//verifikasi //verifikasi MAKALAH SISTEM OPERASI UBUNTU - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MAKALAH SISTEM OPERASI UBUNTU



KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan Puji dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karuni-Nya dapat menyelesaikan penyusunan makalah Sistem Operasi Ubuntu.
Pada kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan penyusunan makalah Sistem Operasi Ubuntu ini. Semoga dengan adanya makalah Sistem Operasi Ubuntu  ini, dapat membantu dalam memahami materi Sistem Operasi Ubuntu.
Dalam pembuatan makalah ini, penulis masih sadar masih banyak terdapat kekurangan, terutama sekali dalam hal penyajian materi. Untuk itu kritik dan saran pembaca saat penting bagi penulis.
Akhir kata semoga Makalah Sistem Operasi Ubuntu ini dapat berguna bagi diri penulis pada khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.



                                                                                                             Jember, 10 Oktober 2017


                                                                                                                     Penyusun













DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………………….

DAFTAR ISI……………………………………………………………...........

BAB I : PENDAHULUAN……………………………………………………
1.1  Latar Belakang………………………………………………………………....
1.2  Rumus Masalah…………………………………………………………………
1.3  Tujuan Penulisan…………………………………………………………………

BAB II : PEMBAHASAN………………………………………………………
2.1. Sejarah Linux Ubuntu …………………………………...…………
2.2. Filosofi Ubuntu...…………………………...………… ...…………
2.3. Kelebihan & Kekurangan Linux Ubuntu...…………………………
2.4. Versi Liris Ubuntu ...…………………………...…………
2.5. Varian Jenis Ubuntu...…………………………...…………

BAB III : PENUTUP……………………………………………………..……
3.1  Kesimpulan…………………………………………………………
3.2  Saran…………………………………………………………………

















BAB I PENDAHULUAN


1.1                   LATAR BELAKANG

Bagi sebagian orang awam, mungkin sistem operasi open source dianggap sulit pengoperasiannya dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Windows, bahkan ada yang belum mengetahuinya. Padahal, dalam pengoperasiannya, Linux sudah dipakai pada sistem-sistem operasi di perusahaan-perusahaan besar, kantor, bahkan sudah dipakai di konsol game seperti PS2, PS3, Nintendo, dan Xbox360. Sesuai bahasan ini, Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux berbasiskan Debian yang paling popular akhir-akhir ini di kalangan penggemar open source di seluruh dunia. Kesuksesan Ubuntu ini adalah terletak pada tingkat kestabilan yang baik serta user friendly.
Diharapkan, dengan adanya informasi ini pembaca dapat mengetahui apa itu Ubuntu serta dapat mempelajarinya agar dapat mengikuti perkembangan sistem operasi open source Linux khususnya Ubuntu.



1.2                   RUMUSAN MASALAH

Pada subbab ini, akan dijelaskan berbagai rumusan masalah mengenai Ubuntu. Rumusan masalah mengenai Ubuntu. Rumusan masalah akan menyangkut berbagai pertanyaan seputar Ubuntu.
1.      Sejarah Ubuntu
2.      Filosofi Ubuntu
3.      Kelebihan dan Kekurangan Ubuntu
4.      Versi dan Rilis Ubuntu
5.      Varian Jenis Ubuntu



1.3                  TUJUAN PEMBAHASAN
Tujuan Pembahasan dibagi menjadi 2, yaitu :
1. Tujuan Umum : Untuk memperkenalkan dan menjelaskan U
buntu kepada para pembaca dan  dapat mengerti dan paham fungsi-fungsinya.

2. Tujuan Khusus :
 1. Sejarah Ubuntu
2. Filosofi Ubuntu
3. Kelebihan dan kekurangan ubuntu
4. Versi dan Rilis Ubuntu
5. Varian Jenis Ubuntu






BAB II PEMBAHASAN

2.1 SEJARAH UBUNTU


Ubuntu berasal dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan yang berarti “rasa perikemanusiaan terhadap sesame” dan juga arti dari Ubuntu adalah “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Ubuntu merupakan salah satu distribusi linux, yang berbasiskan Debian yang diluncurkan tahun 2004. Proyek Linux itu sendiri dibiayai oleh perusahaan Canonical, Ltd, yaitu perusahaan yang dimiliki oleh kosmonot asal Afrika Selatan bernama Mark Shuttleworth, dimana perusahaan itu bermarkas di Eropa. Ubuntu pertama kali dibuat dengan tujuan : selalu gratis tanpa biaya lisensi, bersifat open source, siap dipergunakan dalam kondisi stabil, dan pengguna bebas mengembangkan maupun memodifikasi perangkat lunak tersebut.





2.2 FILOSOFI UBUNTU

Ubuntu sendiri sebagai sistem operasi open source mempunyai filosofi sebagai berikut :
· bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
· bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
· bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang  dibutuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi seseorang juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak sendiri sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang  diinginkannya. Bahkan sekarang banyak versi-versi buatan para programmer itu sendiri, seperti BlankOn tersedia bahasa Indonesia, lalu ada UbuntuME (Muslim Edition) untuk memfasilitasi kaum muslim dalam menggunakan sistem operasi yang siap pakai dan dilengkapi fitur Al-Qur’an, sholat time, dan lain-lain, serta varian lain yang dikembangkan oleh programmer-programmer lainnya. Ini bukti bahwa Ubuntu sangat terbuka, bahkan tak dipungkiri Ubuntu akan menyaingi Windows, perangkat lunak buatan Microsoft.



2.3 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN UBUNTU


Sebagai sistem operasi terbuka/open source, Ubuntu memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang antara lain:



KELEBIHAN UBUNTU :
·     Bebas Virus
       Virus saat ini lebih banyak menyerang OS Windows yang ber ext.exe. Ubuntu didesain lebih kompatibilitas dan tentu berbeda dengan OS Windows pada umumnya, sehingga memungkinkan virus sangat sulit masuk ke OS Ubuntu.

·  3D Interface
       Ubuntu mampu membuat dan menampilkan interface 3D (Beryl) yang tak kalah bagus dengan Aero buatan Microsoft (pada Windows Vista). Bahkan interface Ubuntu ini lebih menawan dibandingkan dengan Aero dan hanya membutuhkan spesifikasi yamg tidak tinggi. Bandingkan dengan Aero yang membutuhkan spesifikasi yang tinggi (lebih dari 2GB).

·   Kemudahan Migrasi
·      Advance linux
       Walaupun sederhana pada awalnya, Ubuntu juga dapat dikonfigurasikan menjadi sangat canggih. Dalam proses instalasi suatu program, Ubunru menggunakan paket manajemen sistem berbasis Apt (tentu berbeda dengan Windows). Apt merupakan sistem manajemen yang memudahkan pengguna dalam mengelola suatu software.

·      Less Is More
       Kelebihan Ubuntu yang terbesar adalah kesederhanaannya. Berkat kesederhanaan ini, orang awam yang bertahun-tahun menggunakan Windows pun dapat menggunakan Ubuntu sekalipun tanpa ada gangguan yang berarti.

·      Free alias gratis
·       User Friendly

KEKURANGAN UBUNTU :

1.     Koneksi internet yang membutuhkan plugin serta
 update yang sulit.
 2.     Fitur Standard.
Setelah proses instalasi selesai, sistem operasi Ubuntu tidak sepenuhnya bisa dipakai langsung oleh pengguna. Dalam pemakaiannya ada beberapa fitur yang harus kita tambahkan sendiri setelah proses instalasi.

3.  Tidak User Friendly
Sebenarnya Ubuntu merupakan OS yang user friendly. Entah mengapa, dalam tampilan itu sendiri, Ubuntu sudah akrab dengan para user, terutama programmer yang ahli. Namun pada kenyataanya, sistem ini sangat membutuhkan pemasangan/plugin untuk menjalankan senuah aplikasi.



