak lokomotor (berlari)


PPKn
·    Menyebutkan sikap-sikap baik dalam permainan olahraga
·    Menunjukkan sikap tertib dalam mengikuti kegiatan olahraga
SBdP
  • Mengidentifikasi syair sebuah lagu
  • Menyanyikan lagu “Terima Kasih Guruku”
D.    TUJUAN
Tujuan Pembelajaran:
  1. Dengan mengamati teks siswa dapat menyebutkan manfaat berolahraga terhadap anggota tubuh dengan santun.
  2. Dengan menyimak guru membaca teks, siswa dapat membaca nyaring teks dengan percaya diri.
  3. Dengan melakukan kegiatan praktik olahraga, siswa mampu menjelaskan apa yang dirasakan setelah praktik olahraga dengan percaya diri.
  4. Dengan menjelaskan apa yang dirasakan setelah praktik olahraga, siswa mampu menjelaskan perbedaan tubuh sebelum dan sesaat setelah berolahraga melalui gambar dengan tertib.
  5. Dengan bertanya jawab, siswa mampu menjelaskan sikap tertib dan patuh pada aturan dengan santun.
  6. Dengan menyimak teks, siswa dapat mengucapkan terima kasih dengan santun.
  7. Dengan mengamati syair lagu “Terima Kasih Guruku” siswa mampu mengidentifikasi pentingnya berterima kasih dengan santun.
  8. Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa mampu menyanyikan lagu “Terima Kasih Guruku” dengan percaya diri.
  9. Dengan mendengarkan petunjuk guru siswa dapat menyebutkan cara berlari dengan santun.
  10. Dengan menyebutkan cara berlari, siswa dapat praktik berlari dengan tertib.

E.     MATERI
  1. Menceritakan Pengalaman Berolahraga
  2. Belajar Berterima Kasih

F.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Menceritakan Pengalaman Berolahraga
1.    Siswa bertanya jawab dengan bantuan guru tentang kesukaan berolahraga, manfaat berolahraga dan yang dirasakan siswa setelah berolahraga.
2.    Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pengalamannya.
3.    Siswa mendiskusikan jawaban-jawaban yang diungkapkan dengan bimbingan guru.
4.    Guru membacakan teks di buku siswa.
5.    Siswa membaca nyaring teks.
6.    Siswa menyebutkan manfaat berolahraga terhadap anggota tubuh berdasarkan teks yang dibaca.
7.    Siswa menyimak penjelasan guru bagaimana olahraga membuat tubuh kita sehat. Dengan berolahraga, jantung dan paru-paru kita bertambah kuat.
8.    Untuk mengaitkan penjelasan ini dengan hal yang konkret, siswa diminta untuk melakukan percobaan sederhana dengan berlari.
9.    Guru menjelaskan aturan berlari mengelilingi lapangan. Berlari dengan tertib dan tidak perlu tergesa-gesa. Siswa diminta mengenakan sepatu dan baju olahraga.

