//verifikasi //verifikasi Makalah Artikel dan Makalah - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makalah Artikel dan Makalah



Artikel
A.    Pengertian Artikel
Mungkin sudah sering kita lihat yang satu ini tapi banyak dari kita belum mengetahuinya itu tulisan jenis apa,Artikel adalahtulisan yang berisi pendapat, ide atau fakta yang mana kadang kala menghibur, mendidik ataupun mengkritisi yang disebar luaskan melalui media massa baik online maupun offline.
Untuk menulis sebuah artikel siapapun bisa melakukannya dan itu mudah, tapi hasil dari tulisan masing masing individu dijamin berbeda.   Nah setelah pesatnya perkembangan zaman banyak individu mampu menuliskan artikel di berbagai media online, dimana mereka dapat menuliskan apapun tanpa ada batasan, ada yang disukai oleh masyarakat dan ada juga yang dibenci karena menjatuhkan.
B.     Tujuan penulisan artikel
a)      Tujuan Penugasan
Misalnya seorang siswa sekolah yang diberi tujuan untuk menulis sebuah artikel.
b)      Tujuan Informasi
Artikel yang tujuannya semata-mata untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai sebuah hal.
c)      Tujuan Persuasi (membujuk)
Artikel yang mengulas sesuatu hal yang didalamnya terkandung muatan pembujukan kepada pembaca untuk melakukan suatu hal atau membeli suatu barang. Misalnya artikel tentang diabetes yang terselip materi promosi akan suatu produk bebas gula yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Secara tidak langsung, ini menjadi sanggahan akan ciri obyektif sebuah artikel yang telah disebutkan diatas.
d)     Tujuan Entertainment
Artikel yang tujuannya untuk menghibur pembaca.
e)      Tujuan Eksistensi
Artikel yang ditulis untuk menjadi penegasan diri atau untuk menyatakan eksistensi diri penulis kepada pembaca.
f)       Tujuan Kreatif
Artikel yang ditulis untuk penyaluran suatu ide.
g)      Tujuan Pemecahan masalah
Yakni artikel yang ditulis dengan tujuan membantu pembaca memecahkan permasalahan yang dihadapi.
C.     Jenis-jenis Artikel dan contohnya
a)      Artikel Eksploratif
Artikel atau tulisan yang berisi ungkapan dari fakta-fakta menurut sudut pandang si penulis.
Contoh artikel Eksploratif : Makalah penelitian
b)      Artikel Eksplanatif
Adalah tulisan yang dibuat untuk menerangkan atau menjelaskan suatu hal kepada pembaca menurut berbagai sudut pandang, terutama dari sudut penulisnya.Contoh artikel Eksplanatif : Buku berjudul “3 Ciri Pribadi Sukses” oleh (Kevin Wu. Gatra, 16 Maret 2011), serta buku-buku sejenisnya yang lain
c)      Artikel Deskriptif
Artikel atau tulisan yang disusun untuk menggambarkan sebuah permasalahan yang sedang terjadi dalam masyarakat.Contoh artikel Deskriptif : Berita tentang aksi tawuran antar kampong.
d)     Artikel  Prediktif
Artikel yang memuat tentang sesuatu yang sifatnya akan atau belum terjadi, menurut analisa si penulis.Contoh artikel Prediktif : Prakiraan cuaca, Prediksi skor (hasil) pertandingan sepakbola
D.    Syarat –syarat Khusus dalam Pembuatan Artikel
Artikel adalah salah satu karya ilmiah yang memerlukan syarat-syarat khusus dalam pembuatannya sebagai berikut :
a)      Lugas, yaitu penulisan langsung menuju persoalan.
b)       Logis, yaitu segala keterangan yang dipaparkan, memiliki dasar dan alasan yang logis (masuk akal) dan dapat diuji kebenarannya.
c)      Tuntas, yaitu masalah dikupas secara mendalam.
d)     Obyektif, yaitu keterangan yang disajikan sesuai dengan data dan fakta yang ada.
e)      Cermat, yaitu berusaha menghindari berbagai kekeliruan walau sekecil apapun.
f)       Jelas dan padat, yaitu keterangan yang dikemukakan dapat dipahami pembaca dan tidak bertele-tele.
g)      Tidak melibatkan emosi berlebihan, seperti rasa haru, marah, benci atau kagum yang diungkapkan secara berlebihan.
h)      Terbuka dan tidak egois, yaitu menerima kemungkinan pendapat baru dan tidak merasa diri paling benar.
i)        Memperhatikan bahasa baku dan mengikuti kaidah tanda baca yang diakui.

