//verifikasi //verifikasi Menanam Cabe Hidroponik Sangatlah Mudah - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menanam Cabe Hidroponik Sangatlah Mudah

Menanam Cabe Hidroponik Sangatlah Mudah - Jika kalian ingin menanam cabe dengan teknik hidroponik sebenarnya sangat sederhana, Sehingga kalian dapat membudidayakan cabe hidroponik di pekarangan rumah atau di tempat yang relatif sempit.


Menanam Cabe Hidroponik Sangatlah Mudah


Cabe Hidroponik

Karena mengingat cabe menjadi salah satu tanaman yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat dalam memasak dan membuat makanan sehari-hari maka sudah sangat dipastikan bahwa permintaan dari cabe di pasaran itu sangatlah tinggi,  sehingga sangat tepat jika kalian ingin membudidayakan cabe secara hidroponik karena selain dapat kalian konsumsi sendiri Kalian juga bisa menjual cabe dengan harga yang relatif tinggi.


Untuk itu maka ini menjadi peluang bagi kalian untuk membudidayakan cabe secara hidroponik untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Namun sebelum melakukan hal itu kalian harus membekali diri kalian dengan ilmu pengetahuan tentang hidroponik cabe ini, itu semua untuk mencegah terjadinya gagal panen pada saat menanam cabe secara hidroponik.


Oleh karena itu pendapat.id ingin membagikan tips bagaimana cara menanam cabe dengan menggunakan teknik hidroponik yang baik. Sehingga nantinya kalian dapat menghasilkan panen yang banyak dan dapat meraup keuntungan yang besar.


Memilih Benih Cabe


Sayuran yang baik diawali juga dengan benih yang baik,  oleh karena itu sangat penting bagi kalian untuk memilih benih cabe yang akan kalian tanam nantinya. kami sendiri menyarankan agar kalian  menggunakan bibit cabe  sebagai berikut :


 Cabe hibrida, ini akan menghasilkan buah cabe yang mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan oleh benih lokal.  karena benih ini sendiri diimpor langsung dari Taiwan dan Thailand.


Cabe lokal, cabe lokal ini sendiri mempunyai keunggulan dibandingkan cabe hibrida karena ia lebih Ih cocok dengan iklim,  cuaca dan tekstur tanah yang ada di Indonesia.


berikut beberapa Apa jenis benih cabe yang cocok atau bisa kalian gunakan kan untuk bercocok tanam cabe secara hidroponik :



Dari beberapa jenis benih cabe unggul di atas kalian dapat memilih salah satu untuk mendapatkan kan hasil panen yang baik. 


Penyemaian Benih Cabe




Penyemaian benih cabe dapat dilakukan kan dengan tujuan agar tanaman cabe itu memiliki kesempatan untuk hidup dan tumbuh berkembang dengan lebih baik.  Pada tahap ini sangat diperlukan perawatan dan kontrol yang sangat bagus agar benih yang sudah disemai dapat tumbuh dengan baik.  untuk tahap penyemaian benih sendiri kalian dapat melihat caranya dibawah ini :




Media Tanam Hidroponik

Untuk melakukan penanaman cabe dengan teknik hidroponik tentunya kalian harus mempersiapkan media tanam yang akan kalian gunakan pada saat budidaya cabe ini. 

 

Untuk membuat media tanam sendiri kalian bisa membuatnya dari sabut serat kelapa atau cocopeat dan juga bisa menggunakan campuran arang sekam untuk dijadikan media tanam.  untuk  tempat hidroponik nya sendiri kalian bebas menggunakan apa saja bisa juga dengan botol minuman bekas ataupun alat-alat Tani hidroponik lainnya.


Dan jangan lupa Kalian juga harus membuat sungguh baik dari kain atau media lainnya supaya penyerapan air dapat bertahan lama dan bagus.


Menanam Cabe


Selanjutnya adalah menanam cabe, namun sebelum masuk ke dalam media tanam sebelumnya kalian harus memastikan bahwa tanaman kalian sudah berusia 25 hingga 30 hari sejak masuk ke dalam tahap penyemaian supaya bibit yang dihasilkan sudah benar-benar bisa tumbuh dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan.


Ketika penanaman cabe kalian harus lakukan dengan sangat teliti karena jika bibit cabe mengalami kerusakan maka resiko gagal panen pun akan menjadi besar.


