//verifikasi //verifikasi Bahaya Terlalu Lama Bermain Laptop - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Terlalu Lama Bermain Laptop

Assalamualaikum readers.
Mimin mau posting lagi nih tentang bahayanya keseringan bermain laptop pada kesehatan tubuh. Pasti readers sekalian sering banget kan maen laptop dan pada dasarnya zaman sekarang rasanya hampir mustahil untuk lepas dari laptop atau komputer. Entah itu kita yang kerja kantoran, sekolah, kuliah, atau jualan online. Coba hitung berapa lama waktu yang kita habiskan untuk di duduk depan laptop? Sudah kenal dengan istilah CVS? yaitu keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja menggunakan komputer terlalu lama. CVS adalah kepanjangan dari Computer Vision Syndrome.
Efeknya terkadang kita sedikit kesulitan untuk memfokuskan objek pandang, dan sebagainya. Hal ini tentunya diakibatkan pancaran radiasi monitor yang terlalu lama saat kita bekerja. Bahkan gangguan seperti mata kering yang membuat mata terasa perih juga mengancam.

Nah selain CVS, keseringan bermain laptop sampe lupa waktu bisa mengakibatkan hal-hal buruk lainnya loh. Yuk simak berikut ini.

Kanker usus
Sebuah studi oleh University of Western Australia menemukan bahwa salah satu faktor utama peningkatan resiko kanker usus adalah tidak aktifnya kita dalam jangka waktu yang lama. Dr Claire Knight, dari Cancer Research UK, mengatakan: “Semakin aktif kita semakin kita dapat membantu mengurangi resiko.” Naah, ada baiknya sahabat rutin berolah raga ya.

Sakit punggung
Seringkali kita laptopan dengan postur yang mirip udang. Yup, membungkuk saat komputeran bikin lebih riskan terkena resiko sakit punggung. Selain itu tinggi kursi dan posisi duduk sangat berpengaruh buat yang satu ini.

Serangan jantung
Menurut para ahli, durasi waktu yang dihabiskan orang untuk menatap layar komputer berpengaruh langsung pada kesehatan jantung. Mereka yang bekerja 11 jam sehari dapat meningkatkan resiko penyakit jantung sebesar 67 persen, kata peneliti di University College London.

Gemuk
Para ahli di Australia menemukan bahwa duduk dalam kurun waktu lama membuat lingkar pinggang lebih besar. Selain itu juga memicu peningkatan kolesterol jahat dalam darah. Peneliti Dr. Genevieve Healy dari University of Queensland mengatakan: “Pergerakan kecil seperti berdiri selama satu menit, dapat membantu untuk menurunkan resiko ini.” Nah, bagi kamu yang terus-terusan usaha mau diet, hati-hati banget lohh yaa..

Penggumpalan darah
Duduk terlalu lama didepan komputer meningkatkan resiko terkena Deep Vein Thrombosis. DVT maksudnya ialah adanya penggumpalan darah pada pembuluh darah, dan bisa terbawa sampai ke paru-paru. Wah, yang namanya penggumpalan darah ya pasti bahaya, bisa ngundang rekan-rekan penyakit lainnya.

Demensia
Orang yang komputeran lebih dari 55 jam selama satu minggu punya daya ingat lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang komputeran kurang dari 41 jam. Waduh, bisa pikun usia dini ya ternyata. Kerja didepan komputer seharian dari pagi sampe sore disinyalir berhubungan dengan penyakit demensia / penurunan daya ingat.

Radiasi Listrik
Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa jika para pekerja yang berhubungan dengan listrik merasa gatal di tubuhnya, itu adalah efek debit listrik. Dengan syarat kalau ga ada nyamuk di sana yah, haha. Monitor laptop / komputer juga memancarkan radiasi lho, sahabat. Dan bagian yang radiasinya paling besar itu ada di bagian belakang monitor. Kamu bisa taroh kaktus di meja kamu, konon katanya bisa gurangi radiasi. Tapi jangan taroh komputermu di pohon kaktus ya…

Bahaya Keyboard
Sebuah studi menunjukkan kalau keyboard komputer adalah sarang bakteri. Sarang bakteri? Iya! Terdapat banyak sekali bakteri di keyboard komputer, apalagi kalau komputer umum seperti warnet. Pasalnya, bakteri ini lebih berbahaya daripada bakteri yang ada di toilet. Dr. Peter Wilson, seorang ahli mikrobiologi, mengatakan bahwa bakteri keyboard berhubungan langsung dengan hidung dan saluran pencernaan. Hal ini dihubungkan dengan frekuensi tangan kita menyentuh keyboard dan menyentuh hidung atau mulut. Hmmm, harus rajin-rajin bersihin keyboard nih. Yang suka komputeran sambil nyamil, hati-hati karena selain bisa bikin gangguan pencernaan juga bisa bikin gemuk :p

Nah, bagi readers yang udah baca, diharapkan jangan bermain komputer terlalu lama ya, mimin aja udah berusaha banget mau insaf main laptopnya. Hihihi..
Yaudah itu dulu ya readers. Terima kasih.:)

Wassalamualaikum. Wr. Wb

Post a Comment for "Bahaya Terlalu Lama Bermain Laptop"