E.     Sistematika Penulisan Artikel
a)      Sistematika penulisan artikel hasil penelitian
·         Judul, disusun maksimal 14 kata dalam tulisan bahasa Indonesia 10 kata dalam tulisan bahasa Inggris.
·         Nama penulis, ditulis tanpa gelar akademik atau gelar kebangsawanan. Lembaga tempat penulis bekerja ditulis dalam catatan kaki disertai alamat yang bisa dihubungi, baik e-mail, alamat kantor, ataupun rumah.
·         Abstrak, disusun dalam satu paragraf berisi latar belakang penelitian, tujuan, metode, dan hasil penelitian. Abstrak maksimal 100 kata.
·         Kata kunci, berupa kata-kata penting (kata kunci dalam tulisan).
·         Pendahuluan, berisi uraian tentang latar belakang, tujuan, manfaat, dan metode penelitian. Pendahuluan ditulis tanpa subjudul, disusun maksimal 10% dari keseluruhan tulisan.
·         Tinjauan pustaka, hanya berisi teori yang relevan dengan penelitian. Maksimal 15% dari keseluruhan tulisan.
·         Hasil penelitian, berisi uraian tentang hasil penelitian, disusun maksimal 20% dari keseluruhan tulisan.
·         Pembahasan, berisi uraian tentang hasil penelitian dan implikasi yang dihasilkan dari penelitian. Pembahasan ini merupakan inti dari artikel jurnal, disusun maksimal 50% dari keseluruhan tulisan.
·         Kesimpulan dan saran, disusun maksimal 5% dari keseluruhan tulisan.
·         Pustaka rujukan, menggunakan sumber buku dan jurnal maksimal 10 tahun terakhir.
b)     Sistematika penulisan artikel hasil pemikiran (nonpenelitian)
·         Judul, disusun maksimal 14 kata dalam tulisan bahasa Indonesia 10 kata dalam tulisan berbahasa Inggris.
·         Nama penulis, ditulis tanpa gelar akademik atau gelar kebangsawanan. Lembaga tempat penulis bekerja ditulis dalam catatan kaki disertai alamat yang bisa dihubungi, baik e-mail, alamat kantor, ataupun rumah.
·         Abstrak, disusun dalam satu paragraf maksimal 100 kata.
·         Kata kunci, berupa kata-kata penting (kata kunci) dalam tulisan
·         Pendahuluan, berisi tentang uraian latar belakang, masalah tujuan, dan manfaat, ditulis tanpa subjudul, disusun maksimal 20% dari keseluruhan tulisan.
·         Pembahasan, terdiri atas beberapa subjudul berisi uraian tentang masalah yang dibahas. Pembahasan ini merupakan inti dari artikel jurnal, disusun maksimal 70% dari keseluruhan tulisan.
·         Penutup (kesimpulan dan saran), disusun maksimal 10% dari keseluruhan tulisan.Pustaka rujukan, menggunakan sumber buku dan jurnal maksimal 10 tahun terakhir.
Makalah
A.    Pengertian Makalah
Makalah merupakan naskah yang sistematik dan utuh yang berupa garis-garis besar (outlines) mengenai suatu masalah, dan ditulis dengan pendekatan satu atau lebih disiplin keilmuan tertentu, baik itu menguraikan pendapat, gagasan maupun pembahasan dalam rangka pemecahan masalah tersebut.
Makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.Makalah tersebut ditulis untuk disajikan dalam forum ilmiah atau tugas-tugas terstruktur. Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang memiliki ciri atau sifat ilmiah yaitu: objektif, tidak memihak, berdasarkan fakta, sistematis, dan logis.Nah akhirnya kita mengerti akan pengertian makalah.

