//verifikasi //verifikasi Mencuci Daging Ayam Mentah Sebelum Dimasak, Ternyata Bahaya! Simak Penjelasannya - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencuci Daging Ayam Mentah Sebelum Dimasak, Ternyata Bahaya! Simak Penjelasannya




Mencuci Daging Ayam Mentah Sebelum Dimasak - Kebiasaan mencuci daging ayam mentah sebelum dimasak pasti dilakukan oleh setiap orang untuk memastikan bahwa makanan tetap higienis.


Bunda sudah terbiasa mencuci bahan makanan sebelum diolah? sebaiknya simak penjelasan dibawah ini.


Namun tahukah bunda, justru berbeda ketika kita ingin memasak daging ayam.

Ada baiknya jika daging ayam mentah tidak dicuci sebelum dimasak atau diolah.


Ada penjelasan yang sangat mengejutkan dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit amerika serikat (CDC) ia menuliskan tweet pada tahun 2019 silam terkait dengan tata cara pencegahan penyakit dari bakteri yang ditimbulkan oleh daging ayam.


Informasi dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit amerika serikat (CDC) ia menjelaskan bahwa ada beberapa pencegahan penyakit dari bakteri yang ditimbulkan dari daging ayam mentah.


CDC menjelaskan bahwa orang amerika itu lebih banyak mengkonsumsi ayam setiap tahun daripada daging lainnya di amerika serikat.


Ayam pun bisa menjadi pilihan yang higienis dan dianggap bergizi, namun ayam mentah itu sering sekali terkontaminasi dengan bakteri Campylobacter, bahkan juga kadang-kadang terkontaminasi juga dengan bakteri salmonella dan clostridium perfringens.


Maka jika bunda makan ayam yang kurang matang atau setengah matang makanan, atau minuman lain yang terkontaminasi ayam mentah atau jusnya maka bisa saja dapat membawa penyakit bawaan makanan yang disebut keracunan makanan.


Mereka merekomendasikan untuk menempatkan ayam mentah itu dalam kantong sekali pakai sebelum kita menempatkannya di keranjang belanja atau kulkas, dan kita pun harus mencuci tangan dengan air sabun setelah menyentuh atau memegang daging mentah ayam.


Selain tips itu mereka juga menyarankan agar kita tidak mencuci ayam mentah karena pada cairan dari ayam itu dapat menyebar di dapur dan mencemari peralatan serta makanan atau meja dapur tempat kita bekerja.


“Bahkan mencuci ayam mentah sebelum dimasak pun sebenarnya dapat meningkatkan resiko keracunan makanan dari bakteri campylobacter.” dikutip NHS


Karena percikkan air dari mencuci ayam ketika di bawah keran itu dapat menyebarkan bakteri ke tangan ataupun ke permukaan kerja pakaian hingga peralatan masak.


Hal ini disebabkan karena tetesan air itu dapat berjalan lebih dari 50 cm ke seluruh penjuru arah dan dengan itu saja akan tersebar beberapa sel-sel dari Camplylobacter yang sudah bisa menyebabkan kita keracunan makanan.

Bahkan di inggris pun sekarang sudah sebagian besar dari kasus infeksi bakteri ini berasal dari daging mentah ayam. Dan diperkirakan bahwa sekitar 50% dari ayam yang dijual di inggris itu sudah membawa bakteri yang menyebabkan keracunan makanan.


Keracunan oleh bakteri ini dapat menyebabkan sakit perut muntah dan diare parah yang berlangsung antara 2 hingga 5 hari.


Bahkan dalam kasus-kasus lainnya juga itu dapat menyebabkan penyakit yang cukup parah seperti menyebabkan iritasi sindrom usus dan atristis reaktif.


Oleh karena itu sangat penting bagi bunda mengetahui bagaimana mencegah keracunan makanan akibat dari kesalahan pengolahan daging mentah pada ayam.


Cara Mencegah Keracunan Makanan Akibat Dari Kesalahan Pengolahan Daging Mentah Pada Ayam


  1. Rapatkan dan Dinginkan Ayam Mentah


Kalian dapat menutupi ayam mentah ah yang disimpan di bagian bawah lemari es sehingga airnya itu tidak menyebar dan menetes ke makanan lain ataupun menyebabkan makanan lain terkontaminasi oleh bakteri.


  1. Jangan Cuci Ayam Mentah Ketika Ingin Dimasak


Dapat menyebarkan bakteri-bakteri yang ada di ayam itu sehingga tingkat keracunan makanan akan meningkat, kalian tidak usah khawatir ketika ayam mentah tidak dicuci karena bakteri bakteri tersebut akan mati ketika ayam dimasak dengan suhu yang tinggi.


  1. Ayam Mentah Hingga Benar-Benar Matang


Daging ayam mentah tersebut bisa kalian potong menjadi bagian daging yang tebal untuk memastikan bahwa dagingnya mengepul panas tanpa ada daging merah muda dan air ayam mentah. Kalian dapat memastikan bahwa ayam sudah dimasak hingga matang dengan cara mengukus ayam jam dengan suhu panas yang tinggi sehingga dapat mematikan bakteri-bakteri yang terdapat dalam daging.


  1. Cuci Peralatan Bekas Memasak Ayam

Kalian harus memastikan dan membersihkan semua peralatan talenan hingga permukaan yang kalian gunakan untuk menyiapkan ayam mentah dengan seksama. Dan jangan lupa juga untuk mencuci tangan kalian dengan sabun dan air hangat setelah memegang ayam mentah karena ini dapat mencegah serta menghentikan penyebaran dari bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.


Itulah penjelasan dari kami kenapa daging ayam itu tidak disarankan dicuci sebelum dimasak karena dapat menyebarkan bakteri yang dapat mengakibatkan keracunan makanan.


Post a Comment for "Mencuci Daging Ayam Mentah Sebelum Dimasak, Ternyata Bahaya! Simak Penjelasannya"