10. Siswa diminta untuk mengamati nafasnya masing-masing dengan cara memegang dada sebelah kiri.
11. Lalu, siswa diminta untuk memegang dada di sebelah kiri tempat jantung berada.
12. Siswa diminta menceritakan yang mereka rasakan.
13. Guru membawa siswa ke luar kelas.
14. Siswa berlari keliling lapangan sebanyak dua putaran (bisa lebih bergantung dari luasnya lapangan sekolah).
15. Setelah selesai, siswa diminta untuk memegang dadanya kembali dan mengamati perbedaannya dengan sebelum melakukan kegiatan berlari.
16. Siswa juga mengamati embusan napasnya sendiri.
17. Siswa diminta untuk menceritakan perbandingan hasil pengamatan sebelum dan setelah melakukan kegiatan berlari secara bergantian.
18. Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan bimbingan guru.
19. Siswa menyimpulkan kaitan antara berolahraga dengan melatih jantung dan paru-paru kita supaya kuat. Jantung memiliki fungsi yang penting, yaitu memompa darah.
20. Siswa mengidentifikasi ciri-ciri usai berolahraga melalui gambar.
21. Usai memperagakan latihan, siswa menyimak guru yang membacakan teks pendek yang ada di buku siswa.
22. Siswa bertanya jawab sikap-sikap apa yang diperlukan saat bermain bulu tangkis bersama (antara lain sportif, menghargai lawan, santun, mengikuti aturan).
23. Siswa mendiskusikan jawaban-jawabannya dengan didampingi guru.
24. Siswa mendengarkan penjelasan lanjutan tentang pentingnya menaati peraturan, menjaga sopan santun, dan menghormati orang lain dalam kehidupan seharihari.
25. Siswa menyimak bahwa salah satu bentuk menghargai orang lain dan bersikap sopan adalah dengan cara berterima kasih. Terima kasih bisa diungkapkan kepada manusia dan Tuhan. Terima kasih kepada Tuhan untuk mengungkapkan rasa syukur atas anugerah yang diberikannya kepada kita. Terima kasih kepada manusia disampaikan karena mereka sudah memberi kebaikan untuk kita.
26. Guru menjelaskan saat yang tepat untuk mengucapkan terima kasih di antaranya:
27. Saat orang lain telah membantu.
28. Saat orang lain mengucapkan selamat atas prestasi yang telah kita capai.
29. Saat orang lain memuji kita (intinya saat orang lain berbuat baik pada kita).
30. Guru memberikan contoh situasi kepada siswa, misalnya salah satu siswa membantu saat siswa lain jatuh dari sepeda.
31. Siswa mendengarkan penjelasan cara mempraktikkan berterima kasih.
32. Siswa berpasangan untuk bermain peran.
33. Siswa pertama membantu sesuatu/memberikan pujian/ kebaikan lainnya. Siswa kedua mengucapkan terima kasih.
34. Kegiatan selanjutnya bertukar peran, siswa kedua melakukan sesuatu untuk siswa pertama, siswa pertama mengucapkan terima kasih.
35. Kegiatan dilakukan beberapa kali dengan pasangan yang berbeda-beda.
36. Siswa diajak menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku mengikuti guru.
37. Selanjutnya siswa diminta mengamati gambar yang ada pada buku siswa dan diminta untuk memilih gambar yang menunjukkan sikap baik.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.       Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.       Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.       Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.       Guru memberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet.
5.       Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
6.       Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Software Pengajaran  kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.      Software Pengajaran  Penjaskes SD/MI dari JGC.
5.      Gambar dari Google.com
6.      Video dari youtobe.com.
7.      Sepatu dan baju olahraga.

I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja.
·         Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda.
·         Isian singkat.
·         Esai atau uraian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005


MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 2                        :  Kegemaranku
Sub Tema 2                :   Gemar Berolahraga (Aku Suka Berolahraga )
Pembelajaran ke          :  5
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
5.       
B.     KOMPETENSI DASAR
PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

Matematika
3.11   Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
4.9     Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal
SBdP
     3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat masuk ritmis
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan  berlatih memahami isi lagu
C.    INDIKATOR
PJOK
·         Mengidentifikasi macam-macam gerak dasar lokomotor
·         Melakukan gerak lompat jauh
·         Mempraktikkan gerak lokomotor
Matematika
  • Mengidentifikasi benda berdasarkan panjang pendeknya
  • Mengukur jarak lompatan dengan menggunakan alat ukur tidak baku
  • Mengumpulkan informasi dalam bentuk tabel
SBdP
  • Mengidentifikasi syair sebuah lagu bertema
  • Menyanyikan lagu bertema olahraga

D.    TUJUAN
Tujuan Pembelajaran:
  1. Dengan mengamati teks, siswa dapat menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dengan percaya diri.
  2. Denga mengikuti teks arahan, siswa melakukan praktik lompat jauh dengan teknik yang benar dengan percaya diri.
  3. Dengan kegiatan lompat jauh siswa dapat melakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur yang tidak baku (tali rafia) dengan tertib.
  4. Dengan melakukan kegiatan pengukuran siswa mampu membandingkan jarak lompatannya dengan lompatan temannya dengan tertib.
  5. Dengan kegiatan membandingkan jarak lompatan, siswa mampu mengisi tabel data hasil pengukuran dengan tertib.
  6. Dengan mengamati syair lagu dengan bantuan guru, siswa dapat menyebutkan apa saja yang dilakukan dalam permainan kasti dengan santun.
  7. Dengan mendengarkan guru menyanyikan lagu, siswa mampu menyanyikan lagu bertema olahraga dengan percaya diri.