B.     Tujuan Penulisan Makalah
Suatu makalah dibuat untuk mengevaluasi hasil kerja kita untuk dijadikan acuan dan diintervenkasikan di muka umum agar bisa dipahami dan bisa disebar luaskan agar bisa berguna bagi orang lain. Dengan makalah kita bisa memberikan gambaran tentang hasil kerja kita beserta contoh-contohnya dan solusi dari masalah yang kita hadapi agar dpt menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat dan tepat sasaran, jadi makalah akan bisa lebih berguna lagi kalau dari hasil kajian-kajian kita selama ini ternyata bisa memberikan kepastian bagi orang lain sehingga bisa menimbulkan gagasan baru atau semangat bekerja yang lebih tinggi bagi orang lain.
C.    Jenis – jenis Makalah
Berdasarkan sifat dan jenis penalaran yang dipakai, makalah dibedakan menjadi tiga katagori, yaitu makalah deduktif, makalah induktif dan makalah campuran.
  1. Makalah Deduktif adalah makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoritis (pustaka) yang relevan dengan masalah yang dibahas.
  2. Makalah Induktif adalah makalah yang disusun berdasarkan data empiris yang bersifat objektif sesuai apa yang diperoleh dari lapangan serta relevan dengan permasalahan yang dibahas.
  3. Makalah campuran adalah makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoritis yang digabungkan dengan data empiris yang relevan sesuai dengan topik yang dibahas. Makalah campuran ini bisa disebut juga dengan malalah ilmiah. Karena didalamnya membahas mengenai permasalahan tertentu berdasarkan data yang ada dilapangan, bersifat objektif, dan didasarkan pula dengan teori – teori yang ada. Makalah campuran dibagi menjadi 6 macam (Maimunah, 2011:90 – 91), yaitu :
  • Makalah Ilmiah. Istilah makalah ilmiah pada umumnya dipakai bagi karya tulis hasil studi ilmiah yang berisi masalah dan pembahasannya karena studi semacam ini bersifat ilmiah, sudah selayaknya bila makalah ini ditulis secara obyektif-empiris melalui proses berpikir deduktif-induktif, dan tidak mengungkapkan pendapat penulis yang subyektif. Gaya bahasa yang dipakai dalam makalah ilmiah adalah sederhana, lugas-tegas dan tidak mementingkan keindahan bahasa, seperti dalam sastra seni. Makalah ilmiah biasanya ditulis dari belakang meja dan dimaksudkan sebagai suatu sarana pemecahan suatu masalah secara ilmiah. Sudah menjadi kewajiban penulis makalah ilmiah memerlukan studi kepustakaan dan ini terlihat pada refrensi yang dicantumkan.
  • Makalah Kerja. Makalah ini hampir sama dengan makalah penelitian. Makalah kerja pada umumnya dibaca dalam seminar. Makalah kerja disampaikan dalam bentuk argumentasi sebagai suatu hasil penelitian.  Jadi, dalam makalah kerja yang dibacakan itu harus ada masalah.
  • Makalah Kajian. Istilah ini dipakai untuk karya tulis ilmiah yang merupakan sarana pemecahan suatu  masalah yang kontroversial tanpa maksud untuk dibaca dalam suatu seminar. Makala kajian lazimnya tidak digolongkan sebagai makalah kerja.
  • Makalah Posisi. Istilah ini dipakai untuk karya tulis yang dissun karena terdapat masalah kontroversial. Makalah posisi ditulis karena diminta oleh suatu pihak sebagai alternatif pemecahan suatu masalah yang kontroversial. Prosedur pembahasan  dan penulisannya dilakukan secara ilmiah, masalahnya pun ilmiah.
  • Makalah Analisis. Makalah analisis adalah istilah yang sering dipakai didalam mata kuliah untuk membedakannya dengan expository essay, creative essay, ataupun komposisi yang merupakan karya – karya tulis berisi karangan biasa dan tidak berisi analisis. Makalah analisis berisi suatu analisis yang masalahnya telah ditentukan sebelumnya. Karya tulis semacam ini sifatnya obyektif-empiris.
  • Makalah Tanggapan. Bentuk karya tulis ini sering ditugaskan kepada mahasiswa. Makalah tanggapan dipakai untuk karya tulis pemenuhan tugas yang berupa reaksi terhadap suatu bacaan. Makalah tanggapan dimaksudkan sebagai latihan dan biasanya pendek karena pembahasan dilakukan secara ilmiah, maka pemberian data dari bacaan biasanya berupa kutipan langsung.
D.    Ciri-ciri makalah
1.      Merupakan hasil kajian literatur atau hasil laporan pelaksanaan kegiatan lapangan mengenai suatu permasalahan.
2.      Mendemonstrasikan pemahaman teoritik dan kemampuan menerapkan prosedur, prinsip dan teori yang berhubungan dengan permasalahan
3.      Menunjukkan kemampuan pemahaman isi dan berbagai sumber yang digunakan.
4.      Mendemonstrasikan kemampuan menyusun berbagai sumber informasi dalam satu kesatuan sintesis yang utuh.

E.     Sistematika penulisan makalah
Penulisan makala disusun per bab. Bab-bab tersebut terdiri atas:
a)      Bab I Pendahuluan
Bab ini terdiri atas:
·         Latar belakang, yang berisi alasan mendasar pemilihan topik. Dapat berupa paparan teoritis maupun paparan praktis, tetapi jangan libatkan alasan yang bersifat pribadi atau alasan subjektif.
·         Masalah atau topik bahasan, berisi intisari topik yang ingin dibahas, menggunakan bahasa yang singkat dan jelas.
·         Sistematika penulisan, berisi garis besar yaitu apa yang ditulis mulai dari pendahuluan, isi, sampai penutup.
·         Tujuan penulisan, berisi maksud tulisan, apa yang ingin dicapai dan deskripsi sasaran penulisan.
b)      Bab II Pembahasan
Bab ini berisi penjelasan tentang topik dan sub bagian dari topik dengan menyertakan data – data pendukung atau referensi.
c)      Bab III Penutup         
Bab ini terdiri atas:
·         Kesimpulan, berisi intisari dari hasil pembahasan dalam kalimat yang jelas. Anda juga dapat menuliskannya dalam bentuk poin-poin.
·         Implikasi, berisi dampak yang mungkin timbul dari pembahasan Anda. Poin implikasi ini boleh disertakan, boleh juga tidak.
·         Saran, berisi tentang rekomendasi atau tindak lanjut kepada pihak-pihak terkait.
d)     Daftar Pustaka
Berisi catatan semua sumber yang Anda pergunakan dalam menulis makalah.
e)      Lampiran
Berisi hal-hal yang bersifat pelengkap yang dipakai dalam proses penulisan makalah. Seperti data yang berupa angka, grafik, atau deskripsi verbal yang dianggap sangat penting.Bagian ini tidak dimasukkan dalam batang tubuh makalah.Jangan lupa untuk member nomor halaman pada bagian lampiran ini.


Post a Comment for "Makalah Artikel dan Makalah"