//verifikasi //verifikasi Potensi Diri Manusia - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Potensi Diri Manusia

Assalamualaikum readers.
Pernahkah kalian bingung, akan jadi apa aku besar nanti? Aku bisa apa? Aku tidak ada kepandaian!
Seringkali kita terjebak dalam pemikiran seperti itu. Mimin juga sering begitu sih. Kita terkadang bingung apa potensi dari diri kita, apa yang kita bisa, dan apa yang kelebihan dalam diri kita.
Sebenarnya banyak sekali cara untuk mengenali potensi diri kita sehingga kita tak perlu bertanya macam-macam pada diri kita sendiri. Setiap orang bahkan diciptakan oleh Allah memiliki kelebihannya masing-masing, hanya saja kita sebagai manusia belum mau membuka diri kita untuk itu.


Allah SWT berfirman dalam surah Ar-raad Ayat 79 yang artinya “Sesungguhnya Allah tidak mengubah suatu kaum sampai mereka mengubah diri mereka sendiri.”
Jadi bagi kalian yang hanya terdiam dan tetap fokus cuma buat bingung aja untuk mengenali potensi diri kalian, percaya deh, ga’ bakalan berubah-ubah kalo ga’ ada usaha.
Jadi mimin ada tips nih biar kalian tau potensi diri kalian.
Cekidot.

Langkah pertama yaitu coba fikirkan apa saja aktivitas yang bikan kita selalu senang, santai, selalu membuat kita terbawa suasana gembira, dan rileks. Misal kita suka sekali membaca, nah berarti kita banyak referensi dong dalam pemikiran kita, nah dengan itu kita bisa berusaha buat jadi penulis, wartawan dan sebagainya

Langkah kedua, jangan minder dengan apa yang kita suka. Misal nih, kita kan ngga suka pelajaran-pelajaran berbau peminatan IPA. Nah kita paksain buat masuk IPA karena minder, padahal kita tidak ada potensi sama sekali di bidang tersebut dan lebih menyukai IPS. Maka dari itu buanglah rasa minder kalian guys, karena menurut pepatah mimin “Dimana tempat kita berada itu tidak masalah, hanya bagaimana cara kita menempatkan diri kita agar tetap menjadi yang terbaik”.

Langkah ketiga, jangan paksakan diri. Pada saat kita tidak menyukai sesuatu tapi kita selalu memaksakan untuk melakukan hal tersebut, misalnya dalam pelajaran maka berhentilah sejenak, apabila memang tidak bisa tanyakan pada orang lain. Karena sesuatu yang dipaksakan akan membuat kita jenuh dan menutupi sesuatu yang kita suka dari diri kita

Langkah keempat, kelebihan kita juga bisa dinilai dari cara kita menyikapi keadaan. Orang yang memiliki kelebihan terhadap suatu bidang, biasanya ia bisa melihat peluang dari bidang yang diminati. Suatu penglihatan atau feeling yang mungkin tak terlihat, tak terpikirkan atau bahkan dianggap tidak mungkin oleh orang lain.

Langkah kelima. “Let’s do it.” Jika kalian sudah menlakukan langkah-langkah diatas dan menemukan sebuah potensi yang sesungguhnya dalam diri kita, maka kembangkan. Jangan sampai ada dinding yang menghalangi kita untuk melakukan sesuatu tersebut. Percaya diri adalah kuncinya, jangan minder dan tetaplah berusaha, maka kamu dapat memanfaatkan potensi diri tersebut untuk masa depan kalian.

Oke itu saja coretan dari mimin, hanya sekedar tahap pengenalan potensi diri, selebihnya dari diri kalian masing-masing, mau berusaha atau tidak.
Sekian salam mimin.

Wassalamualaikum. Wr. Wb

Post a Comment for "Potensi Diri Manusia"