//verifikasi //verifikasi Jokowi Mengundurkan Diri? Daftar Presiden Yang Mengundurkan Diri - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jokowi Mengundurkan Diri? Daftar Presiden Yang Mengundurkan Diri

Daftar Presiden Yang Mengundurkan Diri - Mengurus sebuah negara bukanlah perkara yang mudah begitu pula yang dirasakan oleh Presiden Jokowi di masa pandemic ini,  peliknya persoalan ekonomi dan adanya guncangan politik menimbulkan kabar adanya pengunduran diri dari Jokowi sebagai presiden Republik Indonesia. 



Jokowi Mengundurkan Diri? Daftar Presiden Yang Mengundurkan Diri


Namun kabar  bahwa Jokowi mengundurkan diri itu adalah hal yang tidak benar,  karena hingga saat ini Jokowi masih melaksanakan tugasnya sebagai presiden seperti biasanya. Tetapi pengunduran diri Presiden itu bukanlah hal yang mustahil,  banyak kasus di dunia ini di mana presiden presidennya memilih untuk mundur karena tidak bisa sa perbaiki permasalahan yang ada di negaranya khususnya kebanyakan itu masalah mengenai ekonomi.


Kali ini kami akan memberikan contoh kasus beberapa presiden di belahan dunia yang memilih mengundurkan diri karena mereka  merasa tak mampu lagi untuk memimpin dan mengelola negara mereka dengan baik karena dilanda krisis ekonomi.


Berikut ini berikut ini daftar  presiden di beberapa negara yang memilih mengundurkan diri karena adanya permasalahan ekonomi di negara mereka ;


1. Presiden Kazakhstan




Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev Memilih mengundurkan diri pada hari Selasa bulan Maret 2013 silam lalu,  padahal beliau sudah udah 78 tahun menjadi orang yang sangat penting di Kazakhstan bahkan sejak menjadi bagian Uni Soviet  pada tahun 1990 lalu.


Pada masa jabatannya beliau memfokuskan diri terhadap reformasi ekonomi dan banyak melakukan pertentangan terhadap demokratisasi sistem politik.  Ia juga banyak memecat pejabat nya karena menilai tidak bekerja dengan baik dan tidak bisa memperbaiki ekonomi.


Namun mirisnya ekonomi Kazakhstan semakin memburuk dan kian sulit memulihkan keadaan pasca harga minyak yang turun menukik pada tahun 2014 lalu.  ditambah lagi adanya sanksi negara barat terhadap Rusia dan mitra dagang utama sehingga keadaan ekonomi mereka semakin memburuk.


2. Presiden Zimbabwe




Pada tahun 2016 lalu kondisi ekonomi Zimbabwe sangat sangat buruk di bawah kepemimpinan Robert mugabe.  dimana Zimbabwe terkena sanksi ekonomi hingga mengalami kesulitan untuk membayar gaji pegawai negeri sipil atau PNS mereka.  namun banyak juga politisi-politisi yang berpendapat bahwa Zimbabwe mengalami kesulitan ekonomi disebabkan juga karena pemerintahan yang banyak melakukan korupsi.


Kembali ke tahun sebelumnya,  nya uang ratusan triliun dalam mata uang Dollar Zimbabwe pun tidak ada harganya dan bahkan tidak bernilai.  bahkan 100 triliun dolar Zimbabwe itu tidak cukup untuk membayar ongkos bass hanya dalam satu pekan saja.


Karena masalah itu juga masyarakat Zimbabwe banyak yang memprotes dan meminta agar mugabe mengundurkan diri bahkan sempat terjadi kudeta pada tahun 2017 lalu.  dan di situlah akhirnya mugabe mengundurkan diri pada 22 November tahun 2017. 


Mugabe pun melakukan pengunduran diri melalui surat dan memberikan alasan dan ia mengundurkan diri yaitu Demi kesejahteraan rakyat Zimbabwe dan pemindahan kekuasaan secara Damai itu lebih penting.


3. Presiden Afrika Selatan




Pada 15 Februari 2018 lalu Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengundurkan diri dari jabatannya.  hal itu beliau lakukan karena mendapat perintah dari partai politik yang paling berkuasa di negaranya yaitu partai politik African National Congress atau ANC.  pada awalnya ia tidak menyetujui keputusan ini namun setelah melakukan banyak pertimbangan akhirnya ia pun melakukan pengunduran diri.


Pengunduran dirinya ini juga terkait dengan kondisi ekonomi di Afrika Selatan pada saat itu.  dimana keputusan itu memberikan kepastian kepada rakyat Afrika Selatan saat tantangan ekonomi dan sosial di negara itu membutuhkan tanggapan dengan segera.


Maka dengan berakhirnya jabatan Zuma maka berakhir juga masa masa kepemimpinan yang dianggap penuh dengan banyak masalah karena sepanjang karirnya sebagai Presiden Cuma sangat dikenal sebagai pemimpin yang ber lidah sangat tajam dan sering menyalahgunakan kekuasaan bahkan melakukan korupsi.  dia juga bahkan disebut-sebut sebagai penyebab dari adanya Gejolak politik dan penurunan angka ekonomi negara Afrika Selatan.


4. Presiden Argentina




Pada tahun 2011 pun terjadi pengunduran diri Presiden Argentina yaitu Fernando de la rua.  pengunduran diri beliau itu menandai bahwa adanya babak baru dalam sejarah 4 tahun krisis ekonomi yang dialami negara Argentina.  di mana krisis ekonomi tersebut telah membawa Negeri Argentina itu ke tepi jurang kehancuran akibat utang luar negeri yang melonjak sangat besar.  hingga saat pengunduran dirinya pun, dealer wa baru menjalani setengah dari masa pemerintahannya selama 4 tahun karena ia terpilih sebagai presiden pada tahun 1999 dengan janji juga bahwa dia akan menuntaskan korupsi yang ada di Argentina dan juga Miss manajemen ekonomi dan pemerintahan mantan presiden sebelumnya.


Namun sayang ia dianggap gagal menjalankan programnya terutama setelah Argentina mencapai titik puncak kehancuran ekonomi yang ditandai dengan angka pengangguran mencapai lebih dari 18% dan utang luar negeri hingga 132 triliun us dolar.


Itulah beberapa presiden yang mengundurkan diri, semoga saja tidak terjadi pada indonesia, dan jangan sampai Pak Jokowi Mengundurkan Diri karena akan menjadi bahaya kalau kekuasaan menjadi kosong.

Post a Comment for "Jokowi Mengundurkan Diri? Daftar Presiden Yang Mengundurkan Diri"