Kalian dapat mencabut bibit cabe dengan perlahan, dengan cara melakukan penyiraman pada tempat penyemaian supaya tanah menjadi lembab dan basah sehingga bibit cabe pun lebih mudah untuk dicabut.


Pastikan ketika kalian melakukan pemindahan benih cabe atau bibit cabe maka harus benar-benar membersihkan media semai dari bibit yang akan kalian pindahkan ke media tanam.


Kalian dapat melakukannya dengan membersihkan menggunakan air bersih secukupnya supaya bibit dan media semai itu benar-benar bersih dan terpisah.


Setelah itu kalian dapat meletakkan bibit-bibit tadi ke media tanam di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung karena sangat berbahaya jika terkena matahari secara langsung karena akan sulit bagi bibit cabe untuk langsung beradaptasi dengan media tanam.


Nutrisi Hidroponik


Yang sangat penting dari teknik penanaman cabe secara hidroponik adalah pemberian nutrisi yang tepat Sehingga nantinya bibit cabe dapat berkembang dengan maksimal dan panen yang didapatkan pun bisa Sesuai yang kita harapkan.


Pemberian nutrisi sendiri bisa kalian lakukan setelah Cabe itu berumur lima hingga tujuh hari setelah pemindahan dari semayan ke media tanam.


Tentunya pada teknik hidroponik cabe ini nutrisi ini dimaksudkan supaya Cabe itu dapat memenuhi nutrisi nutrisi dan unsur hara yang tidak diperolehnya dari tanah karena keterbatasan dari media tanam secara hidroponik.  pemberian nutrisi ini juga harus diukur dengan tepat karena pemberian nutrisi secara berlebihan akan memberikan dampak yang tidak baik begitu juga sebaliknya ketika pemberian nutrisi dilakukan secara kurang maka akan menghasilkan buah cabe yang kerdil.


Pemberian nutrisi sendiri harus sangat sangat memperhatikan dosisnya. untuk nutrisi awal cabe ini kalian bisa memberikan 600 hingga 700 PPMB atau sekitar 5 mili nutrisi B yang dicampur kan dengan 1 liter air.


Pemeliharaan


Dalam melakukan teknik budidaya cabe secara hidroponik maka kalian harus memperhatikan nutrisi yang di diberikan.  kalian harus memastikan bahwa cabe harus mendapatkan kan atau memperoleh unsur hara dalam jumlah yang pas dan cukup tidak lebih tidak kurang selain itu juga kelembaban tanah juga harus benar-benar diperhatikan kan supaya pertumbuhan dari cabe dapat secara optimal.


Penanggulangan penyakit cabe yang ditanam dengan hidroponik dapat dilakukan dengan penyemprotan pestisida organik atau Jika kalian ingin kalian juga bisa menggunakan pestisida kimia yang tentunya dilakukan secara berkala namun perlu diingat jangan melakukannya terlalu sering karena akan berpotensi juga untuk mempengaruhi nutrisi yang telah diberikan atau tercampur pada nutrisi yang telah kita berikan tadi.


Pemenuhan unsur hara pun menjadi hal yang sangat penting,  karena pemberian nutrisi saja tidak cukup pada perkembangan tanaman cabe hidroponik Kalian juga harus memperhatikan unsur hara supaya kalian dapat benar-benar memperhatikan  perkembangan dan juga proses pembuahan dari tanaman cabe ini. 


Panen


Masa panen dari cabe hidroponik sendiri itu  biasanya bisa dilakukan setelah tanaman berumur 80 hingga 90 hari setelah penanaman cabe dilakukan.


Kalian dapat melihat bahwa cabe sudah siap dipanen dengan memperhatikan warna cabe apabila sudah berwarna merah keseluruhan dan memiliki sedikit garis hijau maka sudah dipastikan cabe Kalian sudah siap untuk dipanen.


Berbagai cara dan tips menanam cabe hidroponik, yang bisa kalian lakukan di pekarangan rumah kalian dan tentunya tidak memerlukan lahan yang luas.  setelah membaca artikel ini tentunya kalian sudah siap untuk langsung mempraktekkan bagaimana cara cara menanam cabe hidroponik di rumah kalian sendiri.


Tanam cabe hidroponik sekarang juga dan nikmati hasil panen yang berlimpah.