E.     MATERI
  1. Pengukuran dengan Lompat Jauh
  2. Bernyanyi Lagu Bertema Olahraga

F.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.        Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.    Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan mempersiapkan diri.
2.    Siswa diminta mengenakan pakaian olahraga, membawa buku siswa, dan alat tulis.
3.    Setelah siswa siap, guru mengajak siswa ke halaman/lapangan sekolah.
4.    Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok.
5.    Siswa menyimak teks yang dibacakan guru dan penjelasan kegiatan.
6.    Siswa mendengarkan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan, yaitu sebagai berikut:
     Siswa melompat mulai dari garis awal yang telah ditentukan.
     Semua siswa mengamati lompatan temantemannya.
     Tempat siswa mendarat diberi tanda dengan kapur tulis atau kayu (jika dilakukan di lapangan tanah), lalu diukur dengan menggunakan tali rafia.
     Semua anggota kelompok mendapat kesempatan melakukan hal yang sama masing-masing satu kali lompatan.
     Semua anggota kelompok membandingkan jarak lompatan dengan bantuan tali rafia.
7.    Dengan bimbingan guru, siswa mengisi tabel hasil pengamatan yang ada pada buku siswa.
8.    Siswa melakukan satu kali lagi lompatan dan menuliskan hasil pengamatannya.
9.    Guru dan siswa mendiskusikan hasil pengamatan kegiatan lompat jauh.
10. Siswa menyimpulkan bahwa alat ukur tidak baku dapat membantu pengukuran yang hasilnya berbedabeda.
11. Guru membacakan pertanyaan pada buku siswa dan siswa menuliskan jawabannya dengan bahasa sederhana.
12. Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan bacaan di buku siswa.
13. Usai mempergakan latihan, siswa mengamati teks lagu Basri Jago Kasti dengan bantuan guru.
14. Siswa mengidentifikasi apa saja yang dilakukan dalam permainan kasti berdasarkan teks lagu.
15. Guru menyanyikanlagu Basri Jago Kasti.
16. Siswa menyanyikan lagu bersama-sama dengan bantuan guru.
17. Siswa dibagi menjadi empat kelompok.
18. Siswa mendengarkan penjelasan tentang kegiatan menyambungkan lagu. Berikut ini adalah aturannya.
     Setiap kelompok secara bergiliran menyanyikan sebaris lagu.
     Guru menunjuk kelompok yang pertama kali menyanyikan baris pertama lagu.

     Guru akan menunjuk kelompok menyanyikan lagu secara acak.
     Setiap kelompok diharapkan selalu dalam keadaan siap.
19. Pada akhir kegiatan setiap kelompok maju ke depan kelas untuk menyanyikan lagu.
20. Kegiatan ditutup dengan mengucap janji bersama untuk giat berolahraga agar badan sehat.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.        Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.        Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.        Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.        Guru memberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet.
5.        Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
6.        Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Software Pengajaran  kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.      Software Pengajaran  Penjaskes SD/MI dari JGC.
5.      Gambar dari Google.com
6.      Video dari youtobe.com.
7.      Kapur tulis/kayu, Teks lagu Basri Jago Kasti
I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
·         Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
  • Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
  • Penilaian Kinerja.
  • Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda.
·         Isian singkat.
·         Esai atau uraian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005














MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema                           :  Kegemaranku
Sub Tema                    :   Gemar Berolahraga (Aku Suka Berolahraga )
Pembelajaran ke          :  6
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan  dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2    Mempraktikkan teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
3.1    Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar  rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.1    Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
PJOK
3.1     Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.3     Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah,ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.1     Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.3     Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
PPKn
3.2     Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2     Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
C.    INDIKATOR
      Bahasa Indonesia
  • Mengidentifikas teks arahan an kebugaran tubuh
  • Menerapkan teks arahan tentang pemeliharaan kebugaran tubuh
      Matematika
  • Menghitung benda-benda dari 1 – 20
  • Menyelesaikan operasi penjumlahan
  • Membuat kalimat matematika dari suatu masalah yang dihadapi seharihari

      PJOK
  • Mengidentifikasi gerak lokomotor
  • Mengidentifikasi gerak manipulatif
  • Mempraktikkan gerak lokomotor
  • Mempraktikkan gerak manipulatif
      PPKn
  • Menjelaskan tata tertib permainan
  • Mengikuti aturan dalam permainan kasti
D.    TUJUAN
Tujuan Pembelajaran:
1.   Dengan menyimak teks, siswa dapat menyebutkan isi teks dengan percaya diri.
2. Dengan membaca nyaring, siswa mampu menjelaskan aturan-aturan bermain kasti dengan sopan.
3. Dengan mengetahui aturan bermain kasti siswa dapat melakukan praktik bermain kasti dengan tertib.
4. Dengan bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan gerakan-gerakan dalam permainan kasti dengan percaya diri.
5. Dengan mengenal gerakan-gerakan dalam permainan, siswa dapat mempraktikkan gerakan-gerakan melalui permainan kasti dengan tertib.
6. Dengan kegiatan mengingat kembali benda-benda yang berkaitan dengan olahraga, siswa mampu menghitung dan menjumlahkan benda-denda dengan tepat.

