//verifikasi //verifikasi Nutrisi Fosfor Pada Tanaman Hidroponik - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nutrisi Fosfor Pada Tanaman Hidroponik



Nutrisi Fosfor Pada Tanaman Hidroponik


Tanaman yang di ditanam di hidroponik tentunya memerlukan nutrisi yang cukup agar mereka dapat tumbuh dan juga berkembang dengan baik dan juga akan menghasilkan sayuran yang segar. Oleh karena itu jangan sampai tanaman kekurangan asupan nutrisi karena dapat mengakibatkan tanaman menjadi tumbuh dengan tidak sempurna.  Kecukupan nutrisi dan keseimbangan juga faktor penting dari keberhasilan dalam bertani menggunakan metode hidroponik.

Tentunya bagi kalian yang kini sedang menggeluti dunia hidroponik maka wajib untuk mengetahui macam  nutrisi hidroponik yang merupakan sebuah kewajiban.  Nutrisi yang diperlukan untuk tanaman terbagi menjadi dua yang pertama adalah unsur hara makro dan unsur hara mikro.  Karena Kedua jenis nutrisi tersebut berisikan unsur hara yang berperan penting bagi tanaman.  lalu apa saja nutrisi nutrisi tersebut nah kali ini akan kita bahas bersama-sama.

Fosfor (P)

Fosfor atau fosfat yang merupakan nutrisi dari hidroponik yang diperlukan tanaman dalam jumlah besar termasuk kedalam unsur hara makro. Pada tanaman sendiri jumlah nutrisi fosfor digunakan lebih sedikit dibandingkan dengan nitrogen dan kalium Meskipun demikian pada kenyataan fosfor pun dianggap sebagai penentu dari keberhasilan tumbuh kembang setiap tanaman. Unsur hara fosfor ini juga berasal dari bahan yang organik atau pupuk buatan dan juga mineral mineral di dalam tanah.

Fungsi Fosfor

Fosfor sendiri memiliki fungsi untuk pembentukan bunga, buah dan biji  serta albumin untuk pembelahan sel, mendukung kinerja nitrogen untuk mempercepat dari pematangan buah, memperkuat batang batang dan juga mempercepat perkembangan akar, fosfor juga dapat memperbaiki kualitas tanaman secara keseluruhan dan juga metabolisme karbohidrat yang ada dalam tanaman, dan juga yang paling penting adalah fosfor dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit.

Akibat Kekurangan Fosfor

Ketika menanam secara hidroponik juga maka jangan sampai  tanaman kita itu kekurangan nutrisi fosfor karena dapat menghambat pertumbuhan sehingga tumbuhan atau hasil buahnya menjadi kerdil.  kekurangan fosfor juga dapat dilihat dari adanya perubahan warna daun yang menjadi kemerahan dan berubah menjadi tua atau daun yang berwarna merah keunguan secara perlahan akan berubah menjadi kuning dan yang paling berbahaya adalah akan menghambat dari perkembangan akar yang dapat berakibat tanaman akan menjadi mati.

Akibat Kelebihan Fosfor

Kelebihan fosfor dalam nutrisi tanaman juga akan menimbulkan dampak seperti pertumbuhan tanaman yang akan terganggu akibat terjadinya ikatan unsur nitrogen dan fosfor yang mengakibatkan tanaman akan sulit untuk  menyerap unsur hidrogen. Dan juga apabila fosfor yang diserap tanaman itu berlebih banyak akan membuat daun malah menjadi pucat layu dan kering.

Post a Comment for "Nutrisi Fosfor Pada Tanaman Hidroponik"