//verifikasi //verifikasi Jenis - Jenis Iklan Admob - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - Jenis Iklan Admob

Jenis Iklan Google Admob - Untuk mengimplementasikan iklan pada aplikasi kalian, Admob memberikan empat jenis iklan yaitu banner, interstitial, native dan rewarded.




Untuk menampilkan iklan pada aplikasi kalian tentunya kalian harus menampilkan atau memasang iklan pada aplikasi kalian,  dalam hal tersebut Admob memberikan beberapa pilihan yang bisa menyesuaikan dengan  kebutuhan aplikasi kalian. Tentunya iklan ini ini disediakan oleh Google agar tidak mengganggu  user aplikasi kita.Perlu diketahui juga bahwa setiap jenis ataupun iklan juga dapat mempengaruhi penghasilan, oleh karena itu kami akan memberikan sedikit pemahaman dan pengetahuan mengenai jenis-jenis dari iklan Google Admob.


Sebelum masuk membahas jenis-jenis iklan, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu unit iklan.


 Jadi menurut Admob, unit iklan merupakan penampung  yang anda tempatkan pada aplikasi kalian yang berfungsi untuk menampilkan iklan kepada user atau pengguna aplikasi kalian. Kemudian unit iklan ini akan mengirimkan permintaan ke  admob, lalu iklan akan ditampilkan kan sesuai permintaan yang diterima. 


Kemudian saat membuat unit iklan, kalian dapat memilih beberapa format iklan ataupun jenis ikan yang sudah disediakan oleh Google.


Format Iklan dapat menentukan tampilan iklan dan tempat iklan muncul pada aplikasi.


Jenis Iklan itu menentukan berbagai macam iklan yang dapat ditampilkan unit iklan kepada pengguna.


Di bawah ini kita akan memberi tahu kalian beberapa format iklan yang dapat kalian pilih dan kalian terapkan kan,  dan setiap  masing-masing format iklan ini dikhususkan  untuk menampilkan jenis iklan yang berbeda-beda.

Jenis Atau Format Iklan Admob


Iklan Banner



Pada format iklan banner dapat menampilkan iklan persegi panjang yang menempati sebagian tata letak pada aplikasi.  dan juga kalian dapat mengatur agar iklan dapat diperbarui secara otomatis dengan jangka waktu tertentu.  dan unit iklan banner ini dapat menampilkan beberapa jenis iklan yaitu teks, gambar dan multimedia.


Perlu kalian perhatikan bahwa ketika kalian menerapkan iklan banner kalian harus dapat memperhatikan bahwa iklan itu tidak boleh menutupi sebagian konten dan sebaliknya juga konten tersebut tidak boleh juga menutupi sebagian iklan banner. 


Pada umumnya juga format iklan banner ini biasanya dipasang atau muncul di bagian atas dan bawah pada layar perangkat atau aplikasi kalian.


Cara Membuat Iklan Banner


Iklan Interstitial



Untuk format iklan kali ini biasanya iklan muncul satu layar penuh ketika adanya transisi atau jeda pada aplikasi. Namun pada iklan layar penuh ini terdapat tombol exit,  sehingga penggunaannya juga tidak mengganggu user. Pendapatan yang diperoleh atau dihasilkan ketika mengimplementasikan iklan ini juga termasuk besar tentunya lebih besar dari pendapatan iklan banner.


Kalian dapat menempatkan format iklan interstitial ini pada transisi natural di antarmuka aplikasi anda,  ketika ada  pengguna yang mengklik suatu tombol untuk berpindah ke antarmuka lain maka interstitial akan muncul di tengah  transisi tersebut.


Karena iklan interstitial ini menampilkan gambar atau video dengan  layar penuh maka diperlukan koneksi internet yang stabil.  untuk pengimplementasian format ikan ini juga harus sangat-sangat diperhatikan karena jika tidak sesuai,  maka bisa saja dapat mengganggu pengguna ketika menggunakan aplikasi.


Cara membuat Iklan Interstitial


Iklan Rewarded



Selanjutnya itu ada iklan reward,  iklan ini merupakan iklan yang paling banyak memberikan kontribusi atau penghasilan ketika kalian mengimplementasikannya. Namun biasanya penggunaan format iklan ini banyak digunakan di dalam game. Karena ketika Developer mengimplementasikan iklan ini, biasanya akan ada timbal balik keuntungan yang didapat user ketika menonton iklan reward ini.


Biasanya format iklan reward ini  menampilkan iklan video agar user  mendapatkan reward seperti Point,  uang game  ataupun tambahan nyawa. 


Biasanya  cos cost per Click besar karena ikan menampilkan kan iklan video maksimum itu 60 detik.  dan juga pengguna tidak dapat melakukan skip terhadap iklan selama 15 detik.  tentunya jika kalian menerapkan atau mengimplementasikan format iklan reward ini kalian akan mendapatkan penghasilan atau keuntungan yang besar.


Cara membuat Iklan Reward


Native Ads



Pada format iklan native Ini biasanya iklan akan muncul match dengan content yang ada di aplikasi kalian. Sehingga  probabilitas terjadi klik pada iklan ini sangat besar,  dan kini iklan  ini sudah resmi bisa kalian implementasikan. 


Cara membuat Iklan Native


Kesimpulan ya bahwa Admob memberikan 4 jenis format iklan yang dapat kalian terapkan pada aplikasi kalian,  yaitu format iklan bannner, interstitial, native dan rewarded.


Semoga kalian dapat memilih format dan jenis iklan  admob yang tepat,  sehingga kalian dapat memaksa memaksimalkan penghasilan kalian. 


Post a Comment for "Jenis - Jenis Iklan Admob"