//verifikasi //verifikasi RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SEKOLAH DASAR (SD) Gemar Bernyanyi dan Menari - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SEKOLAH DASAR (SD) Gemar Bernyanyi dan Menari

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan        :        SDN 06 BANYUASIN III
Kelas / Semester             :        I / 1 (Satu)
Tema                               :        KEGEMARANKU
Sub Tema                       :        Gemar Bernyanyi dan Menari
Alokasi Waktu               :        1 X Pertemuan (5JP)
Pembelajaran                 :        1

A.           KOMPETENSI  INTI
1.             Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.             Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.             Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.             Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.            KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
          Bahasa Indonesia
3.1.  Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud,
          dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4.  Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5.  Membuat teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat secara
          mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
v   Membaca teks lagu yang dipelajari dengan lancar
v   Menyajikan informasi dalam bentuk tabel
v   Menceritakan hasil pengamatan dengan lancar
v   Menuliskan kembali teks lagu yang dipelajari dengan benar
          Seni Budaya dan Prakarya
4.7.    Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagi    
                   Indikator:
v   Menyanyikan lagu Cing Gemerincing dengan lancar dan percaya diri sesuai irama
Matematika
4.6.  Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik
          konkret dan piktograf
          Indikator :
v   Menuliskan hasil wawancara dalam bentuk diagram/grafik gambar
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
4.4.  Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di
          rumah dan sekolah
          Indikator :
v   Menjelaskan perbedaan antara dua karakteristik individu secara lisan

C.           TUJUAN PEMBELAJARAN
Mana yang Lebih Banyak dan Lebih Sedikit?
v   Dengan kegiatan praktik siswa mampu menyanyikan lagu ‘Cing Gemirincing’ dengan lancar dan percaya diri.
v   Dengan melakukan wawancara kepada teman, siswa mampu melengkapi grafik gambar data hasil wawancara dengan benar.
Mengidentifikasi Perbedaan Suara
v   Dengan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi perbedaan suara
v   keras, suara sedang, dan suara lembut dengan tepat.
v   Setelah mengidentifikasi, siswa mampu membedakan mana suara keras, suara sedang, dan suara lembut.

D.           MATERI PEMBELAJARAN
1.             Mana yang Lebih Banyak dan Lebih Sedikit?
 
























2.             Mengidentifikasi Perbedaan Suara

 













E.            METODE PEMBELAJARAN
          Pendekatan       :      Tematik
          Model                       :     Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
          Metode              :      Belajar Aktif

F.            MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
v   Buku Siswa Tema 2 “ Kegemaranku“ Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013. Hal 30 - 34
v   Buku Guru Tema 2 “ Kegemaranku“ Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013. Hal 28 - 31
v   Teks dan not lagu Cing Gemerincing
v   Karton
v   Teks Lagu

G.           KEGIATAN PEMBELAJARAN
          a.       Pendahuluan
1.             Berbaris di depan kelas dan menyebutkan nomor urut dalam barisan
2.             Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
3.             Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
4.             Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa

