//verifikasi //verifikasi Mari Mengenal Technopreneur - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mari Mengenal Technopreneur

Technopreneur merupakan gabungan dari dua kata, yakni technology dan entrepreneurship. Secara umum, kata Teknologi digunakan untuk merujuk pada penerapan praktis ilmu pengetahuan ke dunia industri. Sedangkan kata entrepreneurship berasal dari kata entrepreneur (wirausahawan) yang berarti orang selalu mencoba dan melakukan kemungkinan peluang bisnis yang baru dan belum pernah dicoba sebelumnya. Peluang itu adalah memproduksi komoditas baru atau komoditas lama dengan cara yang baru, mengorganisasikan ulang sebuah industri dan membuka pasar baru atau mengeksploitasi penemuan baru. Serta seorang wirausahawan harus menjadi sang inovator (Joseph A. Schumper, 2003:26).
Menurut Antonius Tanan (2008:97), istilah technopreneurship merupakan gabungan dari dua kata yakni teknonolgi dan enterpreneur. Kata teknologi berasal dari bahasa yunani yang berarti tindakan sistematis dari sebuah kecakapan, termasuk seni. Sedangkan entrepreneur merupakan tindakan komersialisasi terhadap suatu produk. Sehingga Tanan menyimpulkan bahwa technopreneurship merupakan suatu proses komersialisasi produk-produk teknologi yang kurang berharga menjadi berbagai produk yang bernilai tinggi sehingga menarik minat konsumen untuk membeli atau memilikinya.

Menurut Tata sutarbi (2009) menyatakan bahwa technopreneurship merupakan proses dan pembentukan usaha baru yang melibatkan teknologi sebagai basisnya, dengan harapan bahwa penciptaan strategi dan inovasi yang tepat kelak bias menempatkan teknologi sebagai salah satu faktor untuk pengembangan ekonomi nasional.

Post a Comment for "Mari Mengenal Technopreneur "