E.     MATERI
  1. Bermain Kasti
  2. Menghitung dan Menjumlahkan Benda

F.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.    Siswa menyimak wacana yang dibacakan guru.
2.    Siswa menjawab pertanyaan guru tentang isi teks.
3.    Siswa membaca nyaring teks deskriptif tentang permainan kasti.
4.    Siswa menjelaskan aturan bermain kasti.
5.    Berikut ini adalah prosedur permainan kasti.
     Siswa dibagi menjadi dua kelompok atau empat kelompok (sesuai dengan jumlah siswa dalam satu kelas).
     Guru mengundi untuk menentukan kelompok mana yang mendapat giliran pertama melakukan pemukulan bola.
     Jika empat kelompok, dibuat dua grup. Ada dua kelompok yang melakukan permainan pertama dan dua kelompok mendapat giliran kedua.
     Misalnya, ada dua kelompok masing-masing terdiri atas sepuluh orang.
     Kelompok yang mendapat giliran memukul pertama kali bersiap di lapangan pada posisi masing-masing.
     Tempat-tempat yang menjadi tempat pemberhentian sudah ditentukan. Jumlahnya tergantung banyaknya pemain dalam satu kelompok.
     Jika satu kelompok ada sepuluh orang, kelompok yang tidak memukul bola harus berada pada posisi pemukul bola, penangkap bola, siswanya delapan orang menjaga tempat pemberhentian sebanyak delapan tempat.
     Kelompok yang memukul bola secara bergiliran akan memukul bola.
     Pemain pertama memukul bola. Ia harus lari ke tempat pemberhentian pertama. Jika penangkap bola belum berhasil menangkap bola ia bisa berlari ketempat pemberhentian selanjutnya.  Berikutnya pemukul kedua melakukan hal yang sama dengan pemukul pertama.
     Jika penangkap bola berhasil menangkap bola lalu melemparkan bola itu mengenai pemain pertama/ kedua, kelompok yang memukul bola beralih posisi menjadi kelompok pelempar bola.
     Jika anggota kelompok berhasil ke tempat memukul bola tanpa kena bola yang dilempar tim lawan, kelompok itu mendapatkan skor.
     Permainan berakhir berdasarkan waktu yang telah ditentukan
6.    Pada akhir permainan, guru menjelaskan pentingnya bekerja sama dalam sebuah tim. Ketua tim memegang peranan untuk mengatur posisi anggotanya sesuai dengan kelebihan dan kelemahan yang dimiliki anggotanya. Seluruh anggota tim harus percaya pada ketua tim sehingga tim dapat bermain secara efektif dan memenangkan pertandingan.
7.    Siswa mendengarkan pentingnya sportivitas. Berani mengakui kekalahan dan mengapresiasi kemenangan lawan.
8.    Guru berperan untuk mengingatkan tim yang kalah dan tim yang menang bahwa ini hanya permainan olahraga untuk kesehatan tubuh dan kebersamaan.
9.    Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang tertera di buku siswa.
10. Usai praktek bermain kasti, siswa mengamati kembali gambar lapangan kasti yang tertera di buku.
11. Siswa mengobservasi jumlah pemain kasti yang berada di dalam lapangan.
12. Siswa mengobservasi jumlah pemain kasti yang mengenakan kaos merah.
13. Siswa menjumlahkan total pemain kasti yang ada di dalam dan di luar lapangan.
14. Setelah melakukan observasi, siswa mengingat kembali nama-nama alat olahraga sambil belajar penjumlahan.

15. Siswa mengamati gambar alat-alat olahraga, menyebutkannya lagi dan menghitung jumlahnya dengan menggunakan bilangan 6-10.
16. Siswa kembalimengamati gambar alat-alat olahraga dan berlatih melakukan operasi penjumlahan.
17. Usai mengerjakan penjumlahan, siswa mengamati gambar dan membuat kalimat matematika.
18. Siswa diminta untuk mengerjakan worksheet pada buku layihan.
18. Kegiatan ditutup dengan kesepakatan untuk menjunjung sikap tertib dalam mengikuti aturan.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.         Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.         Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.         Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.         Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.          Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Remedial:
• Guru memberikan remedial matematika untuk konsep bilangan 11-20 menggunakan alat bantu.
• Guru memberikan remedial operasi penjumlahan bagi siswa yang belum menguasai operasi penjumlahan.
Kegiatan Alternatif:
•      Menggambar Olahraga Kegemaran
•      Permainan Penulis Udara
•      Mengurutkan dari yang Lebih Besar
•      Bercerita Olahraga Kegemaran Berpasangan
•      Bermain Gobak Sodor
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Software Pengajaran  kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.      Software Pengajaran  Penjaskes SD/MI dari JGC.
5.      Gambar dari Google.com
6.      Video dari youtobe.com.
7.      Pemukul kasti, Bola kasti, Kertas (potongan kertas berukuran 10 cm x 10 cm).

I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
·         Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
·         Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja.
·         Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda.
·         Isian singkat.
·         Esai atau uraian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005




Post a Comment for "RPP SD KURIKULUM 2013 KEGEMARANKU Terbaru 2016"