          b.      Kegiatan Inti
                   Mana yang Lebih Banyak dan Lebih Sedikit?
1.             Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kepada siswa siapa di antara mereka yang suka bernyanyi
2.             Guru menyampaikan bahwa setiap orang memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Ada yang pandai bernyanyi, ada juga yang pandai dalam hal yang lain.
3.             Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan bernyanyi.
4.             Siswa menyanyikan lagi “Cing Gemerincing” bersamasama dengan bimbingan guru.
5.             Kemudian, siswa diminta menyanyikannya bergantian secara berpasangan di depan kelas.
6.             Setelah siswa mendapat giliran guru meminta siswa melakukan survei sederhana tentang lagu kesukaan teman-temannya
7.             Siswa mendengarkan penjelasan tentang bagaimana melakukan survei.
8.             Selanjutnya siswa melakukan survei untuk lagu-lagu yang lain.
9.             Jika telah selesai melakukan survei maka seluruh siswa membuat tanda “orang tersenyum”(contoh pada buku siswa) sebanyak siswa yang memilih suatu lagu.
10.         Guru berkeliling untuk mengamati kerja siswa
11.         Setelah semua siswa selesai, siswa diminta mengamati hasil pekerjaannya.
12.         Guru bertanya,”Apa lagu yang paling banyak disukai siswa?”, “Apa lagu yang paling sedikit disukai siswa?”, “Buat urutan dari lagu yang paling banyak disukai siswa!”, dan “Buat urutan dari lagu yang paling sedikit disukai siswa!”
13.         Guru menjelaskan bahwa informasi yang dibuat dalam bentuk seperti itu disebut dengan piktograf atau grafik gambar.
14.         Selanjutnya siswa diminta untuk melengkapi tulisan yang ada di buku siswa pembelajaran 1 tentang lagu kesukaan.
15.         Siswa diminta menceritakan hasilnya kepada teman dan guru.
Mengidentifikasi Perbedaan Suara
1.             Siswa bersama guru menyanyikan kembali lagu “Cing Gemerincing”.
2.             Sebelumnya guru meminta siswa untuk menebalkan tulisan di buku siswa.
3.             Siswa menyanyikan lagu Cing Gemerincing.
4.             Siswa dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama menyanyikan lagu, kelompok lainnya mendengarkan.
5.             Berikutnya kelompok kedua menyanyikan lagu, kelompok pertama mendengarkan.
6.             Kelompok kedua menyanyikan sekali lagi kelompok pertama mendengarkan dengan telingan ditutup dengan jari.
7.             Guru menanyakan perbedaan suara yang didengar.
8.             Kemudian siswa diminta untuk mendengarkan suara-suara di sekitar dengan semua siswa diam.
9.             Siswa dan guru mendiskusikan suara-suara tersebut,hingga akhirnya guru menjelaskan bahwa suara itu ada yang keras, sedang, dan ada yang lembut.
10.         Guru meminta siswa untuk membandingkan lagu yang dinyanyikan sendiri dengan yang dinyanyikan bersama-sama (paduan suara).
11.         Siswa juga diminta untuk melakukan percobaan, yaitu mendengarkan teman yang bicara berhadaphadapan, teman yang berbicara dengan berbisik, dan teman yang sedang memanggil teman lain yang jauh dari dia.
12.         Setelah melakukan percobaan dan memperhatikan suara-suara di sekitar, siswa diminta melakukan latihan di buku siswa memberi tanda √ pada table yang tersedia di buku siswa. Jika terdengar suara keras, memberi ceklis pada kolom K, memberi tanda ceklis pada kolom L jika terdengar suara pelan/lembut dan S pada kolom sedang.
13.         Dari seluruh data yang ada pada tabel siswa diminta untuk menuliskan suara yang paling keras dan yang paling lembut.

          c.       Kegiatan Penutup
1.             Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2.             Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal
3.             Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
4.             Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik

H.           PENILAIAN
1.             Observasi (Pengamatan)
2.             Penilaian Tertulis

Lembar Pengamatan Menyanyikan Lagu dan Membuat Tabel Piktograf

No.
Krirteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)

1.
Siswa mampu menyanyikan lagu Cing Gemerincing
....
....

2.
Siswa mampu menampilkan informasi dalam tabel /piktograf.
....
....

3.
Siswa mampu melengkapi tulisan.
....
....


Menyetujui
Kepala Sekolah





(MARKONI,S.Pd.SD. )
NIP : 196412211991031003







……...., ………………… 20…        
Guru Kelas I





( D.MARTINA.S,S.Pd.SD.)
NIP: 196806151995092001




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan        :        SDN 06 BANYUASIN III
Kelas / Semester             :        I / 1(Satu)
Tema                               :        KEGEMARANKU
Sub Tema                       :        Gemar Bernyanyi dan Menari
Alokasi Waktu               :        1 X Pertemuan (5JP)
Pembelajaran                 :        2

A.           KOMPETENSI  INTI
5.             Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
6.             Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
7.             Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
8.        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.            KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
          Bahasa Indonesia
3.1.    Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud,
          dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4.    Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5.    Membuat teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat secara
          mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
v   Mendengarkan teks  lagu yang  di bacakan dengan tertib
v   Menirukan bacaan teks  lagu yang didengar
v   Membaca teks lagu  dengan nyaring
          Seni Budaya dan Prakarya
4.7    Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu   
                   Indikator:
v   Menyanyikan sebuah lagu pilihannya
Matematika
3.1.  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada  di sekitar rumah,sekolah, atau tempat bermain
4.3.    Menyatakan suatu  bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan duo buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator :
v   Menghitung jumlah kata-kata tertentu pada  teks lagu yang dipela jari
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
4.2   Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
4.3     Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan di sekolah
          Indikator :
v   Bekerjasama  dalam melakukan kegiatan kelompok

C.           TUJUAN PEMBELAJARAN
Bernyanyi dan Menghitung Kata pada Syair Lagu
v   Dengan bimbingan guru, siswa mampu menyanyikan lagu ‘Naik-Naik ke Puncak Gunung’ dengan lancar dan percaya diri.
v   Dengan mengamati teks lagu, siswa mampu menghitung jumlah kata-kata tertentu pada lagu tersebut dengan tepat.
Membaca dan Menyusun Teks Lagu
v   Dengan menggunakan teks lagu, siswa mampu membaca kalimat-kalimat yang ada pada syair lagu dengan benar.
v   Setelah membaca, siswa diminta menyusun potongan-potongan syair lagu dengan tepat.
v   Setelah menyusun potongan-potongan syair lagu, siswa dapat menentukan kata yang hilang dari satu penggalan lagu dengan tepat.

