Cara Membuat Ayam Goreng Saus Madu jahe

Cara Membuat Ayam Goreng Saus Madu jahe

Sebenarnya, sudah banyak sekali tutorial resep ayam goreng yang berhamburan di mesin pencari google, di sana ada ribuan bahkan jutaan tutorial resep ayam goreng yang dapat memudahkan Anda menemukan resep yang sesuai dengan keinginan Anda. Sama halnya dengan yang lain, kini pendapat.id pun akan menambahkan satu resep lagi tentang cara membuat ayam goreng saus madu jahe untuk kemudahan Anda sekaligus juga mendokumentasi resep kuliner  di blog ini. 

Sepertinya  anda semua sudah pernah menyantap banyak variasi masakan ayam seperi ayam goreng bumbu tepung, ayam goreng lengkuas, ayam goreng kalasan dan masih banyak lagi. semua variasi tersebut masing masing tentu memiliki cita rasa yang khas dan enak.  Namun, apakah anda sudah pernah mencicipi variasi ayam goreng satu ini?

Resep Ayam Goreng Saus Madu Jahe

Ya, Ayam Goreng Saus Madu Jahe adalah salah satu jenis hasil daya cipta masakan kuliner asli nusantara yang cukup terkenal sampai ke berbagai penjuru negeri.  Selain cara pembuatannya yang tergolong mudah, ayam goreng bumbu jahe ini pun memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. 

Bukan hanya itu saja, bahan-bahan untuk membuatnya pun sangat mudah kita jumpai di pasar maupun warung terdekat.  Masakan ini juga sangat cocok bila dimakan dengan nasi hangat dan sambal pedas.  Anda semua pasti sudah penasaran sekali kan dengan resep masakan spesial satu ini? Yuuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini:

Bahan-Bahan membuat Ayam Goreng Saus Madu jahe  :

  • Paha ayam 4 buah, masing masing di potong menjadi 2 bagian.
  • Tepung maizena 2 sendok makan.
  • Jahe 5 cm,  diiris tipis tipis.
  • Light soy sauce 2 sendok makan.
  • bumbu ayam secukupnya.

Bumbu Marinade :

    • Garam, 1 sendok teh
    • Cuka, 4 sendok makan
    • Gula pasir, 4 sendok makan

Bahan Untuk Saus:

    • 3 sendok makan light soy sauce.
    • 1 sendok makan Saus Tomat
    • Madu 5 sendok makan
    • Garam secukupnya.

Cara Membuat Ayam Goreng Saus Madu Jahe

  1. Taburi bumbu marinade pada ayam yang sudah dibersihkan dan dipotong kurang lebih selama 30-40 menit. Setelah itu, campurkan ayam dengan light soy sauce dan tambahkan maizena.
  2. Siapkan alat-alat penggorengan serta minyak goreng. Tungggu hingga apinya panas kemudian goreng ayam tersebut. Tunggu sampai matang dan warnanya berubah. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  3. Tuangkan saus ke dalam Wajan kemudian tambahkan jahe dan masukkan Potongan Ayam Goreng, kemudian masak dengan menggunakan api kecil. Aduk-aduk terus sampai semua bumbu meresap dan tercampur rata.
  4. Setelah matang, taruhlah dalam piring dan sajikan masakan istimewa Ayam Goreng Saus Jahe. Lebih enak di santap ketika masih hangat.

Tips Tambahan:

Sebagai tambahan, Anda boleh menambahkan bumbu rempah yang lain sebegai penyedap sekaligus pelengkap sesuai dengan selera Anda masing-masing.Sementara untuk ayam yang digoreng juga terserah Anda, Anda boleh memakai ayam negeri boleh juga  menggunakan ayam kampung, namun kami sarankan untuk memakai ayam kampung agar lebih enak.

Demikian ulasan singkat seputar Cara Membuat Ayam Goreng Saus Madu jahe. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda mengenai dunia kuliner. Selamat mencoba dan berkreasi ya sobat pendapat.id. Semoga sukses selalu. Amiin. Jangan lupa baca juga resep-resep menarik lainnya berikut ini: