//verifikasi //verifikasi Tips Membuat Donat Empuk dan Mengembang - pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membuat Donat Empuk dan Mengembang




Siapa yang tak suka makan donat? Tentu semua orang sangat menyukai donat dengan ciri khasnya yang berlubang di tengah. Donat adalah kue yang sangat digemari banyak orang di dunia termasuk Indonesia. Dengan rasanya yang manis dan juga teksturnya yang sangat empuk dan lembut membuat kue ini ini banyak digemari oleh orang-orang. Kue donat sendiri mempunyai berbagai macam rasa dan ditambah topping yang berbeda-beda diatasnya. Di Indonesia sendiri topeng yang paling umum adalah toping meses coklat dan gula salju. Bahkan karena popularitasnya itu donat seringkali dikonsumsi orang dari berbagai bagai sehingga sangat mudah ditemukan di warung-warung atau restoran-restoran terkenal. 

Meskipun donat bentuknya tidak berubah-ubah alias di tengah. Tapi untuk pembuatannya itu sangat beragam loh. Ada cara membuat donat dengan cara klasik dan juga ada yang menggunakan bahan-bahan yang beragam Seperti kentang atau ubi bahkan masih banyak teknik ataupun cara yang lainnya. Bunda sendiri pasti sering membuat donat, namun tahukah Bunda bahwa ada rahasia agar donat yang kita buat itu menjadi empuk dan mengembang sehingga sangat enak dimakan. 

Berikut ini pendapat.id ini memberikan tips dan cara bagaimana membuat donat empuk dan mengembang. 

Tips membuat donat empuk dan mengembang. 

1. Ketika ingin membuat donat menjadi empuk, lembut dan enak. Anda bisa menggunakan ragi sebagai pelembut atau pengembang adonan donat. 

2. Untuk mengolah bahan adonan juga sangat penting untuk membuat ragi dan bahan-bahan bercampur dengan baik dan merata. Mencampur adonan itu ada baiknya didahulukan memasukkan air hangat terlebih dahulu ke dalam sebuah mangkok selanjutnya taburkan ragi ke dalam mangkuk tersebut serta kemudian kalian bisa memasukkan adonan lain ke dalamnya. 

3. Lalu aduk serta campur hingga adonan itu menjadi lentur dan jika kita sentuh dengan tangan itu tetap kering. Cara mengaduk nya juga harus diperhatikan yaitu dengan sambil menekan akan atau seperti halnya kalian ketika mencuci pakaian. 

4. Hal yang sangat penting yaitu memperhatikan suhu adonan agar bisa mengembang dengan sempurna karena suhu adonan ini tergantung dari air sebagai bahan adonan yang Anda gunakan. Ada baiknya ketika menggunakan air hangat dengan suhu kurang lebih antara 26 hingga 28 derajat Celcius. Dan pastikan juga jangan sampai air yang kita gunakan itu terlalu panas. Karena ketika air dan adonan itu terlalu panas maka akan membuat fermentasi dari ragi itu terjadi sangat cepat yang bisa membuat adonan donat tersebut malah tidak bagus dan tidak lembut sehingga mudah gosong ketika digoreng. Dan ketika donat juga sudah matang maka ukurannya tidak akan mengembang baik dan justru akan membuat tekstur Donat itu menjadi keras. 

5. Selain menggunakan air hangat kalian juga bisa sebenarnya menggunakan susu cair hangat sebagai pencair atau bisa juga melembutkan nya dengan menambahkan cita rasa donat menjadi lezat. 

6. Seperti yang sudah kita sedikit bahas dia tadi bahwa proses fermentasi itu sangat penting agar adonan itu menjadi lebih mengembang dan lembut. Karena fermentasi itu bagusnya dilakukan ketika suhu dan tingkat kelembaban kamar. Setelah itu kalian ada baiknya menggunakan kain sebagai penutup untuk menjaga kelembaban adonan lalu kalian bisa diamkan kurang lebih antara 1 sampai 1 setengah jam. Dengan proses yang kita lakukan di atas seharusnya adonan itu akan mengembang menjadi di dua hingga tiga kali lipat dari ukuran adonan sebelumnya. 

7. Ketika pada proses pembuatan donat ada baiknya itu membagi adonan menjadi bagian-bagian untuk nantinya dibentuk jadi donat, dan harus pasti kan an ketika adonan donat ditekan maka dia tidak kembali ke ukuran semula. Jika ketika adonan donat ditekan lalu kembali ke bentuk awal maka adonan tersebut belum siap untuk dibuat dan digoreng. Ada baiknya lebih baik itu didiamkan terlebih dahulu untuk memperoleh adonan yang empuk. 

8. Ketika proses penggorengan itu merupakan salah satu teknik yang bisa menentukan empuk atau lembutnya donat. Suhu minyak itu menjadi hal yang sangat penting agar membuat adonan menjadi lebih matang dan bisa lembut dengan baik. Suhu yang ideal itu itu dalam menggoreng donat adalah 190 derajat Celcius. Suhu yang tepat itu akan membuat donat menjadi ke menguning keemasan yang bisa menunjukkan bahwa adonan itu sudah siap dibalik waktu kurang lebih 1 menit. Jadi butuh waktu 2 menit untuk mematangkan donat di dua Sisinya sebagai patokan jika kurang dari 1 dan jika lebih dari 1 menit maka api itu terlalu kecil.

Bahan-bahan 


1. Tepung terigu 

Tepung terigu yang baik itu adalah tepung terigu yang mempunyai range protein 11 hingga 13% karena ketika kita membuat donat bunda bisa mengakalinya itu itu dengan cara mencampurkan terigu protein tinggi dan terigu protein sedang. Misalnya 
Tepung terigu Segitiga + tepung terigu Cakra 
Kompas + gunung 
Beruang Biru + tali emas 

Karena ketika kita menggunakan protein yang tinggi maka akan menghasilkan donat yang besar dan mengembang ke atas. Namun ada baiknya jika menggunakan protein sedang dimakannya soft tetapi hasil dari volumenya itu tidak tinggi dan besar. Selanjutnya itu yang harus benar-benar ada namanya kadar moisture yang tidak boleh lebih dari 14,5 karena jika di atas angka tersebut maka akan menyebabkan tepung terigu itu mudah ditumbuhi bakteri,kutu bahkan jamur. 

2. Gula 

Ketika kita membuat adonan gula yang digunakan itu tidak banyak. Berkisar 15% dari berat tepung, karena gula di sini itu berfungsi sebagai pemberi rasa, membuat empuk, memberi warna juga bisa, dan membuat daya tahan itu menjadi lebih lama. 

Itulah sedikit tips yang bisa kami bagikan untuk membuat donat menjadi lebih empuk,lembut dan mengembang. Lalu selanjutnya kalian harus mempersiapkan bahan-bahan. 

Bahan-bahan : 

- 500 gram tepung terigu protein tinggi

- 100 gram gula pasir

- 11 gram atau 1 bungkus ragi instan

- 1/4 sdt baking powder

- 1/2 sdt garam

- 2 kuning telur

- 100 gram mentega

- 250 ml susu cair 

Olesan: 


- Mentega

- Cokelat yang sudah ditim

- Meises

- Selai

- Gula halus

- Kamu juga bisa menggunakan bahan lain yang sesuai dengan seleramu. 

Post a Comment for "Tips Membuat Donat Empuk dan Mengembang"