D.           MATERI PEMBELAJARAN
1.             Bernyanyi dan Menghitung Kata pada Syair Lagu
2.             Membaca dan Menyusun Teks Lagu

E.            METODE PEMBELAJARAN
          Pendekatan       :      Tematik
          Model                       :     Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
          Metode              :      Belajar Aktif

F.            MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
§         Buku Siswa Tema 2 “ Kegemaranku“ Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013. Hal 35 - 37
§         Buku Guru Tema 2 “ Kegemaranku“ Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013. Hal 32 - 34
§         Keyboard (jika ada)
§          Teks lagu yang ditulis pada kertas karton atau pada papan tulis, alat musik tradisional setempat.

G.           KEGIATAN PEMBELAJARAN
          a.       Pendahuluan
5.             Berbaris di depan kelas dan menyebutkan nomor urut dalam barisan
6.             Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
7.             Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
8.             Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa

          b.      Kegiatan Inti
Bernyanyi dan Menghitung Kata pada Syair Lagu
1.             Guru mengenalkan lagu anak-anak “Naik Naik ke Puncak Gunung”.
2.             Siswa dan guru menyanyikan lagu tersebut secara bersama-sama dengan penuh semangat.
3.             Setelah semua siswa bernyanyi, siswa diminta untuk mencari kata-kata yang sudah ditentukan di buku siswa dan menghitung jumlah kata tersebut dalam teks lagu yang dipelajari.
4.             Siswa menuliskan hasil pengamatannya pada tabel yang telah disiapkan dengan benar.
5.             Siswa menghitung total kata-kata tersebut dengan teliti.
6.             Siswa dan guru membahas hasil penghitungan secara bersama-sama.

Membaca dan Menyusun Teks Lagu
1.             Siswa mendengarkan teks lagu anak-anak yang dibacakan guru. (“Naik Puncak Gunung”).
2.             Setiap kelompok harus menyusun potongan-potongan kata tersebut menjadi teks lagu yang utuh.
3.             Kelompok siswa yang sudah selesai boleh membantu kelompok lain yang membutuhkan.
4.             Selanjutnya, siswa diminta melengkapi potongan lagu yang ditulis pada buku siswa.
5.             Siswa juga menuliskan kata-kata yang belum dimengerti.
6.             Siswa dan guru mendiskusikan kata-kata yang sulit dimengerti siswa pada teks lagu-lagu.

          c.       Kegiatan Penutup
1.             Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2.             Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal
3.             Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
4.             Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik

Kegiatan Bersama Orang tua :
v   Orang tua mengajak anak mendiskusikan suara-suara yang paling sering didengar dan membahas keras lembutnya

H.           PENILAIAN
1.             Observasi (Pengamatan)
2.             Tes Tertulis
Lembar Pengamatan Menyanyikan Lagu dan Membuat Tabel Piktograf
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
1.
Ketepatan
menyusun
potongan kata
menjadi sebuah
lagu.

Kelompok mampu
menyusun seluruh
potongan kata
menjadi lagu

Kelompok mampu
menyusun
setengah atau
lebih potongan
kata menjadi
sebuah lagu
Kelompok mampu
menyusun kurang
dari setengah
potongan kata
menjadi sebuah
lagu
Kelompok belum
mampu menyusun
potongan kata
menjadi sebuah
lagu.

(4)
(3)
(2)
(1)
2.
Kerja sama
kelompok
Seluruh anggota
kelompok
berpartisipasi aktif

Setengah atau
lebih anggota
kelompok
berpartisipasi aktif

Kurang dari
setengah anggota
kelompok
berpartisipasi aktif

Seluruh anggota
kelompok terlihat
pasi


(4)
(3)
(2)
(1)



Menyetujui
Kepala Sekolah





(MARKONI,S.Pd.SD. )
NIP : 196412211991031003







……...., ………………… 20…        
Guru Kelas I





( D.MARTINA.S,S.Pd.SD.)
NIP: 196806151995092001




Post a Comment for "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SEKOLAH DASAR (SD) Gemar Bernyanyi dan Menari"