2.4 VERSI DAN  RILIS UBUNTU

Setiap rilis mempunyai nama kode dan nomor versi. Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober. Rilis ubuntu biasanya terdiri dari berbagai edisi, yaitu edisi Desktop, Server, dan Netbook. Perbedaan mendasar pada ketiganya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya command prompt saja.
Daftar rilis Ubuntu yang telah dirilis dan yang direncanakan untuk dirilis:
Versi
Tanggal Rilis
Nama kode
Sub Versi
Didukung sampai
4.10
20 Oktober 2004
Warty Warthog
Sounder
30 April 2006
5.04
8 April 2005
Hoary Hedgehog
Array
31 Oktober 2006
5.10
13 Oktober 2005
Breezy Badger
Colony
13 April 2007
6.06 LTS
(Long Term Support)
1 Juni 2006
Dapper Drake
Flight
Juni 2009 (desktop)
Juni 2011 (server)
6.10
26 Oktober 2006
Edgy Eft
Knot
April 2008
7.04
19 April 2007
Feisty Fawn
Herd
Oktober 2008
7.10
18 Oktober 2007
Gutsy Gibbon
Tribe
April 2009
8.04 LTS
(Long Term Support)
21 April 2008
Hardy Heron
Siege
April 2011 (desktop)
April 2013 (server)
8.10
30 Oktober 2008
Intrepid Ibex
9.04
23 April 2009
Jaunty Jackalope
9.10
29 Oktober 2009
Karmic Koala
10.04 LTS
29 April 2010
Lucid Lynx
10.10
10 Oktober 2010
Maverick Meerkat
11.04
28 April 2011
Natty Narwhal[

Release code Ubuntu terdiri dari dua kata yang berupa adjective (kata sifat) yang diikuti dengan nama hewan yang disusun secara alphabetis setiap rilisnya, kecuali versi 6.06 ke bawah (4.10; 5.04; 5.10). Misalnya Hardy Heron, terdiri dari kata sifat hardy (Bold; brave; stout; daring; resolute; intrepid.[1913 Webster]) dan heron (sejenis burung).
CD Ubuntu dapat diperoleh secara bebas/gratis dalam bentuk iso maupun kepingan cd melalui shipit. Bagi pengguna Internet di Indonesia dapat mengunduh berkas Ubuntu lebih cepat dari cermin-cermin yang ada di Indonesia dibandingkan mengunduh dari situs luar.

2.5 VARIAN JENIS UBUNTU



Ubuntu memiliki beberapa varian, dikarenakan Ubuntu merupakan OS yang open source atau terbuka, sehingga varian-varian Ubuntu dibuat secara banyak oleh para ahli profesional maupun programmer itu sendiri. Beberapa varian Ubuntu antara lain:

      Sabily (dulu Ubuntu Muslim Edition)
      Xubuntu
      Kubuntu
      Edubuntu
      CrunchBang
      Linux Mint
      Super Ubuntu
      Ubuntu Ultimate
      aUbuntu
      OpenGEU
      UbuntuCE (Christian Edition)
      Ubuntu satanic Edition
      Ubuntu Studio
      BlankOn
      DewaLinux
      GoBuntu
      Ubuntu Mobile



BAB III PENUTUP



3.1 KESIMPULAN

Dengan demikian, dari beberapa subbab dapat diambil kesimpulan antara lain :

1.              Ubuntu berasal dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan yang berarti “rasa perikemanusiaan terhadap sesame” dan juga arti dari Ubuntu adalah “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Ubuntu merupakan salah satu distribusi linux, yang berbasiskan Debian yang diluncurkan tahun 2004. Proyek Linux itu sendiri dibiayai oleh perusahaan Canonical, Ltd, yaitu perusahaan yang dimiliki oleh kosmonot asal Afrika Selatan bernama Mark Shuttleworth, dimana perusahaan itu bermarkas di Eropa.

2.              Ubuntu sendiri sebagai sistem operasi open source mempunyai filosofi sebagai berikut  : perangkat lunak harus tersedia secara bebas, aplikasi tersebut harus dalam bahasa local dan dapat digunakan oleh orang yang cacat fisik, dan pengguna harus mempunyai kebebasan mengubah atau memodifikasi perangkat lunak sesuai apa yang diinginkannya.

3.              Kelebihan Ubuntu antara lain : Free, bebas virus, 3D interface. Sedangkan kekurangannya adalah : koneksi internet masih membutuhkan plugin yang banyak, fitur standar, serta tidak user friendly.

4.              Versi dan rilis Ubuntu berdasarkan nama kode dan nama versi. . Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober.

5.              Ubuntu memiliki beberapa varian, antara lain : Xubuntu, Edubuntu, Gobuntu, Muslim Edition, dan lain-lain.

Post a Comment for "MAKALAH SISTEM OPERASI UBUNTU"